HHLUN 2017: LANSIA SEHAT, AKTIF, MANDIRI DAN PRODUKTIF

Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 May 2017, Dibaca : 18 Kali

SOREANG - Kemunduran fisik dan mental yang dialami lansia sangat mempengaruhi kondisi kesehatannya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kesehatan menjadi salah satu permasalahan yang mendasar bagi lansia. Pemeliharaan kesehatan lansia seharusnya lebih mengutamakan promotif preventif dengan dukungan pelayanan kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas di fasilitas kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, M.Kes pada acara Seminar Kesehatan Lansia di Kabupaten Bandung (22/5).

 

Kegiatan seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingari Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2017. Salah s

Selengkapnya

Gaung GERMAS di Berbagai Daerah

Dipublikasikan Pada : Minggu, 21 May 2017, Dibaca : 20 Kali

JAKARTA - Kampanye dan Edukasi kepada masyarakat untuk mengajak hidup sehat dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) mendorong semua pihak menggerakkan potensi masyarakat, karena pada intinya GERMAS itu adalah bergotong royong.

 

Sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017 seluruh pimpinan K/L, Gubernur serta Walikota/Bupati wajib mendukung gerakan ini. Komitmen pelaksanaan GERMAS minggu ini telah dilakukan di Kab Badung, Provinsi Bali, Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah dan Kab. Bungo, Provinsi Jambi. 

 

Diharapkan dengan semakin banyak pemerintah daerah menggaungkan GERMAS, masyarakat menjadi lebih berperilaku hidup bersih dan s

Selengkapnya

TMMD Ke 99 Tahun 2017, TNI dan Kemenkes Bersinergi Wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 17 May 2017, Dibaca : 41 Kali

JAKARTA - Mengambil tema "Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan Di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI", Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD Ke-99 TA 2017 TNI AD dan Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (16/5). 

 

Rakornis TNI Manunggal Membangun Desa ke 99 (TMMD) bentuk sinergi dan penggalangan komitmen Kemenkes dengan TNI dalam mendukung GERMAS sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017 tentang Germas, yang menginstruksikan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Kepala Lembaga Pemerintah dan non Pemerintah, Direktur Utama BPJS Kesehatan serta Para Gubernur dan Bupati/Walikota

Selengkapnya

Surat Himbauan Pencegahan Virus WANNACRY

Dipublikasikan Pada : Selasa, 16 May 2017, Dibaca : 35 Kali

1. Surat Himbauan Pencegahan Virus WANNACRY download disini

2. Cara Penonaktifan Virus WANNACRY download disini

Selengkapnya

Penuhi Gizi Kita Dengan Konsumsi Ikan

Dipublikasikan Pada : Senin, 15 May 2017, Dibaca : 65 Kali

JAKARTA--Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek, saat membuka Festival Kuliner Ikan Nusantara mengungkapkan, Menteri Susi telah bersusah payah menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan di perairan Indonesia, yang berdampak pada meningkatnya ketersediaan stok ikan di Indonesia.

 

“Ikan merupakan salah satu bahan makanan sumber protein hewani yang mudah diterima pada semua golongan masyarakat, dan ketersediaannya sangat melimpah”, ujar Menkes.

 

Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan juga mengandung asam lemak tak jenuh (Omega, yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10). Kandungan omega-3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani

Selengkapnya

Rumah Tunggu Kelahiran, Cara NTT Menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Dipublikasikan Pada : Rabu, 10 May 2017, Dibaca : 68 Kali

JAKARTA--Nusa Tenggara Timur(NTT) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki angka kematian ibu cukup tinggi. Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 2016 menemukan, ada 305 ibu yang meninggal per 100 ribu penduduk. Untuk meredam angka kematian ibu dan bayi, pemerintah setempat meluncurkan berbagai program, antara lain Revolusi Kesehatan Ibu Anak (KIA) yang penerapannya salah satunya diwujudkan melalui Rumah Tunggu Kelahiran.

Seperti yang dilansir media Suara.Com pada (8/5) lalu, Rumah Tunggu Kelahiran Bijoba Di Timor Tengah Selatan NTT, yang letaknya perisis di seberang Puskesma Siso yang semula merupakan asrama dokter, sejak tahun 2015 diubah fungsi menjadi Rumah Tunggu

Selengkapnya

Sosialisasi Dampak Kesehatan Akibat Merkuri

Dipublikasikan Pada : Selasa, 09 May 2017, Dibaca : 81 Kali

Sampit – Mei 2017  Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Sosialisasi Germas di Sampit Kab Kotawaringin Timur pada tanggal 3 s.d 5 mei 2017, dalam rangka Dampak Kesehatan Akibat Penyemaran Merkuri bagi para penambang emas. 

 

Sosialisasi Germas untuk Para penambang emas yang merupakan instruksi Presiden yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, salah satu yang berhubungan adalah zat yg mencemari termasuk adalah merkuri atau air raksa (logam  berat  beracun) yang mana akan mencemari seluruhnya yang ada di sekitar manusia sehingga masuk kedalam tubuh akan mennyebabkan penyakit yang tidak menular.

 

Sosialisasi Dampak Merkuri  dihadiri oleh  Dinas Kesehatan Provinsi kalt

Selengkapnya

Untuk Menanggulangi Stunting: Ini Yang Diberikan Menkes Untuk NTT

Dipublikasikan Pada : Senin, 08 May 2017, Dibaca : 67 Kali

JAKARTA--Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah provinsi yang tergolong daerah bermasalah kesehatan, salah satu masalah gizi yang masih membelenggu daerah ini adalah anak pendek (stunting). Menteri Kesehatan (Menkes).  Prof. Dr. Nila F. Moeloek, Sp.M(K), mengatakan NTT menempati urutan kedua dengan kasus stunting tertinggi di Indonesia setelah Sulawesi Barat. Balita pendek mencapai hampir 49%, lebih tinggi dari rata-rata persentase nasional sebesar 32 persen.

“Ini masih jadi masalah, karena stunting selalu diikuti dengan masalah otak, perkembangan kognitif. Anak stunting IQ tidak mencapai angka normal," kata Menkes di sela-sela kunjungannya ke Politeknik Kesehatan Kupang, NTT, seperti dikutip me

Selengkapnya

PELANTIKAN PEJABAT ADMINISTRASI ESELON III DAN IV DI LINGKUNGAN DITJEN KESMAS

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 05 May 2017, Dibaca : 113 Kali

JAKARTA – Kamis 4 Mei 2017  Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Anung Sugihantono M.Kes melantik pejabat struktural esselon III dan IV. Proses rotasi dan mutasi merupakan  hal yang biasa dilakukan dalam organisasi, sebagai sarana pembinaan dan pengembangan aparatur serta penataan organisasi secara berkesinambungan.Pelantikan 4 orang pejabat struktural ini dilaksanakan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan sekaligus penyegaran organisasi pada Ditjen Kesehatan Masyarakat, demi penguatan program kesehatan masyarakat.  Mereka yang dilantik adalah :

  1. TUTUT INDRA WAHYUNI, sebagai Kepala Subdirektorat Penyehatan Pangan, Direktorat Kesehatan Lingkungan.
  1. ENDANG WIDYASTUTI,  sebagai Kepala
Selengkapnya

Penggalangan Komitmen Dukungan GERMAS

Dipublikasikan Pada : Rabu, 03 May 2017, Dibaca : 82 Kali

JAKARTA - Penggalangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) terus berlangsung diberbagai daerah, sebagai tindak lanjut Inpres No.1 Tahun 2017 tentang GERMAS. Beberapa daerah yang telah melakukan penggalangan dukungan dan komitmen bersama antara lain Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Jambi, Lampung, Riau, Sulteng, Papua Barat, Kaltim, Kalbar, Kepri.

Penggalangan dan komitmen dari seluruh komponen dilakukan dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit. (bgs)

 

   

Selengkapnya