Integrasi dan Sinergi Program Kesehatan Kerja dan Olahraga

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 17 May 2019, Dibaca : 39 Kali

Bogor - Besarnya jumlah usia kerja merupakan sasaran penting dalam pembangunan bangsa karena peran pekerja sangat strategis dalam pembangunan bangsa. Saat ini penduduk Indonesia berjumlah 265 juta dan sekitar 133 juta merupakan angkatan kerja. Angkatan kerja adalah penduduk usia produktif (penduduk yang berusia 15-64 tahun) yang siap untuk bekerja (BPS, 2018).

 

Puncak bonus demografi di Indonesia diperkirakan pada tahun 2035. Tingginya populasi penduduk usia produktif pada masa itu, merupakan tantangan sekaligus peluang. Kualitas generasi di masa tersebut akan menentukan peluang Indonesia menjadi negara maju. Pendekatan upaya kesehatan yang berfokus pada populasi pekerja menjadi penting un

Selengkapnya

Sosialisasi Dukungan Program Kesehatan Keluarga Bagi Lokus Kab Kota Stunting

Dipublikasikan Pada : Rabu, 15 May 2019, Dibaca : 71 Kali

Jakarta - Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi merupakan salah satu sasaran pokok  RPJMN 2015-2019. Angka Kematian Ibu telah berhasil diturunkan dari 359 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012 (SDKI 2012) menjadi 305 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015 (SUPAS 2015). Sementara itu, Angka Kematian Neonatal (AKN) juga telah mengalami penurunan dari semula 19 per 1000 kelahiran hidup (SDKI 2012) menjadi 15 per 1000 kelahiran hidup (SDKI 2017). Namun kita masih harus bekerja keras untuk mencapai target RPJMN 2024 yaitu AKI sebesar 183/100.000 kelahiran hidup dan AKN 11,1 per 1000 kelahiran hidup.

 

Selain AKI dan AKN, Indonesia juga menghadapi masalah kesehatan lain

Selengkapnya

Membenahi Terminal Aman, Nyaman dan Sehat

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 May 2019, Dibaca : 68 Kali

BEKASI—Direktur Kesehatan Masyarakat, Kemenkes RI, dr.Kirana Pritsari, MQIH, menyebut terminal merupakan salah satu jenis tempat dan fasilitas umum yang menjadi etalase transportasi publik, untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana yang optimal serta terjaga kebersihannya sesuai standar pelayanan publik yang berkualitas maka penyediaan pengelolaan makanan (TPM) salah satu daya tarik wisata yang aman, nyaman dan sehat perlu dilakukan intervensi. Hal ini disampaikannya ketika membuka workshop Kesehatan Lingkungan dan Gerakan Stikerisasi Tempat Pengelolaan Pangan di Terminal Penumpang Tipe-A, di Hotel Santika Bekasi pada Kamis (2/5/2019) lalu.

 

Pengawasan kualitas lingkungan TPM, ujar Kir

Selengkapnya

Terminal Beresiko Menjadi Penyebab Penularan Penyakit Berbasis Lingkungan.

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 May 2019, Dibaca : 75 Kali

BEKASI--Terminal merupakan tempat berkumpul dan bertemunya banyak orang, apabila tidak dikelola dengan baik sangat rentan terhadap penularan penyakit bagi para penggunanya. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH, ketika membuka Workshop Kesehatan Lingkungan dan Gerakan Stikerisasi Tempat Pengelolaan Pangan di Terminal Penumpang Tipe-A.

 

Acara yang digelar selama 3 hari, mulai tanggal 2 hingga 4 Mei di Hotel Santika Premier Bekasi itu, dihadiri lebih dari 155 peserta workshop dari pusat maupun daerah.

 

Lebih jauh ia paparkan, salah satu faktor yang perlu diperhatikan, ujar Dirjen Kirana,  adalah kesehatan lingkungan karena lingkungan merupaka

Selengkapnya

ToT Pengamanan Limbah Medis

Dipublikasikan Pada : Senin, 29 April 2019, Dibaca : 90 Kali

Jakarta - Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan merupakan tempat berkumpul orang sakit maupun orang sehat, dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan hidup dan gangguan kesehatan lainnya. Aspek pengelolaan kesehatan di rumah sakit merupakan bagian integral dari pelayanan yang dilakukan.

 

Saat ini jumlah RS di Indonesia lebih dari 2800. Hal ini berpotensi meningkatkan limbah sekitar 200 Ton per hari belum termasuk fasilitas kesehatan lainnya. Di dalam akreditasi rumah sakit, salah satu yang menjadi perhatian adalah pengelolaan kesehatan lingkungan.

 

Atas dasar hal tersebut, Direktorat Kesling menyelenggarakan ToT pengamanan limbah

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Ajak Pertahankan Opini WTP Laporan Keuangan 2019

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 26 April 2019, Dibaca : 142 Kali

BOGOR--Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas) sesuai Tupoksinya bertanggung jawab untuk melaksanakan Program Kesehatan Masyarakat yang meliputi kegiatan kesehatan keluarga, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja dan olahraga, gizi masyarakat, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat baik di pusat, UPT, serta propinsi melalui satuan kerja di unit kerjanya masing-masing.

 

Dari pelaksanaan kegiatan setiap satker harus mempertanggungjawabkan sesuai realisasi penyerapan dana seluruh satuan kerja untuk melakukan upload data SAIBA dan SIMAK BMN ke dalam aplikasi e-rekon dan Laporan Keuangan (LK) setiap bulannya.

Rangkaian kegiatan tersebut pada tahun anggaran 2018 sudah kita seles

Selengkapnya

Orientasi Teknis Kesehatan Keluarga Tahun 2019

Dipublikasikan Pada : Kamis, 25 April 2019, Dibaca : 112 Kali

Jakarta - Salah satu acuan bagi arah kebijakan Kementerian Kesehatan adalah penerapan pendekatan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan (continuum of care). Hal ini berarti bahwa pelayanan kesehatan harus dilakukan terhadap seluruh tahapan siklus hidup manusia (life cycle), sejak masih dalam kandungan, sampai lahir menjadi bayi, tumbuh menjadi anak balita, anak usia sekolah, remaja, dewasa muda (usia produktif), dan akhirnya menjadi dewasa tua (usia lanjut). Untuk dapat melaksanakan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan terhadap seluruh tahapan siklus hidup manusia, maka fokus pelayanan kesehatan harus pada keluarga. Individu-individu harus dilihat sebagai bagian dari keluarganya da

Selengkapnya

Menkes Kunjungi Posyandu yang Kembangkan PMT Daun Kelor

Dipublikasikan Pada : Kamis, 25 April 2019, Dibaca : 90 Kali

Denpasar - Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengunjungi Posyandu yang mengembangkan pemberi makan tambahan (PMT) dari daun kelor di dusun Mandalasari, Denpasar, Bali.
 
Pohon kelor menjadi perhatian khusus bagi warga Banjar/Dusun Mandalasari, Denpasar, Bali. Sebab daun kelor menjadi salah satu jenis sayuran yang murah dan tersedia di dusun Banjar ini. Selain itu, daun kelor juga mempunyai gizi tinggi yang dibutuhkan anak anak, terutama balita.
 
Hal ini dijelaskan Kepala Paud Mandala Kumara, Ni Made Sulastri, SE kepada Menteri Kesehatan dan rombongan media massa nasional kesehatan, 24 April 2019 di Denpasar, Bali.
 
Posyandu dan paud ini juga telah mampu mengeduaksi orang tua wali murid me
Selengkapnya

Hari Kartini 2019, Dirjen Kesmas Ajak kaum Perempuan Indonesia Menjadi Teladan Bagi Keluarga

Dipublikasikan Pada : Selasa, 23 April 2019, Dibaca : 124 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI gelar upacara peringatan Hari Kartini 2019 di halaman gedung Kemenkes pada Senin (22/4). Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH sebagai inspektur upacara mengajak kaum Perempuan  Indonesia menjadi teladan bagi keluarga dan peduli untuk menjaga kesehatan.

 

“Ayo kaum perempuan Indonesia, mari menjadi teladan bagi keluarga kita, mari kita ajak masyarakat untuk lebih peduli untuk menjaga kesehatan demi Indonesia Sehat dan Indonesia sebagai Bangsa Yang Hebat,'' ucap Kirana.


Dirjen kesmas menambahkan, kita juga masih menghadapi masalah tingginya angka anemia pada perempuan Indonesia; Kurang Energi Kronik pada Wanita Usia Subur, meningkatnya kasus

Selengkapnya

Menkes Lantik Direktur Kesehatan Keluarga

Dipublikasikan Pada : Kamis, 18 April 2019, Dibaca : 117 Kali

Jakarta - Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek resmi melantik Direktur Kesehatan Keluarga, dr. Erna Mulati, MSc-CMFM. Kepada Erna, Menkes Nila mengatakan angka kematian ibu (AKI) masih menjadi perhatian meskipun jumlah persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan meningkat.

 

''Kondisi ini karena kualitas pelayanan kesehatan ibu belum memadai dan kondisi ibu hamil yang tidak sehat, serta faktor lainnya,'' kata Menkes Nila pada saat pelantikan berlangsung di gedung Kementerian Kesehatan, Selasa (16/4).

 

Sedangkan, penyebab kematian pada kelompok perinatal adalah berat bayi lahir rendah. Menkes mengatakan kondisi ibu pada saat sebelum dan selama kelahiran amat menentukan kondisi bayi.

 

Tant

Selengkapnya