Mendorong Percepatan Pelaksanaan Pencapaian Program Kesmas TA 2020

Dipublikasikan Pada : Selasa, 21 Januari 2020, Dibaca : 14 Kali

Bekasi - Kegiatan Tahun Anggaran 2019 sudah terlaksana, kini kewajiban seluruh satuan kerja Ditjen Kesmas untuk menyusun laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Ditjen Kesmas mulai menyusun laporan keuangan melalui proses penggabungan laporan keuangan satker dekonsentrasi, UPT maupun satker Pusat. Karena itulah diselenggarakan Pertemuan Konsolidasi dan Telaah Laporan Keuangan Tahunan TA 2019 Ditjen Kesehatan Masyarakat. Pertemuan yang diselenggarakan mulai tanggal 20 hingga 23 Januari 2020 ini dihadiri oleh seluruh satker di lingkungan Ditjen Kesmas sebanyak 43 satker yang terdiri dari Kantor pusat, daerah dan dekonsentrasi.

 

Bertempat di Hotel Harris Bekasi, pertemuan ini diadakan

Selengkapnya

Menkes Apresiasi Kinerja Program Ditjen Kesmas

Dipublikasikan Pada : Senin, 13 Januari 2020, Dibaca : 64 Kali

Jakarta - Mengawali Tahun 2020 Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) RI melakukan roadshow ke seluruh unit utama Kemenkes RI. Bertempat diruang 702 pada 10 Januari 2020 seluruh jajaran Ditjen Kesmas berkesempatan memaparkan kinerja Ditjen kesmas selama Tahun 2019 kepada Menkes RI beserta pejabat lainnya.

 

"Tetap jaga momentum Kesmas yang sudah on the track, kita pasti akan meluncur sangat cepat, semua bergerak melakukan intervensi dengan benar, untuk mencapai target dengan penuh optimis" pesan Menkes RI. 

Menkes RI menyemangati seluruh jajaran Ditjen Kesmas dalam mencapai target-target indikator Program kesmas Tahun 2020. Disepanjang lor

Selengkapnya

Kemenkes Kirimkan Ribuan Kit Kesehatan Lingkungan ke Wilayah Terdampak Banjir

Dipublikasikan Pada : Senin, 06 Januari 2020, Dibaca : 39 Kali

Jakarta - Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad(K) RI melakukan kunjungan dalam rangka memastikan kesiapan layanan kesehatan di Posko Bencana Banjir di Cengkareng, Universitas Borobudur, dan Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi. Bantuan berupa ribuan kit kesehatan lingkungan telah didistribusikan ke 3 wilayah tersebut.
 
Saat ini genangan air mulai terlihat surut di beberapa wilayah di Jabodetabek. Namun potensi penyebaran penyakit dinilai masih tinggi, terutama penyakit yang timbul dari lingkungan.
 
Menkes Terawan mengatakan pengendalian lingkungan sangat penting pada saat genangan air mulai surut. Karena pada saat itu akan muncul berbagai hama yang mat
Selengkapnya

Penggunaan Teknologi dalam Percepatan Penurungan AKI-AKB di Kabupaten Sidoarjo

Dipublikasikan Pada : Selasa, 17 Desember 2019, Dibaca : 148 Kali

Sidoarjo - Kesehatan ibu dan anak menjadi perhatian Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Karena itu, Kemenkes berupaya menggenjot program penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), dan stunting. Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama Menkes Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad(K) melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Kota Sidorajo dan Gresik (13/12).

 

Lokasi yang dikunjungi mulai dari Puskesmas Driyorejo Gresik, RSUD Sidoarjo dan Puskesmas Taman Sidoarjo. Khusus di Kabupaten Sidoarjo Menkes mengapresiasi penggunaan teknologi melalui aplikasi SIMANIES (Sidoarjo Maternal Neonatal Emergency System). Sebuah aplikasi yang mampu mempercepat layanan untuk ibu me

Selengkapnya

Pencegahan Stunting Melalui Intervensi Kesehatan Lingkungan di Provinsi NTB

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Desember 2019, Dibaca : 150 Kali

Lobar - Permasalahan utama dalam  menurunkan stunting di Indonesia yang harus diatasi yaitu akses sanitasi dan kemiskinan. Untuk itu dalam rangka pengentasan kemiskinan yang menjadi salah satu kendala pencapaian akses universal bagi pemerintah Kabupaten/Kota maka diperlukan intervensi pemerintah melalui  Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD). PKTD sektor kesehatan merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan pembangunan sarana sanitasi dan cuci tangan pakai sabun. Pemberdayaan bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan

Selengkapnya

Evaluasi Pelaksanaan Program kesmas Merupakan Wujud Pertanggungjawaban Terhadap Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 03 Desember 2019, Dibaca : 393 Kali

Banjarmasin - Monitoring dan Evaluasi merupakan hal rutin dan penting dalam siklus fungsi menajemen sebuah organisasi/institusi. Monitoring dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemajuan dan kendala dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Sedangkan evaluasi  untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi hasil kinerja, dampak serta keberlanjutannya.

 

Evaluasi sangat penting untuk men-track dan memastikan  terlaksananya kebijakan dan program sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan. Dengan rutin melakukan evaluasi, kita bisa mengeliminasi kelemahan suatu program. dan mengidentifikasi kebutuhan program. Dan yang perlu kita ingat, bahwa evaluasi  anggaran dan program merupakan wu

Selengkapnya

GERMAS Menjadi Pendekatan Multi Sektoral Dalam Upata Promotif Preventif

Dipublikasikan Pada : Rabu, 27 November 2019, Dibaca : 309 Kali

Bandung - Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan Pertemuan Penguatan Kegiatan Prioritas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Pusat dan Daerah Tahun 2019 di Bandung, 25-28 November 2019. Dikuti seitar 600 peserta dari 34 Provinsi, 155 kab/Kota, Lintas Sektor, Bappeda dan Lintas Program.

 

Permasalahan pembangunan kesehatan di Indonesia yang dihadapi saat ini adalah masih tingginya angka kematian ibu dan anak, semakin kompleksnya masalah gizi termasuk stunting, masih tingginya angka kematian yang diakibatkan penyakit menular dan penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan jiwa yang semakin besar dan menimbulkan beban kesehatan yang cukup signifikan.

 

Perm

Selengkapnya

Puncak HKN Ke-55, Kemenkes Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 26 November 2019, Dibaca : 245 Kali

 

Sekitar 5000 orang memadati lapangan parkir Sarinah, di Jalan Thamrin Jakarta hari Minggu lalu (24/11) dalam rangka acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019. Generasi Sehat, Indonesia Unggul menjadi tema pada HKN tahun ini dengan harapan generasi Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari, MQIH dalam laporannya menyatakan bahwa generasi yang sehat menjadi hal yang penting untuk membawa Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. “Di era industry 4.0 ini, perilaku sehat merupakan modal untuk menjadikan masyarakat yang produktif dan unggul”, tegas dr Kirana.

 

Pada kesempatan yang

Selengkapnya

Kemenkes Lakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Pesantren Gontor

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 November 2019, Dibaca : 271 Kali

Ponorogo - Kesehatan lingkungan merupakan hal penting untuk diperhatikan di pondok pesantren. Untuk memastikan itu, Kementerian Kesehatan melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan di Pondok Pesantren Gontor selama dua hari.

 
''Kami sudah melakukan inspeksi kesehatan lingkungan di Pondok Pesantren Gontor Putri di Ngawi dan Pondok Pesantren Putra di Ponorogo. Kesimpulannya semua kader Kesehatan Lingkungan memahami dari sisi kesehatan lingkungan, sudah cukup memenuhi standar,'' kata Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO
 
Secara fisik bangunan Pesantren Gontor, menurutnya sudah cukup baik. Yang perlu dikuatkan adalah bagaimana perilaku komunitas di pondok pesantren
Selengkapnya

Menkes dan Mendagri Beri Penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 21 November 2019, Dibaca : 342 Kali

Jakarta - Hari ini Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat, di kantor Kemendagri, Jakarta. Penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

 
Dalam sambutannya Menkes berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.
 
Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kot
Selengkapnya