Evaluasi Pelaksanaan Program kesmas Merupakan Wujud Pertanggungjawaban Terhadap Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 03 Desember 2019, Dibaca : 187 Kali

Banjarmasin - Monitoring dan Evaluasi merupakan hal rutin dan penting dalam siklus fungsi menajemen sebuah organisasi/institusi. Monitoring dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemajuan dan kendala dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Sedangkan evaluasi  untuk mengetahui bagaimana efektivitas dan efisiensi hasil kinerja, dampak serta keberlanjutannya.

 

Evaluasi sangat penting untuk men-track dan memastikan  terlaksananya kebijakan dan program sesuai dengan target dan rencana yang telah ditetapkan. Dengan rutin melakukan evaluasi, kita bisa mengeliminasi kelemahan suatu program. dan mengidentifikasi kebutuhan program. Dan yang perlu kita ingat, bahwa evaluasi  anggaran dan program merupakan wu

Selengkapnya

GERMAS Menjadi Pendekatan Multi Sektoral Dalam Upata Promotif Preventif

Dipublikasikan Pada : Rabu, 27 November 2019, Dibaca : 149 Kali

Bandung - Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan Pertemuan Penguatan Kegiatan Prioritas Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Pusat dan Daerah Tahun 2019 di Bandung, 25-28 November 2019. Dikuti seitar 600 peserta dari 34 Provinsi, 155 kab/Kota, Lintas Sektor, Bappeda dan Lintas Program.

 

Permasalahan pembangunan kesehatan di Indonesia yang dihadapi saat ini adalah masih tingginya angka kematian ibu dan anak, semakin kompleksnya masalah gizi termasuk stunting, masih tingginya angka kematian yang diakibatkan penyakit menular dan penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan jiwa yang semakin besar dan menimbulkan beban kesehatan yang cukup signifikan.

 

Perm

Selengkapnya

Puncak HKN Ke-55, Kemenkes Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 26 November 2019, Dibaca : 131 Kali

 

Sekitar 5000 orang memadati lapangan parkir Sarinah, di Jalan Thamrin Jakarta hari Minggu lalu (24/11) dalam rangka acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019. Generasi Sehat, Indonesia Unggul menjadi tema pada HKN tahun ini dengan harapan generasi Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari, MQIH dalam laporannya menyatakan bahwa generasi yang sehat menjadi hal yang penting untuk membawa Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. “Di era industry 4.0 ini, perilaku sehat merupakan modal untuk menjadikan masyarakat yang produktif dan unggul”, tegas dr Kirana.

 

Pada kesempatan yang

Selengkapnya

Kemenkes Lakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Pesantren Gontor

Dipublikasikan Pada : Senin, 25 November 2019, Dibaca : 152 Kali

Ponorogo - Kesehatan lingkungan merupakan hal penting untuk diperhatikan di pondok pesantren. Untuk memastikan itu, Kementerian Kesehatan melakukan Inspeksi Kesehatan Lingkungan di Pondok Pesantren Gontor selama dua hari.

 
''Kami sudah melakukan inspeksi kesehatan lingkungan di Pondok Pesantren Gontor Putri di Ngawi dan Pondok Pesantren Putra di Ponorogo. Kesimpulannya semua kader Kesehatan Lingkungan memahami dari sisi kesehatan lingkungan, sudah cukup memenuhi standar,'' kata Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO
 
Secara fisik bangunan Pesantren Gontor, menurutnya sudah cukup baik. Yang perlu dikuatkan adalah bagaimana perilaku komunitas di pondok pesantren
Selengkapnya

Menkes dan Mendagri Beri Penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 21 November 2019, Dibaca : 211 Kali

Jakarta - Hari ini Menkes Terawan Agus Putranto dan Mendagri Tito Karnavian memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat, di kantor Kemendagri, Jakarta. Penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Walikota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengkoordinasikan dan membina seluruh forum Kabupaten/Kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan kabupaten/kota sehat.

 
Dalam sambutannya Menkes berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.
 
Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kot
Selengkapnya

Pelaksanaan Padat karya Tunai Desa di Desa Sanggrahan, Kabupaten Klaten

Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 November 2019, Dibaca : 113 Kali

Klaten - Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD sektor kesehatan merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan pembangunan sarana sanitasi dan cuci tangan pakai sabun. Pemberdayaan bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan risiko lingkungan dan perilaku tidak sehat dalam rangka menurunkan angka stunting.

 

Sejak Tahun 2018 dilaksanakan PKTD bidang kesehatan dengan sasaran minimal 20 Kepala Keluarga (KK) masyarakat miskin yang telah berperilaku sehat mendapatkan akses dan penigkatan kualitas sanitasi serta s

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Hadiri Puncak HKN ke 55 Kabupaten Klaten

Dipublikasikan Pada : Selasa, 19 November 2019, Dibaca : 88 Kali

Klaten - Puncak Kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Tahun 2019 di Kabupaten Klaten dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Klaten pada hari Minggu, 17 November 2019. Dalam kegiatan ini, Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama Direktur Kesling dr. Imran Agus Nurali. Sp.KO ikut menghadiri acara tersebut.

 

Bupati Klaten secara resmi mendeklarasikan ODF (Stop Buang Air Besar Sembarangan), Pencanangan RW Sehat, Pelantikan Kader Matur Dokter, Launching Aplikasi Ambulance Matur Dokter.

 

Aplikasi Matur Dokter yang telah dikembangkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten selama satu tahun belakangan kian memperkuat layanan kesehatan.

 

“Saya harapkan inovasi dan peluncuran ambulans Matur Dokter

Selengkapnya

Sekolah Sehat, Wujudkan Generasi Sehat dan Berkarakter

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 15 November 2019, Dibaca : 120 Kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH menghadiri Penganugerahan Pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2019 di Jakarta (13/11). Ajang lomba sekolah sehat ini merupakan kegiatan bersama dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Agama.

 

Mengawali sambutannya, Dirjen Kesmas mengingatkan kembali pidato Presiden Joko Widodo pada  tanggal 14 Juli 2019 menyampaikan Visi Indonesia bahwa pembangunan sumber daya manusia menjadi kunci pemerintah ke depan, dengan menjamin kesehatan sejak masa hamil, bayi, balita dan anak sekolah dengan penekanan pada jangan ada stunting, angka ke

Selengkapnya

Penghargaan Kantin Sehat 2019

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 November 2019, Dibaca : 161 Kali

Serpong - Kantin adalah setiap bangunan yang menetap dengan segala peralatan yang dipergunakan untuk proses pembuatan dan penjualan atau penyajian makanan dan minuman bagi umum, dimana proses pembuatan dan penjualan atau penyajian makanan diperuntukan bagi masyarakat tertentu (khusus) dan cara penyajiannya pada waktu-waktu tertentu.

 

Keberadaan Kantin di area Kementerian/Lembaga merupakan salah satu hal vital yang akan menunjang aktivitas bekerja seluruh Karyawan di Lingkungan Kementerian/Lembaga. Oleh karena itu, Kementerian/Lembaga dalam mengelola kantin yang dimilikinya, wajib memberikan pelayanan yang memenuhi standar kantin sehat, sehingga mampu menjamin kesehatan dan menunjang produk

Selengkapnya

3 Provinsi Gelar Kelas Ibu Hamil dan Balita

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 November 2019, Dibaca : 151 Kali

Jakarta - Kesehatan ibu dan Balita menjadi penentu generasi di masa depan. Peningkatan pengetahuan, dan mengubah sikap ibu tentang kesehatan diri dan anaknya menjadi penting.

 
Kementerian kesehatan mengemasnya dalam program Kelas Ibu Hamil dan Balita. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu tentang kesehatan ibu hamil, bersalin dan nifas, serta tumbuh kembang balita yang optimal.
 
Hari ini, secara serentak 3 provinsi, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Banten gelar kelas ibu hamil dan Balita. Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto berbincang dengan peserta Kelas Ibu Hamil dan Balita dari 3 provinsi tersebut melalui video conference.
 
Selengkapnya