Membangun Jejaring Regional ASEAN untuk Pencegahan dan Pengendalian Keselamatan Berlalulintas

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 20 April 2018, Dibaca : 24 Kali

 

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah acara The Workshop on the Establishment of Regional Network of National Collaborating Bodies on road Traffic Injuries, ASEAN Health Cluster 1 yang akan diselenggarakan dari 18 hingga 20 April 2018 di Jakarta.

 

Pertemuan dihadiri oleh delegasi dari lima negara ASEAN, yakni Vietnam, Filipina, Laos, Thailand, dan Myanmar, perwakilan dari WHO, ASEAN Secretary, Kementerian Perhubungan RI, dan Kementerian Kesehatan RI.

 

Cluster 1 ASEAN telah menetapkan 7 prioritas kesehatan tahun 2016-2017 dimana pencegahan cedera menjadi prioritas kesehatan nomor tiga. Sejalan dengan hal tersebut, maka Workshop ini diadakan untuk membangun komitmen regional terhadap ke

Selengkapnya

Hadapi Tahun Politik Jangan Kita Lupakan Ukhuwah

Dipublikasikan Pada : Rabu, 18 April 2018, Dibaca : 49 Kali

JAKARTA--- Ukhuwah adalah satu konsepsi Islam yang menyatakan bahwa setiap muslim dengan muslim lainnya pada hakikatnya adalah saudara. Landasannya QS Ali Imran 103, hal ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Kesmas dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS, ketika membacakan sambutan Menteri Kesehatan dr. Nilla Moelek pada acara peringatan Isra’ Mi’raj 1439H, di masjid Al-Afiah,  lantai5, gedung Kemenkes Jakarta.

“Di tahun politik pada 2019 mendatang, dinamika sosial masyarakat akan diramaikan dengan isu-isu masifnya penyebaran berita hoax yang dikait-kaitkan sebagai warna kontestasi Pilkada dan Pilpres 2019”, tutur dr. Kuwat -- Untuk itu, ujar dr.Kuwat, Ukhuwah islamiyah harus tetap dijaga sebagai pemersa

Selengkapnya

Benahi Gizi : Inovasi Penanggulangan Stunting di Halmahera Selatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 12 April 2018, Dibaca : 153 Kali

 

TERNATE - Bersamaan dengan pelaksanaan Rapat kerja Kesehatan Daerah Provisnsi Maluku Utara, 10-11 April 2018. Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan mendeklarasikan program inovatif dalam menanggulangi Stunting. Program yang diberi nama BENAHI GIZI merupakan program terintegrasi semua sektor dan program untuk bersama-sama menanggulangi Stunting di kabupaten Halmahera Selatan.

  

BENAHI GIZI itu merupakan singkatan dari :

 

B-> Berikan Tablet Tambah Darah pada ibu hamil dan remaja puteri

E-> Edukasi gizi keluarga melalui pemberdayaan kearifan lokal

N-> Nutrisi ibu hamil dan balita kurus

A-> Akses air bersih sanitasi lingkungan yang tersedia dan memenuhi syarat kesehatan

H-> Hidup seh

Selengkapnya

Cegah Stunting, Presiden Giatkan Makanan Tambahan Lokal

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 April 2018, Dibaca : 53 Kali

SUKABUMI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meninjau kegiatan sosialisasi cegah stunting atau gizi buruk di Puskesmas Bantar Gadung, di Desa Bantar Gadung, Kecamatan Bantar Gadung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4) pagi.

 

Acara ini dihadiri warga yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, balita, kader Posyandu serta remaja puteri.

 

Presiden menegaskan, bahwa pemerintah ingin menggerakkan secara besar-besaran Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) melalui pelayanan 5 meja Posyandu yang ada di daerah-daerah dan bahkan mengoptimalkan kampanye, baik timbang anak, kampanye masalah gizi, dan juga yang berkait

Selengkapnya

Bugar dan Sehat Setiap Hari

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 06 April 2018, Dibaca : 54 Kali

JAKARTA - Bertempat di lapangan Kemenkes RI, Jumat 6 April 2018 berlangsung ativitas sehat seperti senam bersama, pengukuran kebugaran jasmani, olahraga, permainan tradisional, bazar buah sayur dan ikan.

 

Pada kesempatan itu, Ibu Menkes memberikan apresiasi kepada 3 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkes yaitu Bayu Ajie dan Dwi Adi dari Promisi kesehatan serta Budi Sylvana dari Yankes Rujukan yang mendapat hasil pengukuran kebugaran jasmani baik sekali.

 

Mereka menjadi contoh nyata Germas untuk berperilaku sehat. Karena, setiap individu memiliki peran yang sama sebagai contoh bagi individu lain. Tujuannya supaya bisa menumbuhkan agen-agen pembaharu dalam mencontohkan perilaku sehat.

 

Yukk

Selengkapnya

Sehat Itu Bahagia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 05 April 2018, Dibaca : 49 Kali

JAKARTA - Pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.

 

Ayo hidup sehat dengan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi sayur dan buah setiap hari, agar sehat dan cerdas, serta cek kesehatan rutin untuk mengontrol tekanan darah, gula darah, kolesterol yang ada dalam tubuh kita.

 

Sehat dimulai dari saya... sehat itu baha

Selengkapnya

Menkes Ajak Presiden Cek Kebugaran

Dipublikasikan Pada : Kamis, 29 Maret 2018, Dibaca : 87 Kali

Jakarta, 29 Maret 2018

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan akan mengajak Presiden Joko Widodo untuk cek kesehatan. Hal itu untuk mendorong masyarakat melakukan pola hidup sehat.

Dengan diceknya kebugaran presiden, bisa menjadi percontohan seorang pemimpin negara kepada rakyatnya agar memiliki tubuh yang bugar. Belum lagi Presiden pula yang mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui Instruksi Presiden (Inpres) nomor 1 tahun 2017.

Karena itu sudah sepantasnya sosok presiden memiliki tubuh yang bugar dan diikuti oleh pemimpin yang lainnya, baik dari legislatif, eksekutif, yudikatif, gubernur, dan bupati/walikota.

Ajakan tersebut merupakan respon dari permintaan Ketua Umu

Selengkapnya

Ade Rai Hadir Di Riau Untuk Dukung Germas

Dipublikasikan Pada : Rabu, 28 Maret 2018, Dibaca : 60 Kali

Pekanbaru---Pegiat Binaragawan, Ade Rai hadir di Grand Central Hotel Pekan Baru, Riau,  tempat diselenggarakannya Seminar Nasional Kesehatan dan Pelantikan Pengurus Daerah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Riau 2018-2021 pada Sabtu (24/3/2018) lalu.

 

Kehadiran Ade Rai, seperti yang diwartakan Riau-Pos, diundang pada seminar bertemakan “Masyarakat Sehat Melalui Pendekatan Keluarga” itu, untuk mengupas tentang ‘Kiat Hidup Sehat dan Bugar;. Kehadiran Ade Rai mampu menyita perhatian peserta seminar yang diikuti lebih dari 450 orang.

 

Dihadapan peserta seminar Ade Rai mengajak masyarakat untuk cerdas mengelola kesehatan. “Ini artinya, pengetahuan bukan sesuatu kekuata

Selengkapnya

Trend Penyakit Berubah Seiring Perubahan Perilaku

Dipublikasikan Pada : Rabu, 28 Maret 2018, Dibaca : 90 Kali

 

Padang--Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi, seperti dilansir media Antara.com (22/3/2018), mengatakan tren penyakit di Indonesia berubah seiring dengan perubahan perilaku di masyarakat. Hal ini dikatakan pada Temu Blogger Kesehatan di Padang, pada Kamis lalu.

 

"Jika dirunut jauh pada tahun-tahun sebelumnya, penyakit yang terbanyak di Indonesia adalah penyakit menular yang mencapai 56 persen seperti Ispa, TB dan lainnya," katanya.

 

Namun seiring berjalannya waktu tren penyakit berubah lebih kepada penyakit katastropik yang mencapai 57 persen seperti stroke, hipertensi, kanker, diabetes dan penyakit tidak menular lainnya. Hal itu, menurutnya diiringi dengan perubah

Selengkapnya

Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Sehat Bebas Tuberkulosis

Dipublikasikan Pada : Senin, 26 Maret 2018, Dibaca : 93 Kali

JAKARTA - Setiap tahun tanggal 24 Maret , kita memperingati Hari TBC Sedunia yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat tentang perlunya mengenali gejala TBC, serta urgensi pengobatan sampai sembuh bagi setiap kasus TBC agar tidak berpotensi untuk menularkan penyakitnya pada orang-orang di sekitarnya.

 

Ajakan hidup sehat agar terbebas dari Tuberkulosis snagat diperlukan agar masyarakat mengetahui, mengerti TBC mulai dari gejala hingga pencegahannya. ''Dengan semangat GERMAS, serta pendekatan keluarga untuk Program Indonesia Sehat, mari kita bersama bekerja mengakhiri Tuberkulosis di negara Indonesia tercinta'', tandas Menkes pada acara puncak Hari TBC (24/3) di

Selengkapnya