STBM : Upaya Indonesia Mewujudkan Sanitasi bagi masyarakat

Dipublikasikan Pada : Kamis, 13 Desember 2018, Dibaca : 12 Kali

Katowice - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama delegasi dari kemenkes RI mengikuti COP24 Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) PBB tentang perubahan iklim yang berlangsung di Kota Katowice, Polandia 2-14 Desember 2018.

 

COP24 yang merupakan nama informal dari 24th Conference of the Parties to the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC), merupakan forum tertinggi untuk membahas status dan pengendalian perubahan iklim global. Konferensi ini digelar setiap tahun. Untuk tahun ini, Polandia menjadi tuan rumah, atau yang disebut sebagai Presidency of the Climate Convention. 

 

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Kesmas mempresentasikan upaya Indonesia melalui

Selengkapnya

Mengubah Perilaku sehat dengan Penyediaan Jamban

Dipublikasikan Pada : Senin, 03 Desember 2018, Dibaca : 50 Kali

Lombok - Dalam rangka percepatan universal akses capaian air dan sanitasi 100 % 2019, tantangan yang dihadapi Indonesia masih sangat besar khususnya bagi masyarakat miskin. Pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan lima pilar akan mempermudah untuk meningkatkan akses sanitasi masyarakat yang lebih baik serta mengubah dan mempertahankan keberlanjutan budaya hidup bersih dan sehat.

 

Pelaksanaan STBM memberikan dampak menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik. Peningkatan sanitasi yang berkualitas sebagai salah satu intervensi kegiatan sensitif diyakini memberikan dampak penurunan stunting.

 

Program padat karya tunai desa melalui inter

Selengkapnya

Terimakasih Kader Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Senin, 03 Desember 2018, Dibaca : 48 Kali

Lombok Barat - Ribuan kader kesehatan se-Kab. Lombok Barat, selama dua hari, Sabtu dan Minggu (1 - 2 Desember 2018) mengikuti jambore kader kesehatan di Lapangan Suranadi, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Juga di hadiri oleh Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan dr. Kirana Pritasari, MQIH, anggota DPR RI Komisi IX Hj. Ermalena MHS, dan sejumlah pejabat kesehatan Pemda Lobar dan Provinsi NTB serta OPD terkait lainnya.

 

Lombok Barat rutin melaksanakan jambore kader, ini adalah tahun keempat sekaligus memperingati Hari kesehatan Nasional ke 54 serta Hari Aids Sedunia Tahun 2018. Sekitar 1000 kader perempuan dan laki-laki berkumpul bersama dar

Selengkapnya

Dekalarasi Konas PKRS ke 4

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 30 November 2018, Dibaca : 57 Kali

Jakarta - Direktur Promosi Kesehatan dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, MKes menutup secara resmi Konas PKRS ke 4 di Jakarta, terimakasih atas semua partisipasi yg telah menghasilkan komitmen bersama dalam mendukung pelaksanaan Promosi Kesehatan Rumah Sakit di Indonesia. Pembacaan komitmen deklarasi ini sebagai penutup acara Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit ke-4 yang berlangsung di jakarta dari tanggal 27 - 30 November 2018.

 

Kami yang hadir pada Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit ke-4 yang terdiri dari unsur Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit, Asosiasi Rumah Sakit, organisasi profesi, akademisi, praktisi, dan Dunia Usaha bersepakat untuk menerapkan reorientasi p

Selengkapnya

PKRS Tidak Sekedar Pemasaran dan Kehumasan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 29 November 2018, Dibaca : 50 Kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH dalam pleno hari ke 2 Konas PKRS ke 4 memaparkan mengenai Kebijakan dan Strategi PKRS dengan judul “Reorientasi Pelayanan Kesehatah yang Bermutu dan Berkeadilan”.

 

Reorientasi pelayanan kesehatan RS yang berbasis Promosi Kesehatan seyogyanya dijalankan dengan menerapkan strategi implementasi Promosi Kesehatan : (1) Pemberdayaan masyarakat untuk menumbuhkan partisipasi dan kemandirian masyarakat dalam berperilaku hidup sehat dan mencegah risiko terjadinya penyakit, (2) Advokasi kesehatan guna memperoleh komitmen para pembuat kebijakan yang mendukung kesehatan dan (3) Kemitraan dengan segenap pemangku kepentingan ya

Selengkapnya

Pesan Untuk Remaja Putri Indonesia: Cantik Itu Sehat, Bukan Kurus

Dipublikasikan Pada : Senin, 26 November 2018, Dibaca : 97 Kali

Jakarta - Semakin muda usia calon ibu maka semakin besar risiko terjadinya kondisi kurang energi kronis (KEK). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI, Dr. Siswanto, MHP, DTM, menyatakan bahwa penguatan edukasi dalam hal kesehatan remaja terkait pandangan mereka penampilan yang membawa dampak besar bagi kesehatan.

''Remaja putri di Indonesia masih ada yang memiliki pandangan bahwa mengenai body image yang kurus dan kecil seperti pensil itu dianggap cantik. Remaja putri perlu menyadari bahwa persiapan hamil itu butuh kecukupan gizi,'' ujar Siswanto saat memaparkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 di hadapan seluruh Kepala Dina

Selengkapnya

Menkes Nila Moeloek Lantik Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Rabu, 21 November 2018, Dibaca : 62 Kali

Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) melantik dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS, sebagai Staf Ahli Bidang Hukum Kesehatan Kemenkes RI, menggantikan Barlian SH, M.Kes, yang kini mengabdi menjadi dosen di Poltekkes Banten, di Gd. Adhyatma Kantor Kemenkes RI, Senin pagi (19/11).

''Besar harapan Saudara dapat memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis terkait dengan berbagai peraturan dan bidang hukum kesehatan,'' ucap Menkes Nila Moeloek.

Pada kesempatan pelantikan tersebut, Menkes juga berpesan kepada seluruh pejabat Kementerian kesehatan untuk menguatkan sinergi lintas unit utama.

''Langkah kita merupakan langkah sinergi lintas unit utama dan tidak berdiri mas

Selengkapnya

Di Puncak HKN KE 54 isi Piringku Pecahkan Rekor Dunia

Dipublikasikan Pada : Senin, 19 November 2018, Dibaca : 72 Kali

JAKARTA—Pada rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Kementerian Kesehatan RI menggelar Acara Puncak di Lapangan Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada Minggu (18/11/201). Pada acara itu pula, Kementerian Kesehatan RI mengajak warga untuk menyantap bersama “Isi Piringku”.

 

Porsi makanan dalam “Isi Piringku” yang dianjurkan oleh Kemenkes terdapat dua pertiga makanan yang bersumber dari karbohidrat, sepertiga lauk pauk, dua pertiga yang diisi sayur-syuran sebagai sumber vitamin dan mineral, dan ditambah lagi sepertiga buah-buahan sebagi sumber vitamin.

Lebih dari 3200 warga yang membanjiri lapangan parkir Timur Senayan turut bersama menyantap Isi pi

Selengkapnya

Menkes ajak hidup sehat mulai dari kita

Dipublikasikan Pada : Rabu, 14 November 2018, Dibaca : 81 Kali

JAKARTA - Dalam sambutannya pada Hari Kesehatan Nasional Ke 54 dengan tema “Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” sejalan dengan program Gerkana Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), hal itu sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) serta Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dengan penekanan promotif preventif.

 

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa, pelaksanaan GERMAS harus di mulai dari kita sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat akhirnya seluruh komponen bangsa. Indonesia sedang menghadapi transisi edimilogi terkait dengan penyakit. Kita menghadapi tiga beban, Beban penyakit yang di ukur tahun yang hilang akibat kematian di

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Kunjungi Lokasi Bencana Palu Untuk Kembalikan Perilaku Sehat Masyarakat.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 06 November 2018, Dibaca : 86 Kali

PALU—Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, dr, Kirana Pritasari, MQIH pada Senin pagi (5/11/2018)mengunjungi Palu, Provinsi Sulawesi Tengah untuk meninjau penanganan kesehatan di tenda-tenda pengungsi pada 4 titik lokasi terdampak akibat bencana gempa dan tsunami pada Jumat, 28 September 2018 lalu.

 

Dirjen Kesmas yang didampingi Direktur Kesehatan Keluarga, dr.Eni Gustina, dan pejabat lainnya dari Direktorat Gizi Masyarakat, dan Direktorat Promosi Kesehatan, bertolak dari Jakarta pada Senin, pukul 02.30 WIB, dini hari.

 

Pada kunjungan itu, Dirjen bersama rombongan ingin memastikan progres penanganan kesehatan pascabencana yang terjadi di titik-titik lokasi hunian

Selengkapnya