Dirjen Kesmas Lantik 26 Pejabat Administrasi di Lingkungan Ditjen Kesmas Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 Agustus 2018, Dibaca : 32 Kali

JAKARTA - Pejabat Administrasi atau struktural eselon III dan IV harus memberikan konstribusi nyata dalam pembangunan kesehatan khususnya program kesehatan masyarakat. Selain itu harus memperhatikan peningkatan kinerja staf, penegakan disiplin, pembenahan administrasi, menyusun perencanaan program dan kegiatan sesuai dengan skala prioritas.


Jadilah pejabat yang bisa diandalkan, memiliki wawasan yang luas, kreatif, inovatif, bekerja keras, cerdas dan strategis serta terus belajar hingga terus mengupdate perkembangan informasi, jabatan adalah amanah ALLAH, harus dijaga dengan benar  '', tutur Dirjen Kesmas Kemenkes RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH saat melantik 26 Pejabat Administrasi

Selengkapnya

Slogan Isi Piringku Dipekenalkan Di Banyuwangi

Dipublikasikan Pada : Selasa, 14 Agustus 2018, Dibaca : 28 Kali

Banyuwangi--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr.Kirana Pritasari pada sosialisasi GerakanMasyarakatHidupSehat (Germas) di lapangan Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (12/7/2018), selain melepas ratusan peserta Sepeda Nusantara juga turut diperkenalkan slogan “Isi Pirirngku” sebagai  pengganti ‘Empat sehat lima sempurna’.

 

“Selain aktivitas fisik, budaya hidup sehat dapat dilakukan melalui pola makan sesuai dengan acuan “piringmakanku” agar terpenuhikebutuhan gizis etiap harinya”, ujar dr. Kirana dihadapan warga dan para undangan lainnya yang memenuhi lapangan Blambangan untuk mengikuti senam bersama dan gowes Sepeda Nusantara.

 

Jika sebelumnya konsep4 Sehat 5

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Melepas Ratusan Peserta Sepeda Nusantara Di Banyuwangi

Dipublikasikan Pada : Senin, 13 Agustus 2018, Dibaca : 29 Kali

Banyuwangi--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr.Kirana Pritasari yang didampingi Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, melepas ratusan peserta Sepeda Nusantara di lapangan Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu (13/08/2018).

.

 

Dalam menyampaikan sambutannya pada acara yang diselenggarakan pada Minggu pagi itu, dr.Kirana memberikan apresianya kepada PemerintahdaerahdanwargaBanyuwangi yang telah mendapat penghargaan ASEAN Tourism Standard Award dalam kategori sebagai kota pariwisataterbersih.

 

“Sayamenyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan warga Kabupaten Banyuwangi yang telah mengangkat nama Kabupaten Banyuwangi hingga tingkat  internasional melalui

Selengkapnya

Sinergitas Pusat dan Daerah melalui Rakorpop Program kesmas

Dipublikasikan Pada : Senin, 13 Agustus 2018, Dibaca : 23 Kali

SEMARANG - Dalam rangka meningkatkan sinergitas program Kesehatan Masyarakat pusat dan Daerah Direktorat Jenderal kesehatan Masyarakat kementerian Kesehatan RI melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional (Rakorpop) Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2018 bertempat di Hotel Santika, Semarang, 9-11  Agustus 2018.

 

Rakorpop dihadiri oleh Kepala Bidang Kesmas Seluruh Indonesia, Unit Pelaksana Teknis kesmas, Unit Pusat dilingkungan Dirjen Kesmas. Pada acara Rakorpop tersebut Direktur Jenderal kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH  bersama Dirjen P2P dr. Anung Sugihantono, M.Kes hadir secara langsung dengan didampingi Sekretaris Ditjen Kesmas dan seluruh Direktur serta Kepal

Selengkapnya

Kampanye Imunisasi MR Di Kalimantan Tengah

Dipublikasikan Pada : Rabu, 08 Agustus 2018, Dibaca : 30 Kali

Pemerintah Indonesia selalu berupaya untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh anak Indonesia, salah satunya melalui imunisasi. “Kita terus berupaya untuk membebaskan Indonesia dari berbagai penyakit termasuk eliminasi campak dan mengendalikan penyakit rubella di tahun 2020” ujar Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Kirana Pritasari, MQIH pada acara Pencanangan Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR) Fase 2 Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 7 Agustus 2018. Kampanye ini merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan oleh Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendukung pelaksanaan pemberian imunisasi MR di Indonesia.

Provinsi Kalimantan Tengah m

Selengkapnya

Surveilans Gizi Yang Berbasis IT

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 Agustus 2018, Dibaca : 75 Kali

BOGOR - Pembangunan sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan produktif adalah komitmen global dan merupakan aset yang sangat berharga bagi bangsa dan negara Indonesia, yang antara lain diwujudkan melalui perbaikan status gizi dan kesehatan yang optimal melalui Surveilans Gizi.

 

Surveilans gizi sangat berguna untuk mendapatkan informasi keadaan gizi masyarakat dan factor determinan yang memepengaruhinya secara cepat, akurat, teratur dan berkelanjutan, yang dapat digunakan untuk menetapkan kebijakan gizi dan merencanakan langkah-langkah strategis baik untuk pencegahan maupun penanggulangan masalah gizi.

 

"Kegiatan surveilans gizi saat ini dan kedepan akan diperkuat dengan system pencatatan

Selengkapnya

Lomba Ibu Dengan ASI Ekslusif Sebagai Wujud Penghargaan Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Kamis, 02 Agustus 2018, Dibaca : 67 Kali

JAKARTA--Pekerja adalah aset bangsa, namun jangan lupa bahwa pekerja juga berperan dalam membangun keluarga. Keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang terdiri dari suami, istri dan anak. Keluarga-keluarga pula yang turut  menentukan struktur masyarakat. Hal ini disampaikan Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga (Kesjor),drg. Kartini Rustandi, MKes, dalam sambutannya ketika membuka Lomba Ibu Dengan ASI Ekslusif tahun 2018, di aula Siwabessy, gedung Kementerian Jakarta pada Rabu (31/7/2018) kemarin.

 

Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga iru sebagai wujud pemberian penghargaan bagi pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan dalam mendukung keberh

Selengkapnya

Kemenkes: Peringatan Kesehatan Bergambar di Kemasan Rokok Berdasarkan Hasil Studi dan Berizin

Dipublikasikan Pada : Rabu, 01 Agustus 2018, Dibaca : 42 Kali

JAKARTA - Beberapa waktu belakangan ini, media massa dan media sosial ramai memberitakan seorang pria bernama Dadang Mulya, warga Pancalang, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, yang mengklaim bahwa salah satu dari lima peringatan kesehatan bergambar atau pictorial health warning (PHW) pada kemasan rokok merupakan foto dirinya yang diambil tanpa sepengetahuannya pada tahun 2012 dan dipergunakan tanpa izin dari yang bersangkutan.

 

Kejadian serupa sebenarnya pernah terjadi pada Januari 2017 lalu. Kementerian Kesehatan pernah menerima surat permohonan klarifikasi dari Rahmat Aminuddin yang pada intinya mengklaim bahwa gambar tersebut merupakan foto kliennya bernama Suparman, warga Grogol, Petambur

Selengkapnya

Jangan Biarkan Anak Sendirian

Dipublikasikan Pada : Rabu, 01 Agustus 2018, Dibaca : 57 Kali

JAKARTA - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr. Kirana Pritasari, MQIH, dihadapan para peserta Seminar Hari Anak Nasional, menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI tentang perlunya kesadaran orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak.

 

 

Pesan Menkes yang dibacakan oleh Dirjen Kesmas itu meminta para orang tua untuk tidak membiarkan anak sendirian akan tetapi harus selalu mendampingi dalam tumbuh kembangnya.


"Anak jangan dibiarkan tumbuh sendiri, tapi kita harus selalu mendampingi mereka," ujarnya.

 

Menkes, meminta pula para orang tua untuk menstimulasi kemampuan anak dengan hal-hal sederhana. Karena segala hal yang kita lakukan yang bisa menstimulasi anak itu

Selengkapnya

Penyusunan RKAKL 2019 Dengan Benar, Agar Tidak Ada Revisi

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 28 Juli 2018, Dibaca : 57 Kali

BADUNG - Direktorat Ditjen Kesmas menyelanggarakan penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKAKL) pagu anggaran tahun 2019 lingkup Ditjen Kesehatan Masyarakat tingkat nasional di Provinsi Bali, 26-29 JUli 2019, yang di hadiri dari 6 Unit Pusat, 34 Satker Provinsi dan 3 UPT Kesmas.

 

Penyusunan RKA-KL pagu anggaran tahun 2019 di lingkup Ditjen Kesmas tingkat nasional, yang bertujuan mensinergikan kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat antara pusat dan daerah dalam hal penyusunan alokasi anggaran kegiatan 2019.

 

Diharapkan dalam penyusunan RKA-KL 2019, terdapat peningkatan kualitas RKA-KL dalam mendukung pelaksanaan anggaran pembangunan kesehatan masyarakat tahun 2019, sel

Selengkapnya