Kemenkes Tingkatkan Status Gizi Masyarakat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 20 Agustus 2019, Dibaca : 138 Kali

Jakarta - Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi fokus Presiden Joko Widodo di periode kedua masa pemerintahannya. Pembangunan SDM erat kaitannya dengan asupan gizi setiap individu.
 
Kementerian Kesehatan akan memfokuskan peningkatan gizi masyarakat dan telah tercantum pada Rencana Strategis (Renstra) Kemenkes 2020-2024.
 
Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar, kondisi gizi anak telah menunjukkan perbaikan. Pada masalah stunting terjadi penurunan prevalensi pada anak balita dari 37,21% di tahun 2013 menjadi 30,79% tahun 2018. Demikian juga apabila dibandingkan dengan data prevalensi stunting pada balita tahun 2016 (Sirkesnas), yaitu 33,60 persen.
 
Selain itu perbaikan gizi juga tercerm
Selengkapnya

Penerapan K3 Perkantoran di Kementerian Lembaga

Dipublikasikan Pada : Senin, 12 Agustus 2019, Dibaca : 61 Kali

Bekasi - Salah satu upaya Kementerian Kesehatan dalam mendukung program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang bertujuan agar pekerja berperilaku hidup sehat, sehingga diharapkan berdampak pada meningkatnya produktivitas adalah menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Perkantoran. Penerapan K3 perkantoran sebagaimana diatur dalam Permenkes nomor 48 Tahun 2016 tentang Standar K3 Perkantoran, dilakukan melalui pembentukan dan pengembangan Sistem Manajemen K3 Perkantoran yang meliputi: dukungan kebijakan, perencanaan, pemantauan dan evaluasi program; Penerapan Standar K3 Perkantoran yang meliputi:  Keselamatan kerja,  kesehatan kerja,  kesehatan lingkungan kerja perkantoran dan

Selengkapnya

Dirjen Kesmas : ASI Merupakan Hak Anak Dalam Pembangunan Negara.

Dipublikasikan Pada : Rabu, 07 Agustus 2019, Dibaca : 87 Kali

JAKARTA---Menyusui pada hakekatnya tidak hanya landasan menjadikan anak sehat, melainkan juga merupakan hak dasar anak dalam pembangunan negara. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, saat memberikan laporan di hadapan Menteri Kesehatan RI tentang penyelenggaraan puncak acara peringatan Pekan ASI Sedunia (PAS) 2019 di aula siwabessy, gedung Kemenkes RI, di Jakarta, Rabu pagi (8/7/2019), yang dibuka oleh Menteri Kesehatan RI, dr.Nila F.Moeloek.

 

“Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pada pasal 128, bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI Eksklusif sejak dilahi

Selengkapnya

Pemenang Lomba Ibu Bekerja Dengan ASI Ekslusif 2019

Dipublikasikan Pada : Rabu, 07 Agustus 2019, Dibaca : 143 Kali

JAKARTA—Lomba Ibu Bekerja dengan ASI Eksklusif merupakan serangkaian acara yang digelar dalam menyambut Pekan ASI Sedunia Tahun 2019. Acara lomba yang telah menjadi agenda tahunan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga itu, pada tahun 2019 ini diikuti oleh 78 orang ibu bekerja yang memiliki anak berusia 6-24 bulan, masing-masing 51 orang dari lingkungan Kemenkes dan 27 orang peserta dari kementerian dan lembaga lain.

Penilaian lomba melalui dua tahap yaitu secara administrasi dan penilaian fisik pada ibu dan anak. Penilaian administrasi telah dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019, sementara lomba dilaksanakan pada 5 Agustus 2019, dan pemenangnya diumumukan bersamaan dengan puncak aca

Selengkapnya

Pada Lomba ASI Ekslusif Dirjen Kesmas Ingatkan Lagi Tentang Visi dan Misi Indonesia

Dipublikasikan Pada : Selasa, 06 Agustus 2019, Dibaca : 86 Kali

 

JAKARTA--Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr.Kirana Pritasari, MQIH, saat memberikan sambutan pada acara Lomba ASI Ekslusif di aula Siwabessy, gedung Kemenkes RI, Jakarta, Senin (7/8/2019), mengingatkan kembali tentang isi pidato Presiden terpilih Joko Widodo dalam visi pembangunan Indonesia.

 

“Dalam pidato itu, secara jelas visi Indonesia lima tahun ke depan, di bagian pembangunan SDM program Kesmas menjadi fokus”, ujar Dirjen Kirana.

 

Disebutkan dalam pidato presiden itu, pembangunan SDM kita akan memberikan prioritas kepada sumber daya manusia. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan. Titik dimulainya pembangunan SDM adalah dengan menjamin k

Selengkapnya

Dukung Penuh Ibu Bekerja dengan ASI Eksklusif

Dipublikasikan Pada : Selasa, 06 Agustus 2019, Dibaca : 53 Kali

Jakarta - Indonesia mempunyai komitmen untuk melaksanakan "Deklarasi Innocenti" tahun 1990 yang menyatakan bahwa setiap negara diharuskan memberikan perlindungan dan dorongan kepada ibu agar berhasil memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya. Saat ini pemerintah telah mempunyai PP No. 33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI Eksklusif. Keberadaan PP tersebut akan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi pemberian ASI secara ekslusif.

 

Keberhsilan seorang ibu khususnya ibu pekerja untuk menyusui diperlukan dukungan dari semua pihak, baik drai suami, keluraga, rekan kerja, lingkungan kerja, sistem pelayanan kesehatan, pemerintah dan regulasi. Kementerian Kesehatan berkomitmen memberikan pem

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Ajak Ayah Dukung Ibu Sukses Dalam Menyusui

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 02 Agustus 2019, Dibaca : 73 Kali

JAKARTA— Pekan ASI Sedunia (PAS) setiap tahunnya diperingati pada tanggal 1-7 Agustus. Perayaan ini bertujuan untuk mendorong aktivitas menyusui demi kesehatan bayi di seluruh dunia. Tema Global World Breastfeeding Week tahun 2019 adalah “Empower Parents Enable Breastfeeding”, sedangkan Pekan ASI Sedunia di Indonesia mengangkat tema nasional “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”, dengan slogan “Ayo dukung Ibu sukses menyusui”. 

 

Pada perayaan PAS tahun ini diharapkan seluruh pihak turut berperan serta dalam upaya pemberdayaan keluarga terutama ayah agar ibu dapat menyusui sesuai rekomendasi Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA). Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarak

Selengkapnya

Pada Revolusi Industry 4.0 Pilihannya hanya Dua, Beradaptasi Atau Ketinggalan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 01 Agustus 2019, Dibaca : 152 Kali

JAKARTA— Dunia sedang memasuki era Revolusi Industri 4.0, yaitu era yang merupakan periode perkembangan baru ketika beberapa teknologi yang meliputi teknologi fisik, teknologi digital dan teknologi biologis masing-masing telah mencapai perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ketiga teknologi tersebut merupakan pendorong teknologi utama atau yang paling mendasar  untuk Revolusi Industri 4.0. Pada era revolusi pelayanan Industry 4.0, pilihannya hanya dua, beradaptasi atau ketinggalan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, yang diwakili Sekretaris Ditjen Kesmas, dr.Eni Gustina, MPH di hadapan para peserta pertemuan Poltekes Kemenkes dalam Mendukung Kesehatan E

Selengkapnya

Kemenkes Bahas Penghapusan dan Penarikan Alkes Bermerkuri di Fasilitas Palayanan Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Selasa, 30 Juli 2019, Dibaca : 64 Kali

Jakarta - Merkuri merupakan bahan berbahaya dan beracun yang menjadi isu internasional, karena potensi dampaknya yang sangat besar terutama dampak kesehatan. Bentuk dampak kesehatan yang dapat ditimbulkan akibat terpajan oleh merkuri antara lain adalah kerusakan sistem saraf pusat, ginjal, paru-paru, khususnya dampak terhadap janin berupa kelumpuhan otak, gangguan ginjal, sistem syaraf, menurunnya kecerdasan, cacat mental, serta kebutaan.
 
Demikian disampaikan Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH pada acara Workshop Sinergi dan Kolaborasi Pemangku Kepentingan dalam Pelaksanaan Penghapusan dan Penarikan Alat Kesehatan Bermerkuri di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Jakarta (30/7).
 
Unda
Selengkapnya

Dirjen Kesmas ajak Masyarakat Sulbar untuk Menjaga Kesehatan Melalui GERMAS

Dipublikasikan Pada : Senin, 29 Juli 2019, Dibaca : 73 Kali

Mamuju - Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH bersama tim Ditjen kesmas melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Barat pada 25-26 Juli 2019. Salah satu agenda adalah menjadi  narasumber dalam acara Talkshow dengan tema “Peran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam mendukung percepatan penurunan angka kematian Ibu-Angka Kematian Neonatus (AKI-AKN) dan Stunting di Sulbar”, Kamis, 25 Juli 2019 di Atrium Maleo Town Square (Matos) Mamuju.

 

Talkshow yang dipandu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sulbar Indahwati Nursyamsi tersebut, juga menghadirkan narasumber lainnya, yakni Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar , dan Kepala Bappeda Sulbar Junda Maulana. Flashmob dari anak-ana

Selengkapnya