Sumbar Sehat dengan “Pendekatan Keluarga dan Germas”

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 April 2017, Dibaca : 0 Kali

PADANG – Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat yang diadakan pada tanggal 16 – 18 April 2017 yang lalu mengusung tema “Wujudkan Sumatera Barat Sehat Melalui Implementasi Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat”. Pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang didampingi oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat dan Kadinkes Provinsi Sumatera Barat menandai pembukaan Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat secara resmi.

Rakerkesda Provinsi Sumatera Barat dihadiri oleh Menteri Kesehatan beserta Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Direktur Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat dan Direktur Kesehatan Lingkungan yang bertempat di Hotel Grand Inna Muara Padang.

D

Selengkapnya

Kalteng Bersinergi dengan Pendekatan Germas

Dipublikasikan Pada : Rabu, 12 April 2017, Dibaca : 43 Kali

PALANGKARAYA - Pada tanggal 5-7 April telah berlangsung Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dimulai bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2018 yang langsung dihadiri oleh 2 Menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro yang resmi membuka Musrenbang dan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek.

 

Menkes, didampingi oleh Sekretaris Jeneral, Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan dan Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran usai menghadiri Musrenbang melanjutkan pe

Selengkapnya

Aktualisasi GERMAS

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 07 April 2017, Dibaca : 71 Kali

JAKARTA - Aktivitas sehat Jumat pagi (7/4) di lapangan Kemenkes, ada bazar buah, sayur,ikan, senam bersama, berolahraga, meditasi, konsultasi, cek kebugaran semuanya untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hudup sehat (GERMAS).

 

Kegaiatan hari ini juga bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia yang mengambil tema "Depresi, Yuk Curhat". Seluruh pegawai dan masyarakat ikut beraktivitas agar tetap sehat, bugar dan produktif. (bgs)

 

 

Selengkapnya

Penggerakkan Kesmas Perkuat Sinergi Pusat dan Daerah

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 07 April 2017, Dibaca : 59 Kali

JAKARTA - Sebagai tindak lanjut pelaksanaan Rakontek Kesmas tahun 2017, kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Dinas Kesehatan khususnya bidang kesmas dari seluruh provinsi.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Dirjen Kesmas beserta Sesditjen dan para Direktur dari lingkungan Dirjen Kesmas. Kegiatan yang dinilai membawa perubahan pembangunan kesehatan di Indonesia ini, mengusung tema yang sama : “Penggerakkan Kesehatan Masyarakat mewujudkan Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat" yang nantinya dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program bidang kesehatan serta peningkatan percepatan kinerja dan prestasi.

 

Dalam arahannya Dirjen Kesmas kembali

Selengkapnya

Workshop on National Food Control System in Indonesia

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 07 April 2017, Dibaca : 43 Kali

 

 

Keamanan pangan menjadi isu yang penting saat ini selain karena pangan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia tetapi juga karena pangan yang tidak aman berisiko menganggu kesehatan masyarakat. Sistem pengawasan pangan nasional yang efektif sangat penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat baik lokal maupun internasional. Di era perdagangan internasional, negara pengimpor dan pengekspor sama-sama berkewajibkan untuk memperkuat sistem pengawasan pangan, menerapkan, dan menegakkan strategi pengawasan makanan berbasis risiko.Pengawasan pangan dilakukan pada setiap rantai pangan yang tentu saja memerlukan keterlibatan dari semua sektor. Salah satu mandat FAO dan WH

Selengkapnya

Rakornas STBM ke-3 KOLABORASI AKSI PERCEPATAN PEMENUHAN AKSES AIR MINUM DAN SANITASI 2019 UNTUK INDO

Dipublikasikan Pada : Kamis, 30 Maret 2017, Dibaca : 128 Kali

Rakornas STBM ke-3

KOLABORASI AKSI PERCEPATAN PEMENUHAN AKSES AIR MINUM DAN SANITASI 2019 UNTUK INDONESIA SEHAT

Jakarta (20-23/3).Percepatan pemenuhan akses air minum dan sanitasi tahun 2019 untuk Indonesia Sehat merupakan perwujudan dari salah satu pilar nawacita kelima, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui PROGRAM INDONESIA SEHAT. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K)pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Sanitasi Total Berbasis Mayarakat (Rakornas STBM) ke-3 yang dihadiri perwakilan Lintas Program/Lintas Sektor, Unsur Pemerintah daerah dari 34 provinsi dan Tim Penggerak PKK.

Lebih lanjut, Menkes menyatakan

Selengkapnya

INPRES MERKURI

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Maret 2017, Dibaca : 139 Kali

 

Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar penggunaan merkuri pada pertambangan emas skala kecil segera dihentikan. Hal itu disampaikan Presiden pada saat memimpin rapat terbatas mengenai penghapusan penggunaan merkuri pada pertambangan rakyat, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis sore tanggal 9 Maret 2017, yang dihadiri pula oleh Menteri Kesehatan.

 

Presiden mengatakan penggunaan merkuri pada berbagai industri, termasuk pertambangan emas skala kecil dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan berdampak pada kesehatan. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, diperkirakan kegiatan penambangan emas skala kecil ini mencapai 850 'spot' yang melibatkan lebih dari 250 ribu penambang. Da

Selengkapnya

Presiden Tekankan Pentingnya Gizi Bagi Anak

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Maret 2017, Dibaca : 109 Kali

KAPUAS HULU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, didampingi Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung; Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek; Menteri Pendidikan dan Kebudyaan, Muhajir Effendy; Dirut BPJS Kesehatan, Fachmi Idris; serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Harry Nikmat, menghadiri kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) serta penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH) di halaman Kantor Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis siang (16/3).

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi secara simbolis memberikan PMT berupa biskuit kh

Selengkapnya

5 Pilar STBM Kurangi Penyakit Berbasis Lingkungan

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Maret 2017, Dibaca : 126 Kali

JAKARTA - Sulitnya akses air bersih dan sanitasi yang buruk memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan seperti diare kronik dan stunting. Pemerintah mencanangkan 5 pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Lingkungan (STBM) untuk mengurangi penyakit tersebut.

5 pilar itu, yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

'Terkait dengan pendekatan keluarga, lima pilar ini adalah pendekatan untuk perubahan perilaku masyarakat. Tujuannya untuk menurunkan penyakit yang berbasis lingkungan. Termasuk juga stunting akibat diare kronik yang disebabkan ke

Selengkapnya

INPRES No. 1 Tahun 2017 GERMAS

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 18 Maret 2017, Dibaca : 235 Kali

JAKARTA - Dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit, Pemerintah mengeluarkan INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT  

Selengkapnya