Program Kesmas menjadi Prioritas Nasional RKP 2018

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 Juli 2017, Dibaca : 37 Kali

DENPASAR - Ditjen Kesmas mengadakan Rapat Koordinasi Teknis dalam rangka Evaluasi Triwulan II TA 2017 dan Penyusunan RKAKL TA 2018 Program Kesehatan Masyarakat. Rakontek ini diikuti oleh Pengelola Bidang Kesmas dari 34 Provinsi, UPT Kesmas dan Pusat. Berlangsung di Bali 18-21 Juli 2017.

 

Dalam paparannya Dirjen Kesmas mengatakan Rakontek ini menjadi dasar dalam penyusunan kegiatan Kesmas dan sinergi pusat daerah, khususnya kegatan-kegiatan yang menjadi prioritas nasional serta prioritas utama dalam RKP 2018.

 

Intinya Program Kesmas adalah Kemitraan dan Penggerakkan Masyarakat. Pada RKP 2018 terdapat 2 program nasional yaitu peningkatan kesehatan ibu dan anak serta Penguatan Promotif dan

Selengkapnya

Senam GERMAS Lampung Raih Rekor MURI

Dipublikasikan Pada : Senin, 17 Juli 2017, Dibaca : 43 Kali

BANDAR LAMPUNG–Senam Germas Lampung kreasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kategori sosialisasi senam yang diikuti oleh perwakilan dari provinsi terbanyak dengan nomor rekor 7992. MURI mencatat Senam Germas tersebut dengan rekor 5000 peserta, 996 di antaranya perwakilan 33 provinsi.

 

Plakat rekor yang diteken Ketua Umum MURI Jaya Suprana itu diserahkan Yusuf Nandri kepada Gubenur Lampung Muhammad Ridho Ficardo didampingi Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, pada acara Olahraga Keluarga Harganas XXIV, di Lapangan Enggal Bandar Lampung, Jumat (14/7/2017). Selain Pemprov Lampung, MURI juga memberikan rekor kepada Menteri Keseha

Selengkapnya

Lomba Poster Pekan Asi Sedunia 2017

Dipublikasikan Pada : Senin, 17 Juli 2017, Dibaca : 87 Kali

Jakarta - Dalam rangka Peringatan Pekan Asi Sedunia Tahun 2017 Kementerian Kesehatan mengadakan Lomba Poster  lebih lanjut dapat Download disini

Selengkapnya

Lomba Poster HAN 2017

Dipublikasikan Pada : Kamis, 13 Juli 2017, Dibaca : 278 Kali

Jakarta. (Update) Dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Kementerian Kesehatan mengadakan Lomba Poster Remaja Informasi lebih lanjut dapat Download disini 

Selengkapnya

Memburu Zero CHR di Bekasi

Dipublikasikan Pada : Rabu, 12 Juli 2017, Dibaca : 60 Kali

BEKASI---Salah satu agenda tahunan Ditjen Kesmas setiap tahunnya adalah menggelar pertemuan Konsoslidasi Laporan Keuangan yang diselengagaran oleh Bagian Keuangan. Pada kesempatan tahun ini berlangsung di Hotel Santika Bekasi dari tanggal 10 hingga 15 Juli 2017. Panjangnya penyelenggaraan kegiatan hingga lima hari kerja itu akan bermuara pada hasil “Nol” Catatan Hasil Repiu (CHR) yang diberikan oleh inspektorat jenderal kepada para pengelola Satker-03 dari seluruh Indonesia sebagai peserta pertemuan.

“Panitia menyediakan waktu yang panjang dalam penyelenggaran kegiatan ini untuk  mendapatkan hasil “Zero-CHR” dari inspektorat jenderal.” Ujar Sesditjen Kesmas, dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS ketika

Selengkapnya

Tetap Sehat dan Bugar

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 07 Juli 2017, Dibaca : 77 Kali

JAKARTA - Jumat (7/7) bertempat di lapangan utama Kemenkes dilakukan olahraga bersama seperti senam, tenis meja, jogging serta pemeriksaan kebugaran dan kesehatan pegawai.

 

Hal ini merupakan kegiatan rutin, khususnya seluruh pegawai Ditjen Kesmas wajib mengikuti acara yang dilakukan tiap Jumat. Khusus hari ini adalah yang pertama setelah libur lebaran sehingga bisa diketahui tingkat kebugaran pegawai agar dalam nenjalankan aktivitas kerja seharii-hari tetap sehat, bugar dan produktif.

 

Ayo berolahraga secara teratur, salam GERMAS !!! 

 

Selengkapnya

Ayo Makan Ikan

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 07 Juli 2017, Dibaca : 87 Kali

JAKARTA -  Yukk kita konsumsi dan makan ikan agar sehat dan cerdas. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam pengolahan menjadikan ikan kurang peminat untuk disajikan menjadi menu andalan keluarga.

 

“Ikan di sekitar mereka banyak, tetapi tidak mereka konsumsi. Karena kebanyakan dari mereka hanya bisa memasak ikan digoreng dan dibakar saja. Anak-anak jadi lebih cepat bosan makan menu ikan,” jelas dr. Anung. Gemar memakan ikan juga merupakan dari Gerakan masyarakat Untuk Hidup sehat (GERMAS).

 

Sudah saatnya sebagai negara kepulauan seharusnya rakyat Indonesia gemar memakan ikan. Banyak manfaat yang didapat dari sering mengkonsumsi ikan. (bgs) 

 

Selengkapnya

Mudik Bareng Kemenkes

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 24 Juni 2017, Dibaca : 102 Kali

JAKARTA - Kamis 22 Juni 2017, Kemenkes mengadakan mudik bareng ke beberapa kota seperti Semarang, Yogya, Purworejo, Surabaya, Blitar, Palembang dan Padang yang juga diikuti oleh keluarga besar Ditjen Kesmas.

 

Menggunakan 22 Bis, yang merupakan gotong royong dari semua unit utama bersama BNI, Bank Mandiri dan BRI. Dengan mudik bareng ini merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukungan serta berangkat dari akar budaya Indonesia. Mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang sejatinya hidup dalam masyarakat Indonesia.

 

Pengemudi bis sebelum berangkat wajib melakukan pemeriksaan kesehatan agar tetap sehat dalam mengemudikan bis untuk mengantar pemudik sampao di kampung halaman dengan selama

Selengkapnya

Pemantapan Sikda Generik Angkatan ke-2 Provinsi Sulawesi Utara

Dipublikasikan Pada : Selasa, 20 Juni 2017, Dibaca : 104 Kali

Manado, 12-16 Juni 2017 Pemantapan Sikda Generik

Pencatatan dan Pelaporan data di Puskesmas merupakan salah satu bentuk akuntabilitas dan kinerja dari para pengelola program dan pengelola sistem informasi kesehatan (SIK) di Puskesmas. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan Sistem Informasi berbasis elektronik dan on-line maka Setditjen Kesmas bekerjasama dengan Pusdatin dan GAVI HSS melakukan pemantapan Sikda Generik untuk tingkat Provinsi Sulawesi Utara Angkatan 2 terdiri atas 9 Kab/Kota, 106 Puskesmas. Dari Pemantapan ini peserta mau dan mampu menganalisa data capaian program kesmas antara lain : Gizi, KIA dan Imunisasi sampai bulan mei 2017, di akhir pemantapan sebagai salah bentuk f

Selengkapnya

Selamat Jalan Bapak FX. Eko Saputro, SKM, MKes

Dipublikasikan Pada : Senin, 19 Juni 2017, Dibaca : 157 Kali

JAKARTA - Keluarga besar Ditjen Kesmas menyampaikan duka cita atas meninggalnya Bapak FX. Eko Saputro Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar Dit. kesling pada Sabtu 17 Juni 2017 di RS Kandau, Manado.

 

Semoga amal ibadah almarhum diterima Tuhan YME dan keluarga yang ditingalkan diberi ketabahan dan kesabaran, Amiin.

 

Dengan meninggalnya Bapak FX. Eko Saputro saat menjalankan tugas, maka ahli waris akan mendapatkan semua hak Almarhum yang disiapkan pemerintah. (bgs)

Selengkapnya