Rapid Test Corona Diprioritaskan bagi Nakes dan Orang Kontak dengan Pasien Positif

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Maret 2020, Dibaca : 38 Kali

Jakarta - Pemerintah telah menentukan siapa saja yang diprioritaskan untuk dilakukan Rapid Test Corona atau Covid-19. Yang pertama adalah orang yang telah kontak dekat pasien positif baik yang dirawat di RS maupun yang mengisolasi diri di rumah, kedua adalah tenaga kesehatan (Nakes).
 
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mencontohkan orang yang telah kontak dengan pasien positif adalah keluarga yang satu rumah dengan pasien atau bisa juga orang satu kantor dengan pasien.
 
Kemudian Rapid Test terhadap Nakes diprioritaskan mengingat mereka adalah orang yang sering kontak dekat dengan pasien.
 
Rapid Test dilakukan menggunakan metode pemeriksaan antibody, bukan melakukan pemer
Selengkapnya

Gandeng Gojek dan Grab, Kemenkes Luncurkan Telemedicine Penanganan Covid-19

Dipublikasikan Pada : Selasa, 24 Maret 2020, Dibaca : 37 Kali

Jakarta - Di tengah pandemi global Covid-19, kemudahan akses terhadap pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat.
 
Inilah yang kemudian dilakukan Kementerian Kesehatan untuk menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara virtual bagi masyarakat sehingga bisa diakses dimanapun, kapanpun dan siapapun.
 
Untuk itu, Kementerian Kesehatan mengandeng 4 unicorn yakni Gojek, Halodoc, Grab dan Good doctor. Ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama pada Senin (23/3).
 
Dalam kesempatan ini, Kementerian Kesehatan diwakili Sekretaris Jendral Oscar Primadi, Gojek diwakili Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Shinto Nugroho, Halodoc diwakili CEO Jonathan Suda
Selengkapnya

Gerakan Terminal Bersih Cegah COVID 19

Dipublikasikan Pada : Senin, 23 Maret 2020, Dibaca : 39 Kali

Jakarta - Ditjen Kesehatan Masyarakat bersama lintas sektor melakukan Gerakan Terminal Bersih sebagai implementasi Protokol Pencegahan COVID 19 di area dan transportasi publik. Gerakan ini di laksanakan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (22/3).

 

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keterlibatan komunitas lingkungan terminal dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggerakkan komponen serta pengunjung terminal untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sebagai implentasi protokol pencegahan COVID 19 di area umum dan transportasi. Selain dari Ditjen Kesmas Kemenkes juga diikuti dari Dinkes DKI Jakarta, Sudinkes Jakarta Timur, Dishub DKI

Selengkapnya

Gerakan Sekolah Bersih Cegah COVID 19

Dipublikasikan Pada : Kamis, 19 Maret 2020, Dibaca : 109 Kali

Jakarta - Ditjen Kesehatan Masyarakat bersama lintas sektor menlakukan Gerakan Sekolah Bersih sebagai implementasi Protokol Pencegahan COVID 19 di lingkungan sekolah. Gerakan ini di laksanakan di 5 Sekolah Dasar di DKI Jakarta yaitu SDN Lebak Bulus 4, SDN Pesanggrahan 4, SDN Tanjung Barat 9, SDN Kalibata 11, SDN Cipete Utara 15.

 

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keterlibatan warga sekolah dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggerakkan warga sekolah untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sebagai implentasi protokol pencegahan COVID 19 di sekolah. Selain dari Ditjen Kesmas Kemenkes juga diikuti dari Kemendikbud, Dinkes DKI Jakarta, Su

Selengkapnya

Pemerintah Fokus pada Pengendalian Penyebaran Covid-19

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Maret 2020, Dibaca : 185 Kali

Jakarta - Juru bicara pemerintah Indonesia untuk Covid-19 dr. Ahmad Yurianto, menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia secara serius berfokus pada pengendalian penyebaran covid-19. Hal ini disampaikan pada saat keterangan pers di Istana Negara (07/03)

 
Diantaranya adalah dengan disusunnya protokol penanganan covid-19. dr. Ahmad menegaskan protokol yang dibuat tidak berbicara teknis medis, melainkan bersifat koordinatif untuk respons cepat bagi semua stakeholder terkait dan terintegrasi mulai dari pusat sampai daerah.
 
''Semata-mata protokol ditujukan sebagai upaya kita secara serius mengendalikan penyebaran Covid-19. Oleh karenanya dibentuk protokol yang terintegrasi yang harus diberlakuka
Selengkapnya

Video Ayo jaga keluarga dan bangsa indonesia dengan mencegah penularan covid-19

Dipublikasikan Pada : Senin, 09 Maret 2020, Dibaca : 126 Kali

Video Ayo jaga keluarga dan bangsa indonesia dengan mencegah penularan covid-19

 

Selengkapnya

Stunting dan Angka Kematian Ibu Menjadi Fokus Utama Program Kerja Kesmas

Dipublikasikan Pada : Rabu, 04 Maret 2020, Dibaca : 174 Kali

Bekasi - Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, dr. Eni Gustina, MPH, menyebut angka stunting dan angka kematian Ibu di Indonesia yang masih tinggi, sehingga penuntasan kasus stunting dan angka kematian ibu ini masuk dalam 5 prioritas kerja Presiden dan Wakil Presiden RI tahun 2020-2024. Hal ini disampaikannya ketika memberikan sambutan pembukaan pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Ditjen Kesmas Tahun 2020, di Hotel Harris Bekasi, pada Selasa malam (3/3).

 

Peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024, menempatkan kesehatan sebagai salah satu prioritas agenda pembangunan 3; meningkatkan

Selengkapnya

Kolaborasi bersama Masyarakat dalam Pengelolaan Limbah di Surabaya

Dipublikasikan Pada : Senin, 24 Februari 2020, Dibaca : 124 Kali

Jakarta - Di kota besar, limbah menjadi permasalahan yang serius. Dampak dari limbah akan menimbulkan permasalahan sanitasi. Untuk itu, Kota Surabaya berkolaborasi dan membangun sistem sanitasi di kampung-kampung.

Walikota Surabaya berusaha untuk mengajak warga untuk menjaga lingkungan, memperbaiki kampung- kampung agar tidak ada lagi sampah yang berceceran di jalan serta mengelola limbah dan menggunakan air dengan baik.
 
''Meski kita tidak sakit dan RS di Surabaya gratis untuk masyarakat Surabaya, tetapi jika salah satu keluarga kita sakit maka produktifitas akan berkurang. Kita harus sehat di lingkungan kita, perbaiki sistem sanitasi di kampung dengan adanya pengolahan limbah di rumah-ru
Selengkapnya

Ditjen Kesmas Edukasi Hidup Sehat Pada Pameran Rakerkesnas 2020

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 21 Februari 2020, Dibaca : 131 Kali

Jakarta - Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) Tahun 2020 diselenggarakan pada tanggal 18-20 Februari yang berlokasi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta menambil tema Promotif Preventif membentuk SDM Unggul Indonesia Maju 2045. Salah satu acara rangkaian  Rakerkesnas tersebut adalah kegiatan pameran yang tahun ini mengusung tema inovatif. Dalam pameran tersebut terdapat beberapa zona yang disediakan bagi pengunjung pameran yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Diantaranya, adalah zona digital, zona konsultasi, zona Germas, perpustakaan, dan pameran alat kesehatan dan obat-obatan produksi dalam negeri.

 

Pameran dilaksanakan selama 3 hari dimulai sejak 18 hingga 20 Februari 2020. Secar

Selengkapnya

Ciptakan Tempat Kerja Sehat untuk Mewujudkan Pekerja Sehat, Bugar, dan Produktif

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 14 Februari 2020, Dibaca : 105 Kali

Jakarta - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementrian Kesehatan RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH membuka Seminar Bulan K3 Tahun 2020 (12/02/2020). Dengan Tema “Ciptakan Tempat Kerja Sehat untuk Mewujudkan Pekerja Sehat, Bugar, dan Produktif”. Seminar tersebut hadiri oleh Pejabat Eselon II di Lingkungan Kementrian Kesehatan dan Kementrian/Lembaga lainnya, Narasumber, dan juga Peserta Seminar.

 

Dalam isu ketenagakerjaan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang besar. Saat ini, penduduk Indonesia berjumlah 265 juta dan sekitar 133 juta merupakan angkatan kerja. Angkatan kerja adalah  penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang siap untuk bekerja (BPS, 2018).

 

Upaya kes

Selengkapnya