Pengurus Pusat Himpunan Perawat Kesehatan Kerja Indonesia (Perkesja) Resmi dilantik

Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 Januari 2016, Dibaca : 2467 Kali  

Jumat, 15 Januari 2016. Perkembangan kiprah profesi keperawatan Indonesia untuk menuju ke arah yang lebih baik mendapati warna baru dengan lahirnya cabang organisasi profesi keperawatan kesehatan kerja Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan diresmikannya salah satu cabang organisasi profesi keperawatan ke – 21 di bawah PPNI yaitu Himpunan Perawat Kesehatan Kerja Indonesia (Perkesja). Acara pelantikan pengurus Pusat Persatuan Perkesja diadakan di Hotel Sofyan Tebet Jakarta pada hari Jumat, 15 Januari 2016. Acara pelantikan Persatuan Perkesja dihadiri oleh perwakilan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, PPNI, organisasi profesional keperawatan dan kedokteran seperti PERDOKKI, IPKJI, HIPGABI, dll.

Acara pelantikan dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars PPNI. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua PPNI Pusat dan acara inti pelantikan. Dalam sambutannya, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Bapak Harif Fadhilah, SKP, SH menyatakan bahwa dengan lahirnya Perkesja Indonesia, diharapkan bahwa keilmuan keperawatan dapat lebih berkembang lagi dan kontribusi yang nyata dari perawat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Indonesia.

Gbr Kasubdit Lingkungan (Jelsi Marampa)

Pada acara inti, Ketua PPNI melantik ketua umum Persatuan Perawat Kesehatan Kerja Indonesia yaitu Ambar Wahyuningsih Roestam, SKM, MOH. Selanjutnya, ketua umum Persatuan Perkesja Indonesia melantik ke-17 pengurus pusat Perkesja lainnya. Pengurus perkesja Indonesia terdiri dari perwakilan perawat pemerhati keperawatan kesehatan kerja, pendidik dari institusi pendidikan tinggi keperawatan serta praktisi/perawat kesehatan kerja di berbagai institusi kerja di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan sambutan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga serta penyampaian bunga rampai Perkesja Indonesia oleh ketua umum Perkesja.

Perawat kesehatan kerja (Occupational Health Nursing) merupakan perawat yang memberikan pelayanan asuhan keperawatan pada agregat pekerja. Pelayanan keperawatan ini sangatlah penting untuk dikembangkan. “Jumlah pekerja di Indonesia terdiri dari 60% jumlah masyarakat Indonesia itu sendiri” ujar yang mewakili Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Ibu Jelsi Natalia Marampa, SKM, MKKK. Indonesia merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang sedang berkembang juga mengalami peningkatan jumlah tenaga kerja. Sehingga kesehatan kelompok pekerja sangat penting untuk diperhatikan. Pekerja merupakan salah satu agregat masyarakat yang berisiko mengalami potensi masalah kesehatan penyakit akibat kerja (PAK). dan kecelakaan akibat kerja (KAK).

Gbr Pelantikan Ketua Perkesja

Himpunan Perawat Kesehatan Kerja Indonesia merupakan wadah nasional perawat kesehatan kerja Indonesia yang menghimpun perawat kesehatan kerja dalam mengembangkan profesionalitas dan meningkatkan kemampuan profesi berbasis kompetensi serta memberikan pelayanan optimal pada pekerja. Saat ini, sekretariat Perkesja Indonesia berada di Gedung Pendidikan dan Laboratorium Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Depok – Jawa Barat.

Perkesja Indonesia didirikan di Jakarta tanggal 28 Oktober 2014 dalam Kongres Nasional 1 Perkesja Indonesia. Perkesja Indonesia memiliki visi mewujudkan pelayanan keperawatan kesehatan kerja  yang profesional untuk menghasilkan tenaga kerja yang sehat dan produktif melalui peningkatan profesionalisme perawatan kesehatan kerja serta menjadi organisasi profesi yang siap dan mampu memberikan pelayanan profesional di era globalisasi. Untuk mendukung perkembangan profesionalisme perawat kesehatan kerja dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan pekerja di Indonesia, himpunan Perkesja juga telah tergabung dalam Federasi Organisasi Kesehatan Kerja Indonsia (FOKKI) tanggal 15 November 2014.

Demikianlah press release ini disampaikan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ns. Amir Mahmudin, S.Kep (Humas Perkesja): 081229148810/ perkesja.indonesia@gmail.com. Syahrul Efendi. MKKK.