Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Tahun 2015

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 30 Januari 2016, Dibaca : 1650 Kali  

Tahun 2015 merupakan awal dari implementasi Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019 yang ditetapkan dengan  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/ Menkes/52/1/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Dalam Rencana Strategis Kementerian kesehatan Tahun 2015-2019 tidak ada visi dan misi, namun mengikuti visi dan misi Presiden Republik Indonesia yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan Gotong-royong”. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan memberikan arah kebijakan dan strategi  pembangunan sebagai tolok ukur dalam melaksanakan tugas, fungsi, penetapan  tujuan, sasaran strategis, kebijakan prioritas pembangunan kesehatan.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya baik  dalam tatanan Direktorat Teknis ataupun Sekretariat Direktorat Jenderal, khususnya Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA senantiasa membangun akuntabilitas yang dilakukan melalui pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban  yang tepat, jelas dan terukur perlu dibangun dengan baik, sehingga penyelenggaraan  pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung dengan efektif, efisien dan sekaligus dapat mencerminkan kinerja Sekretariat Direktorat  Jenderal Bina Gizi dan KIA secara optimal.

Selain itu, salah satu tuntutan publik pada saat ini dan cita-cita Reformasi Birokrasi  yang sedang  berjalan di Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA adalah  adanya  transparansi dan akuntabilitas pengelolaan  kinerja dan keuangan.  Harapan publik terhadap  tuntutan ini  pada intinya adalah terselenggaranya tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance), sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat  berlangsung secara bersih, bertanggungjawab dan memberikan dampak (impact) serta manfaat (benefit) dari hasil (outcome) yang diperoleh.

Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, sebagaimana diamanatkan dalam  Permenkes Nomor 1144 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tatakerja Kementerian Kesehatan, bertugas melaksanakan pelayanan teknis administrasi kepada semua unsur Direktorat di lingkungan Ditjen Bina Gizi dan KIA. Hal ini sejalan dengan output Indikator Kinerja Strategis dalam Perencanaan Strategis Kementerian Kesehatan tahun 2015 – 2019, yaitu: Meningkatnya dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya pada Program Bina Gizi dan KIA.

Secara operasional output Indikator Strategis Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA dijabarkan dalam penyelenggaraan kegiatan administrasi dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Program Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Selain itu Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA juga memiliki tugas untuk menyelenggarakan Tugas Pembantuan Bantuan Operasional Kesehatan di seluruh puskesmas dan jaringannya di Indonesia mulai dari tahap perencanaan, penyusunan Petunjuk Teknis dan evaluasi.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atau menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan yang sudah disepakati dalam penetapan kinerja melalui pencapaian Indikator Kinerja Strategis, Setditjen Bina Gizi dan KIA melakukan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja. Selain sebagai bentuk pertanggungjawaban, laporan ini akan dapat dijadikan panduan dalam menentukan arah perjalanan pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Laporan Akuntabilitas Kinerja ini akan memberikan gambaran pencapaian dalam melakukan penyelenggaraan kegiatan administrasi dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya Program Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak dan penyelenggaraan Bantuan Operasional Kesehatan selama tahun 2015. Sehingga sesuai dengan tugas pokoknya Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA dapat memfasilitasi pelayanan teknis administratif di lingkungan Ditjen Bina Gizi dan KIA, dan sekaligus dapat memberikan laporan pertanggungjawaban kinerja program dan keuangan kepada publik. (Red)