Ringkasan Eksekutif Direktorat Kesehatan Anak Tahun 2015

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 30 Januari 2016, Dibaca : 818 Kali  

Direktorat Bina Kesehatan Anak dalam mencapai sasaran ”meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan anak”, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya telah melakukan berbagai upaya. Kebijakan yang diberlakukan adalah peningkatan kelangsungan, kualitas dan perlindungan kesehatan anak dengan pendekatan continum of care.

Sasaran strategis meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan anak dievaluasi melalui 4 indikator Renstra yaitu Cakupan Kunjungan Neonatal Pertama (KN1), Cakupan Puskesmas Melaksanakan Penjaringan Kesehatan Peserta Didik Kelas 1, Cakupan Puskesmas Melaksanakan Penjaringan Kesehatan Peserta Didik Kelas 7 & 10, Puskesmas Melaksanakan Kegiatan Kesehatan Remaja. Untuk mendukung capaian program tersebut di tingkat pusat telah dilaksanakan kegiatan teknis kesehatan anak melalui APBN dan kegiatan PHLN.

Secara umum, Indikator kesehatan anak telah mencapai target yang telah ditetapkan. Indikator Kunjungan Neonatal Pertama mencapai cakupan 84 % dari target 75 %, Puskesmas melaksanakan penjaringan kesehatan peserta didik kelas 1 mencapai cakupan 57 % dari target 50%, Puskesmas melaksanakan penjaringan kesehatan peserta didik kelas 7 & 10 mencapai 48% dari target 30% dan Puskesmas melaksanakan kegiatan kesehatan remaja mencapai 32 % dari target 25 %. Permasalahan yang ada adalah terkait pemahaman definisi operasional di tingkat kab./ kota dimana indikator-indikator yang ada merupakan indikator baru pada Renstra 2015 – 2019.

Rendahnya realisasi anggaran (49%) terutama karena tidak turunnya dana refokusing sebesar 52 M dikarenakan kondisi keuangan negara, selain karena beberapa sebab lainnya. (Red)