Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Dit Tradkom Tahun 2015

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 30 Januari 2016, Dibaca : 1448 Kali  

Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer (Yankes Tradkom) mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan dan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang bina pelayanan kesehatan tradisional, alternatif dan komplementer. yang dijalankan melalui Indikator Kinerja melalui penyelenggaraan administrasi kepemerintahan sesuai ketentuan dan penyediaan sarana dan prasarana sesuai standar.

Penetapan Kinerja (Tapja) sesuai dengan  Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2015 – 2019 perlu dipertanggungjawabkan secara akuntabel, terutama dalam melihat keberhasilan atau kegagalan yang dicapai dari target yang telah ditentukan. Laporan Akuntabilitas Kinerja Direktorat Bina Yankes Tradkom tahun 2015 merupakan bentuk pertanggungjawaban Tapja yang telah dilaksanakan selama tahun 2015.

Indikator kinerja sesuai dengan Tapja yang menjadi tanggung jawab Direktorat Bina Yankes Tradkom telah tercapai sesuai target yang ditentukan. Persentase Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional Tahun 2015 telah tercapai sebesar 15,7 % melebihi target yang sudah ditentukan yaitu sebesar 15%. Walaupun telah melampaui target yang telah ditetapkan, capaian indikator ini perlu optimalisasi dan  koordinasi diantara stakeholder terkait dalam bidang Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer, Masih kurangnya  tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan kewenangan dalam bidang  Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer, Belum optimalnya sosialiasi dan advokasi yang telah dilakukan oleh Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer kepada stakeholder di pemerintahan pusat dan daerah, Kurangnya dukungan sarana prasarana dari Pusat yang berakibat pada tidak berkembangnya kegiatan pelayanan kesehatan alternatif dan komplementer, Dukungan regulasi yang belum memadai untuk menunjang kegiatan  monitoring dan evaluasi dan beberapa di antaranya perlu dilakukan revisi.

 Pencapaian indikator Direktorat Bina Yankes Tradkom didukung dengan adanya pencapaian realiasi keuangan yaitu sebesar 40,26%, yang mana dari pagu yang disediakan sebesar Rp. 26.113.232.000  dan telah direvisi sebesar Rp. 30.374.519.000, dapat direalisasikan sebesar Rp. 12.227.651.827 Sedangkan pencapaian  Realisasi Dana Dekonsentrasi ke Kab./Kota pada tahun 2015 mencapai sebesar 69,95 atau dari pagu sebesar Rp. 32.886.768.000   dan telah direvisi sebesar Rp. 20.528.479.000  dapat direalisasikan sebesar Rp. 14.359.821.841. Dalam pencapaian Indikator tersebut, Direktorat Bina Yankes Tradkom didukung oleh ketenagaan dengan jumlah tenaga sebanyak 59 pegawai dengan berbagai latar belakang pendidikan S1  44 % dan S2 sekitar 39 %  dan selebihnya adalah tenaga diploma dan SMU.

 Hasil Kinerja yang sudah dicapai diharapkan dapat menjadi dasar meningkatkan pengembangan kesehatan tradisional alternative dan komplementer. Puskesmas yang menyelenggarakan kesehatan tradisional adalah indikator senstif yang diharapkan mendapatkan dukungan Kebijakan, Norma, Standarisasi sebagai dasar yang kuat untuk percepatan pelaksanaan pelayanan kesehatan tradisional di puskesmas. (Red)