Batam Jadi Ajang Selayang Pandang

Dipublikasikan Pada : Minggu, 31 Januari 2016, Dibaca : 1597 Kali  

Perwakilan dari Ditjen Kesmas ketika masing-masing memberikan paparan pada Rakor Kesmas di Provinsi Kepulauan Riau (foto HUMAS/fey)

BATAM---Pertemuan Rapat Koordinasi Program Kesehatan Masyarakat Tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2016 yang berlangsung Kamis hingga Sabtu (28-30/1), di Hotel Allium, Batam, jajaran Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat hadir dan memberi paparan dihadapan peserta yang terdiri dari Kepala dinas kabupaten kota serta Puskesmas di provinsi Kepuauan Riau.

Pada kesempatan itu menjadi ajang selayang pandang untuk mengenalkan perubahan struktur organisasi yang baru di lingkungan Ditjen Kesmas, yang  merupakan tindak lanjut proses penataan organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan. Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 64 Tahun 2015,  telah ditetapkan organisasi dan tata kerja Kementerian Kesehatan yang baru, termasuk perubahan nama Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, menjadi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Ditjen Kesmas).

“Tak kenal maka tak sayang”, demikian DR. Ir. Bambang Setiaji, SKM, M.Kes, Kabag Program& Informasi, membuka pengantar kata untuk mengawali penyajian dari masing-masing direktorat yang diwakili dr.Yuli Farianti, M.Epid (Dit.Kesehatan Keluarga), Iryanis, SKM, MM (Dit.Gizi Masyarakat), Irmawati Pasaribu, SE, M.Si (promkes) serta Selamat Riyadi,SKM,MKKK, dari Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga.

Masing-masing penyaji, selain memaparkan tugas dan fungsinya juga membeberkan pencapaian indikator  tahun lalu serta rencana pelaksanaan program serta anggaran yang tersedia untuk provinsi Kepulauan Riau pada  tahun 2016.

Dirjen dan Sekretaris Kesmas (tengah), berkesempatan foto bersama dengan seluruh peserta Rakor Kesmas Provinsi Kepri (foto HUMAS/fey)

Pada kesempatan berbeda, Dr.Anung Sugiantono, M.Kes, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, pada acara pertemuan itu menyajikan paparannya tentang perubahan tatakelola dan restrukturisasi organisasi.

Dr.Kuwat Sri Hudoyo, MS, Sekretaris Ditjen Kesmas, melengkapinya dengan paparan Petunjuk Teknis dana BOK untuk Tahun 2016.

Di sela-sela sambutannya, Kepala Dinas provinsi Kepulauan Riau, H. Tjetjep Yudiana, SKM., M.Kes ketika membuka acara itu menyampaikan, bahwa kehadiran seluruh jajaran Ditjen Kemas memberi rasa “semakin dekat saja jarak antara pusat dan Puskesmas itu”. –(fey)-