Penelaahan DIPA Program Kesmas Tahun 2019 Regional II

Dipublikasikan Pada : Kamis, 31 Januari 2019, Dibaca : 97 Kali  

Bekasi - Di bulan yang sama Direktorat Jenderal kesehatan Masyarakat  melakukan Penelaahan/Penelitian DIPA  dan Petunjuk Operasional Kegiatan ( POK) Tahun 2019 Regional 2 ( Regional Timur) tanggal 29 Jnauari s.d 1 Februari 2019 di Hotel Horison Bekasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang yang membawahi Program Kesehatan Masyarakat, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Bendahara Pengeluaran yang berasal dari 19 Satker Dekonsentrasi.

 

Hasil penelitian/penelaahan DIPA/POK menjadi bahan pendukung untuk mempercepat pelaksanaan anggaran tahun 2019, dan sekiranya dalam Penelitian/Penelaahan DIPA/POK ini ditemukan kesalahan agar segera melakukan penyesuaian melalui mekanisme revisi sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

 

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan setiap tahunnya dilaksanakan untuk meneliti kembali DIPA/POK apabila ada perbaikan diharapkan segera melakukan perbaikan dan kegiatan dapat efektif berjalan.

 

dr. Kirana Mengatakan Penelaahan DIPA Regional 2 harus lebih siap  seperi PPK dan Bendaharanya, tidak banyak kesalahan seperti Regional I masih ditemukan beberapa permasalahan seperti Satker belum membuat Pejabat Perbendaharan, Pejabat Perbendahaaran belum sesuai DIPA, DIPA masih menggunakan 2 tahun lalu, Penggunaan unit cost dibawah standar, dan ketidaksesuaian akun.

 

Diakhir sambutannya dr. Kirana menegaskan“dalam penelaahan DIPA ini cukup waktu jangan ada PR, agar diselesaikan dengan tuntas, apabila memang diperlukan Revisi Anggaran berkonsultasi dengan SetDitjen Kesmas dibagian Keuangan/Bagian Program &Informasi” tegasnya.

 

Diharapkan di  tahun 2019 dapat meningkatkan realisasi dengan membuat komitmen dengan target minimum 90%, karena pagu anggaran berkurang dibanding TA 2018 ucapnya.(pwt)