Evaluasi Pengisian Data pada Aplikasi Komunikasi Data Gizi dan KIA Terintegrasi tahun 2014

Dipublikasikan Pada : Rabu, 04 Februari 2015, Dibaca : 1640 Kali  

TERIMAKASIH dan APRESIASI

Atas  kesediaan Bapak/Ibu dari Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengisi data pada Aplikasi Komunikasi Data Gizi dan KIA Terintegrasi sampai bulan Desember tahun 2014.

Inilah catatan kami sebagai pertimbangan agar dikemudian hari akan menjadi lebih baik lagi dalam segi pengisian data dan juga dari segi kualitas data.

komdat ibu

Seperti yang telah kami informasikan sebelumnya, Kabupaten/Kota wajib mengisi data pada Aplikasi Komunikasi Data Gizi dan KIA Terintegrasi. Sedangkan Provinsi, bertugas memvalidasi data yang di entri/diisi oleh Kabupaten/Kota. Username dan password standard telah kami berikan, baik ke Provinsi maupun ke Kabupaten/Kota. Untuk data Program Kesehatan Ibu dan Program Kesehatan Anak, pengisian bisa dilakukan langsung melalui Aplikasi ini, sedangkan Program Gizi pengisian dilakukan cukup melalui Aplikasi SIGIZI (menghindari pengisian/entri data berulang-ulang) dan hasil pengisian tersebut melalui tahapan sinkronisasi pada Aplikasi Komunikasi Data Gizi dan KIA Terintegrasi, data langsung terisi. Hasil pengamatan kami (per 3 Februari 2015) untuk pengisian data bulan Desember 2014, sebagai berikut :

No.

Jenis Data

Jumlah Provinsi

Sudah mengisi

Belum mengisi

1

Kesehatan Ibu

27 (79,41%)

7 (20,59%)

Riau, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Papua

2

Kesehatan Anak

27 (79,41%)

7 (20,59%)

Riau, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Papua Barat, Papua

3

Gizi

21 (61,76%)

13 (38,24%)

Sumatera Selatan. Bengkulu, Banten, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Papua Barat

4

Kesehatan Kerja dan Olahraga

9 (26,47%)

25 (73,53%)

Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua

5

Sasaran 2014

33 (97,06%)

1 (2,94%)

Kalimantan Utara
Demikian hasil pengamatan kami sebagai umpan balik/feedback kepada Bapak/Ibu Pengelola Program Gizi dan KIA di Daerah, sertamenindaklanjuti hasil Pertemuan Koordinasi Data Program Gizi dan KIA Pusat dan Daerah, di Bandung tanggal 26 - 28 November 2014.