SEMANGAT KADER DALAM MENSUKSESKAN PIN 2016

Dipublikasikan Pada : Kamis, 10 Maret 2016, Dibaca : 1324 Kali  

Foto bersama para kader di Pos PIN Tulip 2

Dipemukiman yang kumuh dan padat penduduknya teryata semangat kader dalam mensukseskan PIN 2016 di Margahayu Bekasi Timur sangat antusias, walaupun tidak didukung dana dari Pemerintah. Bidan Rahmawati sebagai bidan swasta yang ditugaskan dari Puskesmas untuk Binaan Posyandu Tulip 1 dan Posyandu Tulip 2 mengatakan pada PIN 8 Maret 2016 “dulu ada dana Revitalisasi untuk tahun 2014 yang digunakan tahun 2015, sedangkan tahun 2015 s.d 2016 ini sudah tidak ada lagi dana Revitalisasi.

Upaya yang dilakukan oleh para kader agar target mencapai 100 % merupakan jiwa sosial yang tidak ternilai, dari mulai pemberitahuan terhadap warga sampai penyiapan snack dan doorprize.

 Antusias warga di RW 26 pun sangat merespon dengan pelaksanaan PIN ini, karena disamping snack yang diberikan kepada balita setelah diteteskan vaksin polio, masih ada lagi pemberian Doorprize melalui pengocokan untuk balita yang datang di Pos PIN Posyandu Tulip 2, dimana dana doorprize ini dibeli dari hasil pengumpulan uang kencleng masyarakat yang datang ke pos PIN. Doorprize yang diberikan oleh Posyandu Tulip 2 berupa 1 set alat makan dan minum. Dengan adanya pemberian doorprize balita sangat bersemangat untuk cepat cepat datang ke Pos PIN.

Target dari 90 Balita teryata melebih sasaran hingga mencapai 97 Balita yang datang di Pos PIN Posyandu Tulip 2 di  RW.26

Kader sedang memberikan vaksin kepada balita di Pos PIN Melur 1, Margahayu Bekasi

Margahayu Bekasi, dikarenakan adanya tambahan tamu yang datang untuk vaksin. Posyandu ini yang tadinya di bawah pohon asem, sekarang menumpang di halaman rumah warga, karena perdulinya warga dan pengurus akan pentingnya kesehatan. Lain lagi di Pos PIN Posyandu Tulip 1,target dari 97 Balita yang baru datang di Pos PIN hanya 90, untuk menarik para balita setelah diteteskan vaksin polio, kader memberikan  snack dan balon kepada balita, pemberian balon sesuai warna yang disukai oleh anak.

kakek sedang menunggu giliran untuk cucunya di Imunisasi lokasi di Posyandu Melur 1, Margahayu, Bekasi

Peran Kakek dan nenek sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan PIN maret 2016 ini di Pos PIN Melur 1 dan pos PIN Melur 2 yang terletak di RW 16 Margahayu  Bekasi, dimana 90 % dari jumlah 82 balita dan 58 balita  yang mengatar ke Pos PIN adalah nenek dan kakeknya, Ketua Posyandu Melur 2 Dewi Saptaningrum mengatakan “ sebagian besar yang membawa balita ke Pos PIN maupun Posyandu dari kakek dan Neneknya Balita, karena para Orang Tua nya adalah bekerja.”

 “Yang tidak hadir ke Pos PIN ini hanya sebagian kecil dari 58 balita 3 yang tidak datang, dari 3 balita ini juga termasuk yang gizinya dibawah garis kuning, dengan alasan anaknya masih panas, ucapnya.

Sukses PIN Maret 2016 target 99 % di Margahayu Bekasi Timur   Pr, Dw-Humas