Peresmian Gedung Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar

Dipublikasikan Pada : Kamis, 19 Maret 2015, Dibaca : 2183 Kali  

bktm1

Kunjungan Menteri Kesehatan Prof. DR. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M(K) yang dirangkaikan dengan acara peresmian gedung baru Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar (10/03/2015). Menteri Kesehatan disambut oleh kepala BKTM Makassar dr. Anna khuzaimah, M.Kes dan  Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional Alternatif dan Komplementer dr. H. R. Dedi Kuswenda, M.Kes beserta seluruh Staf BKTM Makassar dengan tari Paduppa (tari penyambutan tamu adat sulawesi selatan) yang dilanjutkan dengan pengalungan kain sutra dan pemotongan pita oleh Menteri Kesehatan yang menandai peresmian gedung baru BKTM Makassar secara simbolis. BKTM Makassar yang terbentuk sejak Tahun 2008 merupakan pusat pengembangan pelayanan kesehatan tradisional di wilayah Indonesia Timur yang melaksanakan pengembangan, penerapan model dan metode  pelayanan kesehatan tradisional dalam Pelayanan Konsultasi Gizi dan Pangan Fungsional, Pelayanan Akupunktur, Pelayanan Akupresur, Pelayanan Pijat Bayi/Balita, Pelayanan Ramuan, Pelayanan Wellness  SPA, dan Pelayanan SPA Bayi/Balita. Pada kunjungan ini Menteri Kesehatan berkesempatan meninjau masing-masing ruangan di 3 (tiga) gedung untuk melihat langsung proses pelayanan kesehatan tradisional yang ada di BKTM Makassar, gedung yang ditinjau tersebut :
a.  Gedung Meridian
Lantai I : Poli Umum, Laboratorium, Ruang Pelayanan Akupresur, Ruang Pelayanan Akupunktur, Ruang Pelayanan Ramuan, Griya Jamu dan Ruang Konsultasi Gizi.
Lantai II : Ruang Kepala, Ruang Tata Usaha, Ruang Kepegawaian, Ruang Administrasi Umum dan Aula.
b.   Gedung Jasmine
Lantai I : Ruang Konsultasi SPA, Ruang SPA Bayi/Balita dan ruang SPA Pria
Lantai II : Ruang SPA Wanita, Ruang Senam Ibu Hamil, Ruang Hair SPA
c.  Gedung Cinnamon
Lantai I : Ruang pengolahan Pangan Fungsional, Ruang Instalasi Kemitraan dan Fasilitasi penapisan, Ruang Instalasi Model pelayanan, Ruang Unit Pengadaan dan Ruang pertemuan.
Lantai II : Ruang Pasca Panen, Ruang Penyimpanan Ramuan dan Ruang pengolahan sediaan Non Steril.
Lantai III : Ruang pasca panen (pengeringan Ramuan).

bktm2

bktm3

             

bktm4

bktm5

               

bktm6

bktm7

              Sebelum mengakhiri kunjungannya,  Menteri Kesehatan menyampaikan harapan yang sangat besar untuk pengembangan BKTM Makassar kedepannya dan agar pelayanan kesehatan tradisional yang ilmiah seperti yang dilaksanakan di BKTM Makassar dapat terus dikembangkan di seluruh Indonesia (chaerunnisa).