PASAR SEHAT TIDORE

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Maret 2017, Dibaca : 401 Kali  

Peserta Pelatihan

 

Pelatihan Pembersihan Pasar dan Radioland Pasar Sehat yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Restoran Seroja Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 20-24 Februari 2017, dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore yang diwakili oleh Asma Sulaiman, SKM (Kabid Kesmas Dinas kesehatan Kota Tidore Kepulauan). Peserta pada Pelatihan ini adalah perwakilan dari Dinas Perdagangan Kota Tidore, Kepala dan para staf di UPTD Pasar Kota Tidore dan semua Sanitarian Puskesmas se Kota Tidore.

 

Pelatihan Pembersihan Pasar dan Radioland Pasar Sehat ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan Pengembangan Pasar Sehat pada para pemangku kepentingan di Kota Tidore terutama yang terkait dengan Pasar Rakyat sebagai upaya mendukung terwujudnya Pasar Sehat SehatPercontohan di Kota Tidore.

 

Output yang diharapkan dapat diperoleh yaitu sumber daya manusia yang dapat menerapkan aspek-aspek perubahan perilaku higiene dan sanitasi di pasar serta mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta kepedulian komunitas pasar dalam mengurangi resiko dari food borne diseases, water borne diseases, dan vector related borne diseases dalam upaya mewujudkan pembangunan pasar sehat melalui keterampilan dalam penyuluhan melalui media Radioland dan juga keterampilan dalam teknik membersihkan pasar dengan menggunakan peralatan mesin pembersih pasar.

 

Kegiatan Pelatihan di Narasumberi oleh pemateri dari Koordinator Advokasi dan Jaringan_JRKI/ Jaringan Radio Komunitas Indonesia (Bapak Iman Abdurrakhman)  dan Fungsional  Direktorat.Kesling Ditjen Kesmas Kemenkes RI (Ibu Dewi Marlina SKM.MKM), serta  Dinkes Provinsi Maluku Utara Bapak Aspar Abdul Gani, SKM (selaku MOT).

 

Di akhir pelatihan, peserta melaksanakan praktek lapangan dari semua materi yang di peroleh dari para narasumber. Praktek dilaksanakan di Pasar Sarimalahe yaitu pasar rakyat di Kota Tidore yang telah disepakati oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk menjadi Pasar Percontohan Pasar Sehat.

 

Penyelenggaraan pasar sehat merupakan pendekatan dari suatu proses yang menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan pasar yang sehat, aman dan nyaman dengan cara memberdayakan mereka agar cepat saling mendukung dalam menerapkan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Tahun 2016 yang lalu Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat , memberikan satu unit alat Radioland dan satu unit alat untuk pembersihan Pasar ke 10 (sepuluh) Pasar Rakyat terpilih melalui dana Dekonsentrasi, dengan target setiap provinsi terdapat satu Pasar Sehat Percontohan yaitu Sumbar, Lampung, Babel, Kaltim, Jateng, Jatim, Sulsel, Bali, Gorontalo, termasuk juga Maluku Utara tepatnya Pemerintah Kota Tidore dalam rangka mendukung program Pasar Sehat di Indonesia.

 

Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut maka pemerintah Kota Tidore sangat berterimakasih dengan adanya peralatan tersebut kemudian mengalokasikan Dana APBD di tahun 2017 ini yang digunakan untuk menyelenggarakan pelatihan bagi para tenaga yang disiapkan untuk dapat memanfaatkan peralatan yang telah diberikan sehingga target terwujudnya satu pasar percontohan di Kota Tidore Kepulauan yaitu tepatnya di Pasar Sarimalaha dapat tercapai.

 

Pasar Sehat merupakan salah satu tatanan didalam pengembangan program Kab/Kota Sehat seperti yang sudah tertuang dalam peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan no 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VII/2005 tentang Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat.

 

Program Pasar Sehat telah dirintis oleh Kemenkes  sejak tahun 2008 hingga tahun 2015 pada 19 lokasi Pilot Proyek Percontohan Pasar Sehat dalam rangka mengantisipasi merebaknya KLB penyakit Flu Burung. Hal ini selaras juga dengan program pemerintah sekarang yaitu  ”Nawacita” yang terkait dengan  percepatan pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat dalam RPJMN 2015-2019, dengan target 5000 Pasar Rakyat dibangun dan direvitalisasi selama periode 2015-2019, dengan pencapaian 1000 pasar pertahun yang pelaksanaannya dilakukan secara sinergis.

 

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah berkomitmen bersama SKPD terkait untuk menjaga keberlangsungan program pasar sehat di Kota Tidore dan mendukung pelaksanaan operasional Radioland dengan menetapkan petugas yang dipandang kompeten untuk menjadi penyiar di Radioland, maupun petugas yang dipandang kompeten untuk melaksanakan pembersihan pasar di Kota Tidore.

 

Narasumber dari JRKI mengecek operasional sistem Perangkat Radioland

Petugas UPTD Pasar yang sedang dilatih dalam Teknik membersihkan Pasar di Pasar Sarimalaha

Mesin penyemprot air siap untuk digunakan dalam membersihkan pasar

 

Pada praktek lapangan untuk Radioland di Pasar, semua kelompok mempraktekkan hasil kerja kelompok dengan take voice/ di rekam suaranya, masing masing anggota memiliki peran dalam iklan tersebut, iklan layanan masyarakat ini akan di jadikan selingan dalam setiap acara dari program acara Radioland Pasar Sarimalaha Kota Tidore. Sebelum acara penutupan peserta membuat kesepakatan sebagai berikut:

  1. Mensosialisasikan pasar sehat di puskesmas, UPTD pasar, pedagang dan masyarakat.
  2. Inspeksi sanitasi dilakukan oleh puskesmas ke pasar setiap triwulan dan hasilnya disampaikankan ke dinkes dan diteruskan ke instasi terkait.
  3. Pembentukan pokja pasar sehat.
  4. Pembentukan komunitas radioland di UPTD Pasar Sarimalaha.
  5. Pengelolaan sampah pada areal pasar di Kota Tidore Kepulauan agar dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup secara baik.

(DM)