Gerakan Terminal Bersih Cegah COVID 19

Dipublikasikan Pada : Senin, 23 Maret 2020, Dibaca : 39 Kali  

Jakarta - Ditjen Kesehatan Masyarakat bersama lintas sektor melakukan Gerakan Terminal Bersih sebagai implementasi Protokol Pencegahan COVID 19 di area dan transportasi publik. Gerakan ini di laksanakan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (22/3).

 

kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan keterlibatan komunitas lingkungan terminal dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menggerakkan komponen serta pengunjung terminal untuk mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sebagai implentasi protokol pencegahan COVID 19 di area umum dan transportasi. Selain dari Ditjen Kesmas Kemenkes juga diikuti dari Dinkes DKI Jakarta, Sudinkes Jakarta Timur, Dishub DKI Jakarta, Sudinkes Jakarta Timur, UPT Terminal Kampung Rambutan, Puskesmas Ciracas, PPSU Kecamatan Rambutan, PPSU Kelurahan Rambutan, Polsek Ciracas, Petugas PO Bis, HAKLI

 

Gerakan dimulai dengan pemberian edukasi protokol COVID 19 di transportasi publik, dilanjutkan dengan melakukan pembersihan menggunakan desinfektan terhadap angkutan bis dalam dan luar kota, angkutan kota, miniarta serta area tunggu penumpang. Dalam kegiatan ini para pengemudi transportasi turut diberdayakan untuk membersihkan transportasinya masing-masing sebelum diberangkatkan.

 

Puskesmas Ciracas juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat pengguna, pengemudi, penjual di lingkungan terminal mengenai cuci tangan pakai sabun, etika batuk, jaga jarak serta ajakan untuk terus menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, banyak minum air putih hingga ajakan rajin berolahraga.

 

Diharapkan seluruh terminal khususnya Jakarta dan di Indonesia juga melakukan gerakan terminal bersih, sehingga nantinya seluruh tempat – tempat umum akan terbebas dari penularan COVID 19.

 

 “AYO CEGAH PENULARAN COVID 19, DIMULAI DARI LINGKUNGAN TERMINAL”

 

Liputan video klik di sini