HARI AIR SEDUNIA 2016

Dipublikasikan Pada : Kamis, 31 Maret 2016, Dibaca : 1335 Kali  

hari-air

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hari air sedunia selalu diperingati degan tema tertentu. Setelah pada tahun 2015 Hari Air Sedunia memilih tema "Water and Sustainable Development", maka pada tahun 2016 ini Tema Hari Air Sedunia mengusung tema "Water and Jobs". Hubungan antara air dan pekerjaan mendapat sorotan mengingat air memiliki peran penting menentukan pekerjaan yang layak terutama bagi kaum buruh yang menopang pembangunan.

Saat ini, hampir setengah dari jumlah pekerja di dunia sebesar 1,5 miliyar orang bekerja di dalam pekerjaan yang memiliki hubungannya dengan air dan hampir seluruh pekerjaan bergantung pada air. Namun, dari jutaan orang yang bekerja di dalam bidang yang memiliki kaitannya dengan air sering kali tidak mendapatkan pengakuan atau perlindungan dari hak dasar sebagai buruh. Tapi di sisi lain mereka yang bekerja pada sektor yang berkaitan dengan air atau menggantungkan pendapatannya di atas atau di dekat air pun, sering tidak memperhatikan bagaimana menjaga kebersihan dan ketersediaan air di muka bumi.

Karena itu Tema Hari Air Sedunia Tahun 2016 ini ingin menunjukkan betapa pentingnya kuantitas dan kualitas air yang cukup dapat mengubah kehidupan dan mata pencaharian pekerja, masyarakat, ekonomi, dan negara. Bahwa dengan kualitas dan kuantitas air yang lebih baik, akan terbuka jalan menuju pekerjaan yang lebih baik pula. Selain itu tema ini mengajak kita semua juga untuk lebih bijak dalam mengatur pengunaan air bersih serta mengurangi pencemaran sumber air. Mengingat, seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini semakin banyak pencemaran yang terjadi, semakin banyak kekeringan melanda, bahkan banjir bandang akibat kurangnya resapan. (AS)