Laporan Kinerja Instansi Pemerintah

Dipublikasikan Pada : Selasa, 29 Januari 2019, Dibaca : 300 Kali  

Jakrata - Program dan kegiatandi lingkunganSekretariat Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat dilaksanakan dengan mengacu pada Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019 yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.02/MENKES/52/2015. Sasaran kegiatan Sekretariat Ditjen Kesehatan Masyarakat adalah meningkatnya dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya pada program pembinaan kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan indikator kinerja yang diukur yaitu persentase realisasi kegiatan administrasi dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya program kesehatan masyarakat.

 

Laporan Kinerja ini disusun berdasarkan capaian kinerja tahun 2018 sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam dokumen Perjanjian Kinerja antara Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dan Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat.Capaian indikator kinerja Setditjen Kesehatan Masyarakat yaitu persentase realisasi kegiatan administrasi dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya program kesehatan masyarakat adalah sebesar 92,28% (target 93%). Pencapaian indikator ini didukung anggaran dengan pagu sebesar Rp 113.197.310.000

 

Permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran pada tahun 2018 adalah adanya efisiensi anggaran dan dana hibah langsung yang mempengaruhi pagu dan realisasi anggaran. Selain itu ada sisa anggaran yang tidak dapat digunakan terkait belanja pegawai (tunjangan kinerja) karena menunggu perpres sehingga realisasi mengalami perubahan yang cukup signifikan.

 

Dalam rangka perbaikan program dan anggaran di tahun 2018 dilakukan bimbingan teknis terpadu di 34 provinsi, 68 kabupaten/kota dan 60 puskesmas yang dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu bulan Februari dan Oktober 2018.

 

Dalam rangka perbaikan di tahun mendatang perlu dilakukan penguatan pendampingan program dan anggaran secara berkala di lingkup Ditjen Kesehatan Masyarakat untuk itu koordinasi lintas program perlu ditingkatkandalam penyelenggaraan kegiatan yang mendukung capaian indikator kinerja.