Lokakarya Rapat Kerja Nasional HAKLI 2016

Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 April 2016, Dibaca : 1528 Kali  

IMG-20160420-WA0000

Bertempat di Hotel Mercure Harvestland Kuta, Bali berlangsung Lokakarya Rapat Kerja Nasional HAKLI 2016 pada 13-15 April 2016 lalu. Lokakarya tersebut dihadiri peserta yang berasal dari Kemenkes, Kemendagri, KemenPAN-RB, Dinkes Provinsi dan Kab/Kota, Rumah Sakit, Fungsional Sanitarian, Mahasiswa jurusan kesehatan lingkungan dari berbagai perguruan tinggi serta  Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan  Indonesia (HAKLI) sendiri. Mengambil tema “Melalui Rakerkesnas 2016 HAKLI bertekad memperkuat peran aktif sanitarian dalam pembangunan kesehatan melalui upaya promotif dan preventif kesehatan lingkungan guna mencapai masyarakat Indonesia yang sehat, mandiri, dan berkeadilan”, lokakarya tersebut dibuka secara langsung oleh Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, Sp. M. (K).

IMG-20160420-WA0003

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapannya agar seluruh anggota HAKLI dapat memberikan pemikiran dan karya nyata sesuai dengan profesionalismenya dalam mencari dan mengembangkan kegiatan-kegiatan inovatif untuk menekan jumlah kematian ibu di wilayah kerjanya masing-masing. Begitu juga  seluruh pemangku kepentingan di pusat dan daerah diharapkan dapat menyusun program yang lebih tepat sasaran guna meningkatkan status gizi balita yang lebih baik.

Lokakarya tersebut pun menjadi kesempatan untuk beliau mendorong secara langsung pemerintah daerah untuk mengembalikan fungsi sanitarian kepada fungsinya, serta mendorong HAKLI untuk melakukan pemetaan distribusi sanitarian dan penempatannya dimana pemenuhan SDM sanitarian tetap dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Selain itu beliau juga mendorong pihak profesi HAKLI baik di Pusat maupun di daerah untuk memberikan kontribusinya baik dalam proses peningkatan kapasitas sanitarian sebelum mereka bertugas maupun setelah mereka bertugas sehingga ini bisa menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan SDM bagi daerah di puskesmas yang belum mempunyai sanitarian. Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya kepada HAKLI. “Semoga upaya kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya senantiasa mendapat bimbingan dari Tuhan YME”, ungkapnya. (AS)