Tetap Sehat di Usia Lanjut

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 11 May 2018, Dibaca : 234 Kali  

tetap sehat dan bugar di usia lanjut

PALEMBANG - Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2018 mengambil tema Lansia Sejahtera, Masyarakat Bahagia; dengan Sub Tema Bidang Kesehatan: Lansia Sehat Mandiri diwujudkan dari Keluarga Sehat.

 

Bertempat di Griya Agung Palembang, Rabu (9/5) diadakan seminar nasional kesehatan lansia yang dibuka oleh Menteri Kesehatan RI. Prof.Dr.dr. Nila F. Moeloek serta di hadiri oleh perwakilan 34 propinsi, peserta mencapai 700 orang meliputi lansia, LSM, serta lintas sektor terkait.

 

''Saat ini, Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi. Pada kelompok Lansia, Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, menunjukkan penyakit terbanyak pada Lansia adalah hipertensi (57,6%), selebihnya adalah arthritis, stroke dan beberapa penyakit lain,'' kata Menkes Nila F. Moeloek.

 

Sampai tahun 2017 terdapat 14 rumah sakit rujukan Pemerintah di 12 provinsi yang telah memiliki pelayanan geriatri dengan tim terpadu. Demikian pula dengan Puskesmas, ada 3.645 Puskesmas (37%) yang telah menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang Santun Lansia, serta sudah mempunyai 80.353 Posyandu Lansia/Posbindu.

 

Secara alami proses menjadi tua mengakibatkan lansia mengalami kemunduran fisik dan mental, maka itu pencegahan menjadi hal yang utama. Sehingga masalah kesehatan menjadi hal yang sangat mendasar bagi para lansia tersebut melalui peningkatan upaya promotif dan prefentif. Hal ini bertujuan mempertahankan kondisi sehat dan kualitas hidupnya selama mungkin.

 

Peringatan HLUN ke 23 ini tentu merupakan momen untuk lebih menguatkan komitmen, meningkatkan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan serta menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat (GERMAS). (hs)