TOT Pemanfaatan TOGA Untuk Asuhan Mandiri

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 16 May 2014, Dibaca : 1599 Kali  

kestrad1

Senandungriang para peserta Training of Trainer (TOT) Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) untuk asuhan mandiri (selfcare).  Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 22-28 April 2014 di Hotel Ibis Slipi, Jakarta dan diselenggarakan oleh Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer.

Peserta pelatihan ini berasal dari 11 Provinsi yaitu Sumatera Utara, Kepri, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, DIY, Jawa Tengah, Bali, dan NTB. Pelatihan ini mencakup materi sebanyak 59 JPL diantaranya materi kebijakan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Kebijakan Pengembangan Tanaman Obat Kementan, Pengenalan TOGA, Pemanfaataan TOGA, Asuhan Mandiri kesehatan Tradisional Ramuan, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemanfaaatan TOGA Untuk Asuhan Mandiri, Manajemen Program Yankestrad di Puskesmas dan teknik fasilitasi.

kestard2

Peserta praktek lapangan dengan mengunjungi Balai Penelitian Rempah dan Tanaman Obat (Balittro) Bogor. Peserta melihat teknis penyarian minyak atsiri dari tanamanobat yang dilakukan di Balittro dan belajar mengenal morfologi tanaman obat yang ada di Balittro.