600 LANSIA RAMAIKAN KAMPANYE KESEHATAN LANSIA

Dipublikasikan Pada : Selasa, 31 May 2016, Dibaca : 1339 Kali  

Para peserta semangat mengikuti Senam Sehat Bugar dan Senam Vitalitas Otak

Peringatan Hari Lansia Nasional (HLUN) tahun 2016 sudah mulai terasa. Dimulai dengan diselenggarakannya Kampanye Kesehatan Lansia di acara Car Free Day. Digelar pada hari Minggu, 29 Mei 2016 lalu, sebanyak lebih dari 600 orang lansia berkumpul di Car Free Day Sudirman, Jakarta Pusat tempat dilaksanakannya Kampanye ini. Serangkaian kegiatan dilakukan sejak pukul 06.00 WIB, diantaranya Senam Sehat Bugar, Senam Vitalitas Otak, Fun Walk, Pemeriksaan kesehatan dan hiburan-hiburan lainnya. Peserta yang berasal dari Organisasi Masyarakat Pemerhati Lansia, Posyandu binaan Puskesmas di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta ini begitu antusias dan bersemangat mengikuti setiap rangkaian acara Kampanye ini.

Fun Walk dibuka oleh Sesjen Kemenkes RI dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes

Acara berlangsung meriah ketika para lansia mengikuti Fun Walk dengan disertai yel-yel dari masing-masing kelompok dan dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes. Direktorat Kesehatan Keluarga yang merupakan penyelenggara kegiatan Kampanye ini juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah mengikuti Fun Walk dengan memberikan hadiah bagi kelompok yang paling bersemangat dan kompak. Paguyuban Werdatama Jaya keluar sebagai Juara 1 kelompok Fun Walk. Selain itu para peserta Lansia juga dapat memeriksakan kesehatan seperti pemeriksaan tanda vital seperti tekanan darah, berat badan dan nadi, deteksi Demensia, deteksi Alzheimer, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Semangat yang terlihat dari wajah para Peserta seolah tidak pernah lelah menunjukkan bahwa mereka adalah para Lansia yang sehat dan aktif.

Pemeriksaan kesehatan usai Fun Walk

HLUN tahun 2016 ini mengusung tema Lansia Sehat, Lansia Aktif dan Produktif. Dengan tema ini para Lansia diajak untuk menjaga kesehatannya agar dapat hidup lebih mandiri dan produktif di usia senja. Lansia bukanlah sekumpulan masyarakat yang tidak berdaya dan lemah, tetapi Lansia juga adalah subyek bagi pembangunan kesehatan. Oleh karena itu, kesejateraan dan kesehatannya sangat penting untuk diupayakan. Lansia diharapkan dapat hidup sehat, mandiri dan produktif sehingga di masa tuanya tidak menjadi beban bagi keluarga. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah aktif mengikuti binaan yang ada dilingkungan sekitar mereka, misalnya Posyandu Lansia oleh Puskesmas, maupun Organisasi masyarakat peduli Lansia.

Kampanye ini tidak hanya memotivasi para Lansia untuk bergerak mewujudkan kesehatannya, tetapi juga mengingatkan para generasi muda untuk menjaga kesehatan sedari dini hingga masa tuanya tiba, sehingga nantinya menjadi Lansia yang tetap sehat, aktif dan produktif.

Kegiatan untuk memperingati HLUN 2016 ini tidak berhenti di Kampanye ini saja, tetapi akan ada Peluncuran Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia tahun 2016-2019 yang akan diikuti dengan pencanangan Kabupaten Bogor sebagai pilot project pelaksanaan RAN Kesehatan Lansia pada tanggal 1 Juni 2016, disusul dengan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Lansia berkoordinasi bersama Kementerian Sosial yang diselenggarakan di Bekasi sekaligus pelaksanaan acara puncak Peringatan HLUN 2016 tanggal 3 Juni 2016.

Semangat para peserta mengikuti Fun Walk