Kwarnas Gerakan Pramuka Canangkan Gerakan Aksi untuk Lingkungan (GAUL)

Dipublikasikan Pada : Kamis, 02 Juni 2016, Dibaca : 1211 Kali  

IMG-20160610-WA0010

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mencanangkan program Gerakan Aksi untuk Lingkungan (GAUL) secara serentak di seluruh daerah di Indonesia untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Dunia pada 5 Juni dan Jambore Nasional X pada 14-21 Agustus. Kegiatan Gaul yang diadakan di Pantai Impian Jaya Ancol pada Minggu pagi (29/5/16) merupakan bukti kepedulian dan sumbangsih Pramuka terhadap pelestarian alam. Dihadiri peserta lebih dari 300 dari Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina, yang berasal dari seluruh Kwartir Cabang yang ada di Kwartir Daerah DKI Jakarta, kegiatan ini juga dihadiri tokoh-tokoh penting seperti Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Adhyaksa Dault, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Ketua Panitia Gaul bersama Pramuka, Olivia Zaliyanti, yang merupakan seorang artis, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 pagi dengan membersihkan Pantai Ancol dan dilanjutkan dengan jalan sehat. Para peserta dihimbau untuk tidak membawa air mineral dalam kemasan plastik. Sebagai gantinya panitia menyediakan botol air minum ramah lingkungan yang dapat diisi ulang. Setelah melakukan bersih-bersih para peserta dihibur oleh Kuburan Band dan T-Koes Band. Selain itu ditampilkan juga atraksi Pencak Silat dari KPS Nusantara Sukabumi yang khusus datang dari Sukabumi dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengda KPS Nusantara, Pendekar Sigit Agus Hadi Saputro.

Dalam wawancara dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, beliau menegaskan, agar anggota pramuka dari seluruh Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dapat bersikap aktif mendukung program Gaul ini. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Gaul bersama Pramuka, Olivia Zaliyanti. Olivia mengatakan, mencintai lingkungan harus dimulai pada usia sedini mungkin. Supaya ketika dewasa bisa semakin memahami arti penting tentang lingkungan yang bersih. Olivia juga berharap, kegiatan Gaul ini dapat membangun kesadaran terhadap pentingnya pelestarian alam."Manusia hidup berdampingan dengan alam, sehingga harus terus memelihara kelestarian alam," tambahnya.

IMG-20160610-WA0013

Gerakan Gaul Bersama Pramuka di Ancol ini baru awal p‎encanangannya saja. Kedepan Gerakan Pramuka punya komitmen untuk menjalankan program ini selama 1 tahun dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya ada Gaul Udara, Gaul Wisata, ‎Gaul Ilmu, Gaul Lintas, Gaul Darat, Gaul Info dan lain-lain. (AS)