Marhaban Ya, Ramadhan.....

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 04 Juni 2016, Dibaca : 1308 Kali  

JAKARTA---Ramadhan sudah di depan mata. Dalam hitungan hari, umat Islam kembali menunaikan kewajiban ibadah puasa. “Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Ramadhan Bulan Suci yang penuh berkah, mungkin kata ini menjadi penyemangat dalam penyambutannnya. Beragam cara menyambut datangnya bulan puasa salah satunya adalah dengan menyelenggarakan munggahan.

IMG_1050

“Asal kata munggah secara etimologi berasal dari bahasa daerah, yaitu unggah yang artinya naik atau memasuki tempat lebih tinggi” ujar dr. Kuwat Sri Hudoyo, MS, Sesditjen Kesehatan Masyarakat, dihadapan seluruh pegawai di lingkungan Setditjen Kesmas ketika memberi arahan pada acara munggahan menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang diselenggarakan di lingkungan Sekretariat Ditjen Kesehatan Masyarakat, pada Jumat’ (3/6) siang.

 Kata munggah atau munggahan bagi umat Islam Indonesia selalu dikaitkan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, meskipun sesungguhnya munggahan bukan bagian dari ritual agama tetapi hanya tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun. Pengertian munggah dalam menyambut Ramadhan, yaitu untuk memasuki bulan yang lebih tinggi derajatnya, bulan penuh berkah dan ampunan, segala pahala akan dilipat gandakan serta terdapat malam seribu bulan,”Laillatul qadar” di dalamnya.

IMG_1088

Sejatinya, kata  dr.Kuwat,  kita harus membersihkan diri baik secara jasmani maupun rohani sebelum Ramadhan tiba, untuk itu dengan cara saling bermaaf-maafan menjadi makna penting dalam penyelenggaraan acara munggahan ini.

 Hal lain yang disampaikan dr.Kuwat di sela-sela wejangannya, mengharapkan kepada semua pegawai, dengan datangnya bulan suci ramadhan bukan berarti mematikan semangat kerja, tetapi seharusnya malah makin berkobar.

 “Di bulan puasa ini, orang tidur saja mendapat pahala, apalagi kalau kita isi dengan bekerja.”, pungkas dr.Kuwat menutup arahannya. -(fey)-