Dukungan Ditjen Kesmas Dalam Meraih Opini WTP

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 04 Juni 2016, Dibaca : 1471 Kali  

BEKASI—Dari pertemuan Orientasi Penyusunan Laporan Keuangan berbasis Akrual yang diselenggarakan Bagian Keuangan, Setditjen Kesmas di Horizon, Bekasi, pada Rabu (1/6) lalu, terungkap bahwa tahun ini untuk ketigakalinya Kementerian Kesehatan meraih kembali opini WTP atas laporan dari BPK.

Sesditejn Kesmas, didampingi Kepala Bagian Keuangan dan Kepala Bagian Hukormas

Untuk mempertahankan kualitas laporan keuangan dengan opini WTP, Ditjen Kesehatan Masyarakat telah melaksanakan Orientasi Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual untuk Petugas SAIBA dan Petugas SIMAK BMN dari 34 Satker Dekonsentrasi, 3 Satker Kantor Daerah (UPT) dan 6 Satker Kantor Pusat.

Para peserta pertemuan laporan Keuangan di Bekasi, Rabu (1/6) lalu

Tahun 2015 merupakan tahun pertama penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Dimana dalam penyusunannya  dirasakan lebih rumit dan memakan waktu lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan pelaporan keuangan berbasis kas, hal ini dirasakan baik ol(Bagian-Keuangan)eh tingkat Satker (Unit Akuntansi  Kuasa Pengguna Anggaran), tingkat Eselon I (Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Eselon 1) maupun tingkat kementerian (Unit Akuntansi Pengguna Anggaran).

Harapanya, pada penyusunan laporan keuangan semester I tahun 2016 mendatang akan terus semakin baik. Seluruh Satuan Kerja memiliki semangat yang sama dalam  mengelola anggaran dengan benar sesuai ketentuan, sehingga optimisme peraihan WTP 2016 tercipta. -(Bag.Keuangan)-