Terminal Sehat ada di Kota Surakarta

Dipublikasikan Pada : Selasa, 04 Juni 2019, Dibaca : 265 Kali  

Surakarta - Terminal sebagai salah satu tempat berkumpul dan bertemunya banyak orang merupakan tempat yang harus dikelola dengan baik agar terhindar dari risiko penularan penyakit bagi para penggunanya baik petugas, pengemudi, penumpang, pedagang dan pengunjung terminal.

 

Para penumpang yang dalam kondisi sehat harus dijaga agar jangan sampai mengalami sakit selama perjalanan sampai tiba di tempat tujuan akibat kondisi lingkungan terminal yang tidak sehat.

 

GERMAS dapat diimplementasikan di terminal sebagai bagian dari upaya mewujudkan terminal yang sehat, aman dan nyaman dengan optimalisasi pelayanan dan penggunaan fasilitas/sarana yang ada di terminal termasuk pos kesehatan untuk pelayanan kesehatan bagi penumpang maupun sopir yang mengalami gangguan kesehatan selama berada di terminal, ruang laktasi untuk mendukung proses menyusui yang nyaman bagi ibu kepada bayi atau anaknya serta sarana sanitasi yang baik dan bersih.

 

Untuk mewujudkan pangan sehat di Terminal Tirtonadi telah dilakukan Pembinaan Tempat Pengelolaan Pangan dengan melakukan Inspeksi/penilaian keamanan Pangan terhadap tempat pengelolaan pangan di Terminal, pengambilan Sampel pangan untuk dilakukan pemeriksaan pangan secara bakteriologis dan kimia serta dilakukan penyuluhan keamanan pangan bagi pedagang. Berdasarkan penilaian tersebut diatas warung/rumah makan yang memenuhi syarat diberikan stiker tanda keamanan pangan.

 

Kolaborasi dan kerjasama yang baik sekali dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah setempat serta CSR menuju terwujudnya terminal yang sehat, aman dan nyaman di Terminal Tirtonadi Solo ini. Program ini di resmikan pada Rabu (29/5).

 

“Bengawan Solo arusnya kuat, beli batik motif benang
Terminal Tirtonadi Sehat, Penumpangnyapun jadi Sehat”