Lansia Sehat, Lansia Bahagia

Dipublikasikan Pada : Kamis, 04 Juli 2019, Dibaca : 641 Kali  

Jakarta - Di Indonesia yang dimaksud dengan lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas. lansia adalah bagian siklus hidup manusia yang hampir pasti dialami setiap orang, yang dapat berdaya guna bagi dirinya, keluarga dan masyarakat. Agar dapat berdaya guna Lansia harus sehat dan dipersiapkan sedini mungkin, serta berada di lingkungan yang mendukung potensi yang dimilikinya.

 

Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Dirjen kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH menjelaskan pada Program Metro TV Selamat Pagi Indonesia (2/7) untuk mencapai keadaan sehat serta bahagia , ada tips buat pra lansia dan lansia yang disebut dengan "BAHAGIA" yaitu Berat badan berlebihan dihindari, Aturlah makan dengan gizi seimbang, Hindari faktor-faktor risiko penyakit tidak menular, Agar terus berguna, lakukan kegiatan/hobi yang bermanfaat sesuai kemampuan, Gerak badan teratur wajib terus dilakukan, Iman dan takwa ditingkatkan dan kelola stress serta Awasi kesehatan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur.

 

Selain itu moment HLUN saat ini juga bisa mendorong semua sektor untuk mewujudkan Lansia yang sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif (SMART). Kegiatan untuk mewujudkan lansia SMART antara lain : Penguatan Posyandu Lansia yang sampai saat ini ada sekitar 100.470 dan Pemberdayaan lansia, ditingkat masyarakat dikembangkan program perawatan jangka panjang bagi lansia berupa penguatan keluarga, penguatan pelayanan kesehatan melalui puskesmas santun lansia serta pelayanan lansia yang komprehensif dan holistik oleh tim terpadu geriatri di Rumah Sakit.

 

Selamat Hari Lansia, mari wujudkan lansia Sehat dan berdaya, Keluarga Bahagia. (bgs)