Laporan Keuangan Yang Baik Mendukung Opini WTP

Dipublikasikan Pada : Selasa, 09 Juli 2019, Dibaca : 246 Kali  

Bekasi - Bertempat di Hotel Horison Bekasi, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan menyelenggarakan pertemuan konsolidasi, telaahan dan penyusunan Laporan Keuangan Semester I  TA.2019. Kegiatan Rekonsiliasi dan pemutahiran laporan keuangan ini dilaksankan dalam rangka meningkatkan kualitas laporan dari Satker dan menjaga kesinambungan penyusunan dan keandalan laporan keuangan serta keharusan dilakukannya e-Review oleh Inspektorat Jenderal untuk semua Satker di lingkungan Ditjen Kesehatan Masyarakat,sertamendukung target opini Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat WBK dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan sebagai bentuk pertanggung jawaban yang sesuai standar akutansi penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

 

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, dr. Eni Gustina, MPH, dalam sambutannya ditegaskan mengapresiasi kepada rekan-rekan semua atas kerjasama tim dalam penyusunan Laporan Keuangan TA 2018, sehingga Kementerian Kesehatan mendapatakan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-6 (enam) kalinya,Koordinasi dan keaktifan antara Petugas SIMAK, SAIBA dan bendaharawan terkait seluruh transaksi Keuangan dan dokumen sangat diperlukan dalam penyusunan Laporan keuangan.

 

Dr. Eni mengatakan “Tahun 2019 menjadi akhir tahun RPJMN periode ini, maka semua pihak agar bekerja maksimal sehingga pada tahun akhir pelaksanaan RPJMN 2014-2019 kiranya semua target indikator yang telah disusun tercapai bahkan melebihi target”.

 

Peserta berasal dari para Penangungg jawab SIMAK dan SAIBA yang terdiri dari kantor Pusat, daerah dan Dekosentrasi sebanyak 120 orang. Tujuan kegiatan ini untuk menjamin kebenaran dan kesesuaian data, menyamakan data realisasi anggaran pada satuan kerja serta mempercepat kesiapan dan akurasi data dalam rangka penyusunan data laporan keuangan Kantor Ditjen Kesehatan masyarakat Pusat dan Daerah , sementera output dari kegiatan ini untuk tersusunnya laporan keuangan yang akurat, akuntabel dan tepat waktu.

 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 8 s.d 13 Juli 2019 dengan menghadirkan Narasumber yang berasal dari Biro Keuangan dan BMN dan Inpektorat Jenderal Kementerian Kesehatan RI.  Kabag Keuangan dan BMN  juga berharap kepada para peserta bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan sajikanlah laporan yang sebaik mungkin guna meningkatkan prestasi di unit kerjanya disampaikan pada saat laporan panitia. (pwt)