Jangan Biarkan Anak Sendirian

Dipublikasikan Pada : Rabu, 01 Agustus 2018, Dibaca : 129 Kali  

JAKARTA - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dr. Kirana Pritasari, MQIH, dihadapan para peserta Seminar Hari Anak Nasional, menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI tentang perlunya kesadaran orangtua untuk memantau tumbuh kembang anak.

 

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Kirana Pritasari, MQIH, ketika membacakan sambutan tertulis Menkes RI pada acara Seminar Anak Nasional 2018

 

Pesan Menkes yang dibacakan oleh Dirjen Kesmas itu meminta para orang tua untuk tidak membiarkan anak sendirian akan tetapi harus selalu mendampingi dalam tumbuh kembangnya.


"Anak jangan dibiarkan tumbuh sendiri, tapi kita harus selalu mendampingi mereka," ujarnya.

 

Menkes, meminta pula para orang tua untuk menstimulasi kemampuan anak dengan hal-hal sederhana. Karena segala hal yang kita lakukan yang bisa menstimulasi anak itu akan sangat berguna bagi pertumbuhannya.

 

“Bercerita, menyapa, mengajak jalan-jalan, menonton televisi bersama adalah cara-cara stimulasi paling sederhana," tambahnya.


Ia menekankan pula agar para orang memberi perhatian lebih kepada anak melalui kasih sayang. Anak yang tidak atau kurang mendapat kasih sayang, kata Menkes, akan berpengaruh pada perilakunya. Anak akan menjadi pribadi yang pembenci dan kasar.

 

Ia pun berharap, para orang tua tidak membiarkan anak menonton televisi atau bermain gawai sendirian karena bisa menyebabkan keterlambatan bicara, anak hanya diam tidak ada interaksi.

 

Para peserta seminar Hari anak Nasional, di Aula Siwabessy, gedung Kemenkes, Jakarta, pada Selasa (31/7/2018)

 

Seminar yang diselenggarakan di aula Siwabessy, gedung Kementerian Kesehatan RI, pada Selasa (31/7/2018) itu, dihadiri oleh Para Pejabat di Lingkungan Kementerian Kesehatan, perwakilan dari Dinas Kesehatan dari 34 Provinsi, lintas sektor, para Narasumber dan para peserta seminar lainnya. -(fey)-