Serunya Merencanakan Program Kesehatan Ibu

Dipublikasikan Pada : Selasa, 12 Agustus 2014, Dibaca : 1482 Kali  

Bandung -  Pertemuan yang telah dilaksanakan tanggal 3-6 Juli 2014 dihadiri oleh 34 Propinsi ini bertujuan untuk merencanakan Program Kesehatan Ibu yang sesuai target MDGS 2015 salah satunya adalah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Peserta pusat dan  propinsi siang malam khusuk dalam mengikuti arahan dan fasilitasi dari Direktur Kesehatan Ibu. “Arah pembangunan kesehatan harus tertuju dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif,” ujar Direktur Bina Kesehatan Ibu dr. Gita Maya Koemara Sakti dalam acara pembukaan pertemuan.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi penyerapan anggaran oleh Propinsi. “Bagi Propinsi yang penyerapan anggarannya rendah bisa dialokasikan ke Propinsi lain yang lebih membutuhkan,” ujar dr. Maya. Berdasarkan laporan keuangan bulan Juni terlihat realisasi Dana Dekon Pelayanan Kesehatan Ibu secara nasional rata-rata mencapai 19.76%, dan Provinsi Sulawesi Utara meraih peringkat pertama yaitu 55.3%. Dari 33 Provinsi seluruh Indonesia, baru sekitar 48.48% provinsi yang realisasinya diatas rata-rata nasional.

Setelah empat hari pertemuan yang melelahkan, peserta propinsi dan pusat dapat menyelesaikan dokumen perencanaan Program Kesehatan Ibu  TA 2015. Diharapkan dengan adanya perencanaan yang baik di tingkat propinsi, bisa berdampak terhadap penurunan AKI.