Team Nusantara Sehat Harus Menjadi Pelopor Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Rabu, 28 Agustus 2019, Dibaca : 118 Kali  

Ciloto - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI dr. Kirana Pritasari, MQIH menghadiri penutupan pembekalan Tim Nusantara Sehat (NS) batch 13 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (27/8). Ia mengatakan peserta NS harus menjadi pelopor hidup sehat agar derajat  kesehatan masyarakat meningkat. 

 

Jumlah peserta NS batch 13 sebanyak 402 orang, yang nantinya akan ditempatkan di 70 Puskesmas di selurih Indonesia. 

 

“Nusantara Sehat harus mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat, sehingga akan terwujud deraja tkesehatan yang setinggi-tingginya,'' katanya, Selasa (27/85). 

 

dr. Kirana meyakini hal tersebut lantaran peserta NS telah diberikan pendidikan dan pelatihan serta pengembangan diri sebelum bertugas di daerah terpencil. Pelatihan itu dilakukan di BBPK selama lebih dari satu bulan. 

 

Melalui pembekalan di BBPK Ciloto, Team Nusantara Sehat diharapkan dapat menjadi wakil Pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, yang mengutamakan upaya pelayanan kesehatan promotif dan preventif dengan menggunakan pendekatan keluarga. 

 

Penyelenggaraan Program Nusantara Sehat ini memiliki tujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada pusa tkesehatan masyarakat di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan, daerah bermasalah kesehatan, dan daerah lain untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

 

Jadilah tenaga kesehatan yang kuat, loyal, berintegritas, dan dapatdiandalkan oleh masyarakat.Bekerjasamalah yang baikdengan lintas program dan lintas sektor terkait untuk menjadi tim yang solid sehingga dapat bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (hr)