Semangat Guru PAUD berperan ciptakan Generasi Unggul dan Berkualitas

Dipublikasikan Pada : Sabtu, 31 Agustus 2019, Dibaca : 349 Kali  

Jakarta - Masa depan suatu bangsa tergantung pada keberhasilan anak dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Tahun-tahun pertama kehidupan, terutama periode sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia 2 tahun merupakan periode yang sangat penting. Untuk mencapai tumbuh kembang optimal, kebutuhan dasar “asuh, asih dan asah” setiap anak harus terpenuhi.

 

Upaya penyiapan generasi berkualitas dimulai sejak persiapan menjadi calon ibu melalui mempersiapkan remaja yang sehat, memiliki status gizi yang baik dan usia cukup matang untuk memasuki suatu perkawinan. Pemenuhan gizi dan stimulai perkembangan sejak dini perlu dilakukan anak agar mencapai tumbuh kembang optimal baik fisik, mental, emosional maupun sosial. Deteksi dini adanya penyimpangan tumbuh kembang perlu dilakukan secara rutin sesuai usia untuk dapat mendeteksi adanya penyimpangan tumbuh kembang balita termasuk menindaklanjuti setiap keluhan orang tua terhadap masalah tumbuh kembang anaknya.

 

“Kalau anak-anak kita dididik dengan gembira, semangat, Insya Allah akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan membawa barokah” ujar Dirjen Kesmas saat mengahadiri acara Peringatan HUT Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) ke XIV Tahun 2019 di Pelataran Monumen Tugu Proklamasi Jakarta (30/8).

  

Lebih lanjut dr.Kirana Pritasari, MQIH mengatakan Kemenkes siap bekerjasama dengan para guru PAUD, wakil Kemenkes yang paling dekat adalah Puskesmas. Silahkan menghubungi dan bekerjasama utnuk memberikan pelayanan kepada anak-anak kita di PAUD berupa pelayanan kesehatan, pemantauan tumbuh kembang, pemantaun gizi serta memberikan informasi kesehatan bagi anak-anak.

 

Pada kesempatan ini juga ditandatangani Nota Kesepahaman antara Ditjen Kesmas Kementerian Kesehatan dengan HIMPAUDI. Tujuan Nota Kesepahaman ini  adalah untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan Program Kesehatan Anak Usia Dini dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI)guna mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, kuat dan cerdas sekaligus mendukung kesuksesan program dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia berkualitas.

 

Pada HUT kali ini, Ditjen Kesmas juga memberikan edukasi kesehatan mengenai Stunting, Penggunaan Buku KIA, Kesehatan Lingkungan, Aktivitas Fisik, Perilaku Hidup Sehat, Pemantauan Gizi serta Pemantauan Tumbuh Kembang Anak kepada guru-guru PAUD yang hadir dari seluruh Jabodetabek.

 

Semangat para guru sebagai tenaga pendidik dan kependidikan anak usia dini sangat berperan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul dan berkualitas. (bgs)