Melihat Lebih Dekat Aktivitas BKOM Bandung Bersama Tim Humas Kemenkes.

Dipublikasikan Pada : Selasa, 10 September 2019, Dibaca : 321 Kali  

Para pengelola Kehumasan di Kementerian Kesehatan RI, ketika datang berkunjung ke BKOM Bandung.

BANDUNG—Humas Ditjen Kesehatan Masyarakat mengajak pengelola kehumasan di Kementerian Kesehatan RI datang berkunjung ke Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung, pada Kamis (5/9/2019) lalu. Kegiatan yang pertamakali diselenggarakan Humas Ditjen Kesmas itu, berkaitan dengan ekspose program Kesehatan Masyarakat, dan BKOM Bandung merupakan salah satu unit pelaksana teknis yang harus pula kegiatan program di sana diperkenalkan kepada para pengelola kehumasan di Kementerian Kesehatan.

 

Seperti  arahan yang disampaikan Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, dr.Eni Gustina, MPH, yang dibacakan oleh Kepala Bagian Hukormas,  R.Bimo Satrio, SH.M.Kes, MH, pada sambutan pembukaan acara kegiatan tersebut, salah satu program unggulan dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat adalah upaya kesehatan olahraga, yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat, melalui aktivitas fisik, latihan fisik dan olahraga sebagai upaya dasar dalam meningkatkan prestasi belajar, prestasi kerja dan prestasi olahraga.

 

Pada kesempatan itu pula, Kabag Hukormas mengungkapkan, Setditjen Kesmas memberi apresiasi atas penyelenggaraan Ekspose Program Kesehatan Masyarakat tersebut sebagai bentuk sosialisasi dan publikasi mengenai kesehatan olahraga kepada seluruh Humas di unit utama Kementerian Kesehatan. Sehingga nantinya, terjadi sinergitas dalam mendukung pengembangan kesehatan olahraga di Indonesia serta memperkenalkan kegiatan UPT Kesmas (BKOM) dalam pelaksanaan kesehatan olahraga di masyarakat.

 

Lebih jauh, dalam sambutan tersebut,  salah satu tugas humas pemerintah adalah menyebarluaskan informasi dan kebijakan pemerintah sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing kepada publik, menampung dan mengolah aspirasi masyarakat, serta membangun kepercayaan publik guna menjaga citra dan reputasi pemerintah.

 

Sesditjen Kesmas, berharap, melalui kegiatan Ekspose Program Kesehatan Masyarakat ini, Humas unit utama Kemenkes dapat mendukung dan membantu mengekpose, mempublikasikan, menyosialisasikan dan mengaplikasikan kesehatan olahraga pada kegiatan di unitnya masing-masing.

 

Sementara itu, Kepala Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat(BKOM) Bandung, dr.Linda Siti Rohaeti, MKM, pada kesempatan menerima kunjungan Tim Humas, menuturkan tentang fungsi BKOM, diantaranya memberdayakan masyarakat agar mampu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan masyarakat melalui kesehatan Olahraga. Juga, lanjut dr.Linda, BKOM Bandung  menyelenggarakan pelayanan kesehatan olahraga strata dua secara menyeluruh dan terpadu. Fungsi lainnya, kata dr.Linda, memberikan bimbingan teknis secara berjenjang bidang kesehatan olahraga, mengembangkan jejaring kemitraan dan koordinasi dengan institusi terkkait dalam mengatasi masalah kesehatan olahrga, serta menyelenggarakan pelatihan teknis dan sebagai tempat pendidikan dan penelitian dan pengembangan ilmu bidang kesehatan olahraga.

 

Hal lainnya, kata dr.Linda, kegiatan yang dilakukan BKOM Bandung, diantaranya melakukan promosi kesehatan olahraga dengan pendekatan advokasi, bina suasana gerakan masyarakat. Kemudian memberikan pelayanan kesehatan olahrga secara menyeluruhdan terpadu melalui pendekatan promotive, preventif, kuratif dan rehabilitative.

 

“BKOM juga melakukan bimbingan teknis kesehatan olahraga kepada provider baik pemerintah, swata, maupun masayarakat”, imbuh dr.Linda. 

Kepala BKOM Bandung, dr.Linda Siti Roaheti, MKM ketika memberikan Cinderamata kepada Kepala Bagian Hukormas Setditjen Kesmas, R.Bimo Satrio, SH.M.Kes, MH

Sesampai di BKOM Bandung, sebanyak 45 orang lebih  peserta dalam kunjungan tersebut diajak berkeliling melihat-lihat fasilitas yag tersedia di sana. Fitnes centre yang dimiliki BKOM, menjadi perhatian khusus, karena pada saat kunjungan, di ruang itu penuh dengan pengunjung yang berasal dari warga setempat dan mahasiswa yang melakukan fitness.

 

Nampak loby bagian depan Fitness centre yang dimiliki BKOM Bandung

Fitness centre yang ada di BKOM Bandung memiliki peralatan fitness yang cukup lengkap bahkan pengunjung dan member dapat langsung melakukan konsultasi hasil exercise yang dilakukan dengan peralatan yang tersedia dengan tenaga medis kesehatan olahraga di sana.

 

Untuk dapat memanfaatkan semua fasilitas tersebut di BKOM, pengunjung hanya membayar Rp 20 ribu per hari dan untuk menjadi member hanya membayar Rp 105 ribu per bulan untuk jumlah kunjungan yang tidak terbatas.

 

"Latihan dapat dilakukan dengan benar dan tepat sesuai kebutuhan dan dapat menghasilkan bentuk tubuh yang ideal serta memenuhi standar kesehatan," pesan salah satu instruktur fitness ketika memberi arahan kepada para peserta fitness yang ramai berkunjung pada hari itu. –(Humas)--