Promosi Kesehatan Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan

Dipublikasikan Pada : Rabu, 13 September 2017, Dibaca : 78 Kali  

JAKARTA - Percepatan pembangunan kesehatan diupayakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga yang mengusung "paradigma sehat". Sehingga promotif-preventif menjadi pilar utama uapaya kesehatan kesehatan serta upaya pemberdayaan masyarakat. Program Indonesia Sehat merupakan salah satu pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan dan menjadi higlight dari beberapa prioritas nasional.

 

Promosi Kesehatan menjadi sangat penting dan menjadikannya agenda dalam perencanaan pembangunan nasional agar dapat menghasilkan kebijakan yang terpadu/berhubungan/bertaut didalam tata kelola pemerintahan yang baik, mobilisasi sosial dan memperkuat kesadaran akan kesehatan guna mengakselerasi tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

"Meningkatnya upaya promosi kesehatan menuju pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan serta merumuskan langkah konkrit, peningkatan peran pemerintah daerah, pembelajaran keberhasilan promkes serta sinkronisasi antar lembaga pendidikan menjadi tujuan Konas ke 7 ini" sambutan Dirjen Kesmas.

 

Diungkapkan pula oleh Ibu Menkes dalam menyampaikan pokok pikiran ketika pembukaan Konas bahwa Promosi Kesehatan harus menjadi arus utama dan berikan contoh yang sederhana mulai dari diri sendiri, ajak anak-anak untuk hidup sehat serta saling bekerjasama dengan semua lintas sektor dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

 

Pada pelaksanaan Konas Promkes kali ini juga ditandatangani kerjasama antara Kemenkes RI dengan mitra untuk bersama sama membangun kesehatan masyarakat. Mitra tersebut yaitu PT. Bio Farma, PT. Mayora, PT. Herbalife, PT. Bayer, PPKMI serta MPGKI. (bgs)