GERMAS PAS, Kemudahan Memilih Pangan Aman Dalam Genggaman

Dipublikasikan Pada : Rabu, 18 September 2019, Dibaca : 155 Kali  

Jakarta - Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai terobosan untuk mendukung terciptanya higiene sanitasi di Indonesia. Aplikasi Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat (GERMAS PAS) hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi tempat pengelolaan pangan yang bersertifikat laik higiene secara mudah. Aplikasi ini telah dilaunching oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 11 Februari 2019 lalu bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Kesehatan.

 

Berbagai fitur ditawarkan oleh GERMAS PAS yang dapat diakses masyarakat seperti informasi tempat makan, peta lokasi tempat makanan serta papan informasi. Seluruh tempat pengelolaan makanan yang tersedia di aplikasi ini antara lain depot air minum, jasa boga dan rumah makan/restoran yang sudah tersertifikasi laik higien sanitasi pangan oleh pemerintah daerah.

 

GERMAS PAS diharapkan dapat mendorong masyarakat sebagai konsumen, agar lebih cerdas dalam memilih pangan yang aman dan sehat sehingga risiko terjadinya penyakit bawaan pangan dan kejadian luar biasa (KLB) yang terjadi di masyarakat dapat dihindari. Selain itu dengan lahirnya GERMAS PAS dapat mendorong tempat pengelolaan pangan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pangannya. (EW)