Puskesmas kakaskasen Terapkan SIKDA Generik Online untuk Pemantauan Program Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 26 Oktober 2017, Dibaca : 83 Kali  

Dirjen Kesmas bersama Wakil Walikota Tomohon serta jajaran Puskesmas Kakaskasen

TOMOHON - Berbagai upaya dilakukan untuk memantau pencapaian program-program kesehatan.  Salah satunya dilakukan oleh Puskesmas Kakaskasen melalui aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Online.

 

Aplikasi ini kata Kepala Puskesmas Kakaskasen drg. Jeand’arc F. Karundeng, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di  Puskesmas serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data serta informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

 

‘’Lewat aplikasi ini diharapkan akan membantu kami melakukan pemantauan program – program kesehatan dan menganalisa sebagai bahan perencanaan maupun intervensi yang harus dilakukan,’’ ungkap dr drg. Jeand’arc.

 

Kota Tomohon sendiri merupakan salah satu kota di Indonesia yang menerapkan SIKDA Generik pada 7 Puskesmas yang berada di  seluruh Kota tomohon.

 

Penerapan ini mendapat apresiasi dari kemenkes RI, pada Kamis (19/10) Dirjen Kesmas bersama media nasional mengunjungi  Puskesmas Kakaskasen untuk melihat secara langsung implementasi SIKDA Generik serta pelaksanaan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluraga

 

“Salut buat pemerintah Kota Tomohon yang tetap memperhatikan berbagai aspek yang ada, salah satunya aspek kesehatan, bahkan di Kota Tomohon memiliki banyak Puskesmas, hal ini menjadi salah satu tolak ukur bahwa pemerintah Kota Tomohon sangat peduli kaitannya dengan kesehatan serta mengimplementasikan SIKDA Generik ” ujar dr. Anung.

 

Ikut hadir dalam kunjungan tersebut Direktur Kesehatan Lingkungan, Kepala Biro Komunikasi  dan Pelayanan Masyarakat,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debby Kalalo MSc, Wakil Walikota Tomohon bersama jajarannya. (bgs)