Kesepakatan Penurunan AKI Dan AKB Di Makassar

Dipublikasikan Pada : Senin, 27 Oktober 2014, Dibaca : 1580 Kali  

Makassar-- Akhir dari rangkaian pertemuan Penguatan Puskesmas Dalam Rangka Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di provinsi Sulawesi Selatan, seluruh peserta pertemuan secara bersama-bersama menandatangi kesepakatan untuk  menindaklanjuti rencana kegiatan yang telah disusunnya pada pertemuan itu.

penandatanganan oleh peserta kabupaten penandatanganan oleh peserta kabupaten

Pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Aryaduta Makassar pada 22-25/10/2014 lalu itu, dihadiri peserta dari Dinkes propinsi, Dinkes kabupaten Luwu, Jeneponto, Toraja Utara, Bulkumba, Wajo dan Gowa, serta 43 puskesmas dari masing-masing wilayah kerja Dinkes kabupaten peserta pertemuan.

Proses dalam pertemuan selain disajikan paparan tentang Penguatan Program dalam Upaya Penurunan AKI dan AKB yang disampaikan oleh masing-masing unit terkait, yaitu: Direktorat Bina Kesehatan Ibu, Direktorat Bina Kesehatan Anak, Direktorat Bina Gizi, Ditjen PPPL dan Ditjen BUK serta paparan dukungan manajamen Puskesmas dan BOK, juga Diskusi kelompok masing-masing kabupaten dan Puskesmas yang didampingi oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Pusat untuk menyusun identifikasi masalah dan rencana tindak lanjut dalam bentuk rencana aksi untuk penyelesaian masalah yang spesifik sesuai karakteristik setempat.

Keluaran yang diharapkan dari pertemuan itu adalah teridentifikasinya masalah dalam upaya penurunan AKI dan AKB, diperolehnya alternatif pemecahan masalah dalam upaya penurunan AKI dan AKB dengan menggunakan intervensi yang efektif menggunakan sumber daya daerah, serta diperolehnya rekomendasi/kesepakatan dalam upaya penurunan AKI dan AKB.

Salah satu bunyi kesepakatan yang dihasilkan dalam pertemuan itu

peserta dinkes kabupaten ketika menandatangani kesepatakan bersama peserta dinkes kabupaten ketika menandatangani kesepatakan bersama

menyebutkan, untuk rencana dua bulan ke depan dimulai bulan November hingga Desember 2014, Pusat, Provinsi dan Dinkes Kabupaten akan melakukan monitoring  dan evaluasi di Puskesmas. Dalam pelaksanaan rencana kegiatan ini, Pusat, Provinsi dan Dinkes Kabupaten akan memberikan bimbingan teknis/pembinaan kepada Puskesmas.

Untuk rencana pada tahun 2015 mendatang, peserta bersepakat untuk mensinkronkan kegiatan  dengan kegiatan yang bersumber dana APBD II, APBD I maupun dana dari Pusat (Dekon, BOK) serta sumber dana lainnya, dengan cara melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi secara berjenjang baik di Puskesmas maupun Kabupaten.

Selengkapnya bunyi Kesepakatan yang ditandatangi bersama oleh provinsi dan kabupaten pada Pertemuan Penguatan Puskesmas dalam rangka Penurunan AKI dan AKB di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Pada hari ini Sabtu,  tanggal dua puluh lima bulan Oktober tahun dua ribu empat belas kami peserta pertemuan Penguatan Puskesmas Dalam Rangka Percepatan Penurunan AKI dan AKB di 43 Puskesmas dari 6 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan menyepakati :

Peserta dari Dinkes provinsi menandatangi kesepakatan bersama di Hotel Aryaduta Makassar Peserta dari Dinkes provinsi menandatangi kesepakatan bersama di Hotel Aryaduta Makassar

Secara bersama-bersama akan menindaklanjuti rencana kegiatan yang telah kami susun mulai tanggal dua puluh dua sampai dengan dua puluh lima Oktober tahun dua ribu empat belas  sebagaimana terlampir pada kesepakatan ini sebagai berikut:

Kegiatan November sampai dengan Desember 2014

a.Puskesmas dan Dinas Kesehatan bersama-sama akan melaksanakan kegiatan sesuai dalam rencana kegiatan hasil diskusi dalam dua bulan kedepan (November – Desember 2014). b.Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten, melakukan monitoring  dan evaluasi pelaksanaan kegiatan dalam bulan November – Desember 2014, hingga tingkat Puskesmas. c.Melaporkan hasil kegiatan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan dua bulan terakhir tersebut secara berjenjang kepada Kepala Dinas Kabupaten masing-masing dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. d.Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten akan memberikan bimbingan teknis/pembinaan kepada Puskesmas dalam pelaksanaan rencana kegiatan.

Kegiatan tahun 2015:

a. Mensinkronkan kegiatan  yang telah direncanakan sesuai hasil diskusi untuk tahun 2015 dengan kegiatan yang bersumber dana APBD II, APBD I maupun dana dari Pusat (Dekon, BOK) serta sumber dana lainnya.

b.Melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi secara berjenjang pada pelaksanaan kegiatan tahun 2015 baik di Puskesmas maupun Kabupaten.

c.Melaporkan hasil kegiatan pembinaan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan sesuai hasil diskusi pada tahun 2015 kepada kepala Dinas kesehatan Kabupaten masing-masing dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kesepakatan pertemuan penguatan Puskesmas dalam rangka Percepatan Penurunan AKI dan AKB di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2014, akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab".

                                                                                               Makassar,  25  Oktober 2014

 Yang menyepakati (diwakili oleh Dinas Kesehatan) sebagai berikut:

 1.Dinkes Kabupaten Bulukumba

2.Dinkes Kabupaten Wajo

3.Dinkes Kabupaten Toraja Utara

4.Dinkes Kabupaten Luwu

5.Dinkes Kabupaten Gowa

6.Dinkes Kabupaten Jeneponto

7.Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan

 Mengetahui :

 A.n.  Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA

Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional,

Alternatif dan Komplementer,

dr. Deddy Kuswenda, M.Kes

 

 

@Humas-