Upacara HKN Emas Di Monas

Dipublikasikan Pada : Kamis, 13 November 2014, Dibaca : 1063 Kali  

Jakarta--- Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek SpM (K)

Menkes RI, ketika memberi sambutan pada upacara HKN 2014 di Monas. Menkes RI, ketika memberi sambutan pada upacara HKN 2014 di Monas.

memimpin langsung upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Emas ke-50 di Lapangan Silang Monas, Jakarta pada Rabu (12/11/2014) kemarin pagi.

Sebanyak 4.000 orang mengikuti jalannya upacara tersebut, selain peserta upacara berasal dari lintas sektor kesehatan, serperti  PMI, perwakilan Pusdokkes POLRI, BPOM, BPJS Kesehatan, perwakilan Puskes TNI, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan RS Vertikal Kemenkes RI, juga terlihat barisan seluruh pegawai dari unit Ditjen Bina Gizi dan KIA beserta unit kerja lain di Kantor Kementerian Kesehatan.

Barisan peserta upacara dari unit Ditjen Bina Gizi & KIA Barisan peserta upacara dari unit Ditjen Bina Gizi & KIA

Dalam sambutannya, Menkes menyatakan bahwa Peringatan HKN Emas tahun ini merupakan sebuah momentum yang harus kita manfaatkan untuk meningkatkan tekad dan semangat kita semua, untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

 Hari Kesehatan Nasional yang diperingati pada setiap tanggal 12 November, pada tahun ini mengambil  tema "Indonesia Cinta Sehat", dengan subtema yaitu "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku".

"Tema ini bermakna penting untuk menjadikan budaya hidup sehat sebagai dari keseharian bangsa Indonesia," ujar Menkes.

 Selepas kegiatan upacara, Menkes dan seluruh hadirin menyaksikan peragaan simulasi penanggulangan penanganan virus ebola. Peragaan penanganan virus ebola dengan mengambil latar orang yang terkena virus berada di pesawat. Digambarkan bagaimana cara melakukan penanganan.

Selain itu pada peringatan HKN kali ini, dicanangkan “Komitmen Tidak Merokok” dengan membubuhkan cap telapak tangan pada spanduk panjang yang rencananya menargetkan 10.000 cap tangan dan akan memecahkan rekor MURI di puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional pada 16 November 2014 di lapangan Silang Monas itu.

 @fey-