Penghargaan Mitra Bakti Husada

Dipublikasikan Pada : Senin, 11 November 2019, Dibaca : 140 Kali  

Serpong - Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) merupakan salah satu upaya pemerintah, masyarakat, maupun pemberi kerja dan serikat pekerja untuk menggalang dan berperan serta guna meningkatkan kepedulian dan mewujudkan upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.

 

Sasaran GP2SP ini adalah pekerja perempuan pada perusahaan sektor formal. Program dalam GP2SP adalah ASI di tempat kerja, kesehatan reproduksi, pencegahan penyakit, gizi pekerja dan pengendalian lingkungan kerja.

 

Kemenkes RI memberikan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang telah berkomitmen dan melaksanakan Program GP2SP.  Penghargaan Mitra Bakti Husada Tahun 2019 dibagi menjadi 2 kategori yaitu perusahaan dengan jumlah pekerja perempuan diatas 500 orang dan perusahaan dengan jumlah pekerja perempuan dibawah 500 orang.

 

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH didampingi Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga drg. Kartini Rustandi, M.Kes kepada :

PERUSAHAAN DENGAN JUMLAH PEKERJA PEREMPUAN > 500 ORANG

PERUSAHAAN

PROVINSI

KABUPATEN/KOTA

PT. Aneka Tuna Indonesia

Jawa Timur

Kab Pasuruan

PT. Mattel Indonesia

Jawa Barat

Kab Bekasi

PT. Riau Andalan Pulp And Paper

Riau

Kab Pelalawan

PT. Prima Sejati Sejahtera

Jawa Tengah

Kab Boyolali

PT. Kahatex

Jawa Barat

Kab Sumedang

PT. Pratama Abadi Industri

Banten

Kota Tangerang Selatan

PERUSAHAAN DENGAN JUMLAH PEKERJA PEREMPUAN < 500 ORANG

PERUSAHAAN

PROVINSI

KABUPATEN/KOTA

PT. Bumi Bangka Lestari

Kep. Bangka Belitung

Kab. Bangka Tengah

PT. Gula Putih Mataram

Lampung

Kab. Lampung Tengah

PT. Inti Indosawit Subur

Jambi

Kab. Batanghari

PT. Windu Nabatindo Lestari

Kalimantan Tengah

Kab. Kotawaringin Timur

PT. Frisian Flag Indonesia

DKI Jakarta

Kota Jakarta Timur

PT. Ekadura Indonesia

Riau

Kab Rokan Hulu

Penyerahan piagam penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, bersamaan dnegan pelaksanaan Pameran Pembangunan Kesehatan 7-9 November di ICE BSD.

 

Dengan adanya penghargaan ini diharapkan banyak perusahaan khususnya sektor formal menjadi lebih peduli dan memperhatikan kesehatan pekerja perempuan., sesuai dengan tema Peringatan HKN ke-55 Tahun 2019 adalah Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Tema ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045.(ew)