Menkes ajak hidup sehat mulai dari kita

Dipublikasikan Pada : Rabu, 14 November 2018, Dibaca : 476 Kali  

JAKARTA - Dalam sambutannya pada Hari Kesehatan Nasional Ke 54 dengan tema “Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” sejalan dengan program Gerkana Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), hal itu sejalan dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) serta Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga dengan penekanan promotif preventif.

 

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa, pelaksanaan GERMAS harus di mulai dari kita sendiri, kemudian keluarga, tatanan masyarakat akhirnya seluruh komponen bangsa. Indonesia sedang menghadapi transisi edimilogi terkait dengan penyakit. Kita menghadapi tiga beban, Beban penyakit yang di ukur tahun yang hilang akibat kematian dini telah bergeser dari penyakit menular kepada penyakit yang tidak menular penyakit jantung, Gagal ginjal, Diabetis, Kanker dan sebagainya.

 

Hasil RISKESDAS 2018 menunjukkan pembangunan kesehatan mengalami perbaikan namun juga masih ada indikator yang terus di perbaiki dan di tingkatkan. Angka stunting pada balita turun dari 37,2 % pada tahun 2013 menjadi 30,38% pada tahun 2018 ini sejalan dengan pebaikan pada indikator kesehatan ibu dan anak seperti antenatolcare seperti persalinan oleh tenaga kesehatan, perawatan ibu nifas, pelayanan kesehatan kepada bayi dan balita yang juga meningkat baik.

 

Perilaku hidup sehat di masyarakat kita masih perlu ditingkatkan khususnya perilaku makan buah dan sayur yang cukup yaitu lima (5) porsi perhari anjuran WHO baru mencapai 5% sementara perilaku aktivitas fisik juga perlu di tingkatkan, karena masih 33,5% diatas 10 tahun aktivitas fisiknya kurang. 

 

Harapan Menteri kesehatan program Gerakan Masyarakat (GERMAS) dalam pendekatan keluarga dapat diimplementasikan lebih operasional, kongkrit di tengah masyarakat, Jajaran kesehatan dan lintas sektor mempergunakan pendekatan dan informasi dan pendataan keluarga sehat menjadi dasar interfensi bak di sektor kesehatan maupun lintas sektor dalam rangka menyelesaikan permasalahan-permasalahan kesehatan secara tuntas di tingkat keluarga.

 

Dalam kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan kesehatan, seperti lembaga international, lintas sektor, dunia usaha dan swadaya masyarakat, pihak lain yang telah mendukung dan berkabolasi dengan kementerian kesehatan.(hs)