Di Puncak HKN KE 54 isi Piringku Pecahkan Rekor Dunia

Dipublikasikan Pada : Senin, 19 November 2018, Dibaca : 571 Kali  

Nampak Dirjen Kesmas turut bersama Menteri Kesehatan ketika menerima penganugerahan Rekor Muri Pada acara Puncak HKN, Minggu, (18/11/2018)

JAKARTA—Pada rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, Kementerian Kesehatan RI menggelar Acara Puncak di Lapangan Parkir Timur Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, pada Minggu (18/11/201). Pada acara itu pula, Kementerian Kesehatan RI mengajak warga untuk menyantap bersama “Isi Piringku”.

 

Porsi makanan dalam “Isi Piringku” yang dianjurkan oleh Kemenkes terdapat dua pertiga makanan yang bersumber dari karbohidrat, sepertiga lauk pauk, dua pertiga yang diisi sayur-syuran sebagai sumber vitamin dan mineral, dan ditambah lagi sepertiga buah-buahan sebagi sumber vitamin.

Lebih dari 3200 warga yang membanjiri lapangan parkir Timur Senayan turut bersama menyantap Isi piringku hingga Kemenkes dianugerahi penghargaan dari  Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ketua Muri Jaya Suprana, menilai, gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor MURI kepada Menkes. Malah kata dia, kegiatan ini telah memecahkan rekor Dunia.

 

“Gerakan makan sesuai Isi Piringku bagus sekali, maka MURI menganugerahkan piagam penghargaan Rekor Muri, malah ini menjdi Rekor Dunia karena saya belum dengar gerakan Isi Piringku di negara lain,” kata Jaya.

 

Dirjen Kesmas, dr. Kirana Pritasari, MQIH ketika memberikan laporan panitia penyelenggaraan puncak acara Hari Kesehatan Nasional 2018, di parkir Timur Senayan, Jakarta (18/11/2018)

Pada kesempatan itu, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengharapkan dengan digelarnya makan bersama yang diikuti ribuan orang ini dapat meningkatkan pemahaman tentang porsi makan yang ideal.

 

“Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu dengan isi piringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing,” kata Menkes.

 

Acara pada minggu pagi itu, kegiatan diawali dengan melakukan jalan bersama keliling stadion Gelora Bung Karno, yang dilepas oleh DirekturJenderal Kesehatan Masyarakat, dr. Kirana Pritasari, MQIH, dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh ribuan massa.

 

“HKN Tahun ini telah diawali berbagai kegiatan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat provinsi dan kabupaten/kota”, ujar dr.Kirana saat memberikan laporan panitia dihadapan Menteri Kesehatan RI di gelaran acara itu.

 

Nampak Dirjen Kesmas sesaat sebelum melepas peserta jalan sehat pada puncak acara HKN di Parkir Timur Senayan, Jakarata (18/11/2018)

Beberapa kegiatan itu, kata dr.Kirana,  diantaranya seminar, simposium, pameran kesehatan, pemberian penghargaan prestasi bidang kesehatan, berbagai pertandingan olahraga, juga hiburan serta kegiatan lain.

 

Lebih lanjut Dirjen Kesmas ungkapkan, puncak peringatan HKN tahun ini telah melibatkan seluruh keluarga besar Kementerian Kesehatan, UPT, rumah sakit vertikal, organisasi masyarakat serta keluarga besar sektor kesehatan dengan mengusung pesan penguatan germas melalui aktifitas fisik, konsumsi gizi seimbang, serta pemeriksaan kesehatan.

 

Pada kesempatan berbeda, dr. Kirana menyebut, langkah menuju sehat itu salah satunya bisa dimulai dengan Isi Piringku. “Isi piringku itu, setengahnya adalah karbohidrat dan protein, dengan takaran kurang lebih duapertiga karbohidrat san sayuran ditambah sepertiganya protein dan buah.

 

Saat ini Indonesia tengah menghadapi beban ganda masalah gizi. Di satu sisi kita menghadapi masalah gizi kurang, yang mengakibatkan stunting, dan kurus, di sisi lain kita juga dihadapkan pada masalah obesitas, kegemukan. Kemenkes terus berupaya memberikan pemahaman terkait gizi kepada masyarakat pasa setiap kesempatan, salah satunya melalui “Isi Piringku.”

 

Melalui puncak HKN ini diharapkan pemahaman masyarakat akan kesehatan bisa bertambah dan kualitas kesehatan warga Indonesia menjadi semakin baik.--(fey)-