Pelaksanaan Padat karya Tunai Desa di Desa Sanggrahan, Kabupaten Klaten

Dipublikasikan Pada : Rabu, 20 November 2019, Dibaca : 88 Kali  

Klaten - Program Padat Karya Tunai di Desa (PKTD sektor kesehatan merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan pembangunan sarana sanitasi dan cuci tangan pakai sabun. Pemberdayaan bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan risiko lingkungan dan perilaku tidak sehat dalam rangka menurunkan angka stunting.

 

Sejak Tahun 2018 dilaksanakan PKTD bidang kesehatan dengan sasaran minimal 20 Kepala Keluarga (KK) masyarakat miskin yang telah berperilaku sehat mendapatkan akses dan penigkatan kualitas sanitasi serta sarana cuci tangan pakai sabun.Kegiatan dilaksanakan pada lokasi prioritas stunting di 540 Desa pada 160 Kabupaten (capaian hasil 99,6). Kegiatan PKTD kesehatan bidang kesehatan lingkungan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat baik dalam peningkatan kualitas lingkungan maupun peningkatan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut di lokasi desa-desa lain yang belum tersentuh untuk memicu peningkatan status kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat menuju keluarga yang sejahtera dan utamanya adalah percepatan desa 100% ODF.

 

Salah satu Desa yang dikunjungi Dirjen Kesmas bersama tim adalah Desa Sanggrahan Kecamatan Prambanan yang termasuk desa lokus stunting dengan membangun 20 jamban sehat dan sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS). (HS)