Puncak HKN Ke-55, Kemenkes Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Dipublikasikan Pada : Selasa, 26 November 2019, Dibaca : 96 Kali  

Peserta Karnaval Pesta Kostum Makanan Sehat

 

Sekitar 5000 orang memadati lapangan parkir Sarinah, di Jalan Thamrin Jakarta hari Minggu lalu (24/11) dalam rangka acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019. Generasi Sehat, Indonesia Unggul menjadi tema pada HKN tahun ini dengan harapan generasi Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. Dirjen Kesehatan Masyarakat, dr Kirana Pritasari, MQIH dalam laporannya menyatakan bahwa generasi yang sehat menjadi hal yang penting untuk membawa Indonesia menjadi Negara yang unggul dalam segala bidang. “Di era industry 4.0 ini, perilaku sehat merupakan modal untuk menjadikan masyarakat yang produktif dan unggul”, tegas dr Kirana.

 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan drg. Oscar Primadi, MPH dalam sambutannya menyampaikan bahwa angka 55 pada HKN ke-55 bukan merupakan angka yang muda untuk ukuran manusia, tetapi merupakan usia yang matang. “Demikian juga dengan kesehatan, selayaknya kesehatan kita sudah dalam kondisi yang baik. Kesehatan juga harus bisa dirasakan oleh setiap individu di tanah air”, ujar drg. Oscar.

 

Indonesia mempunyai mimpi besar pada tahun 2045, yaitu menjadi 5 negara besar di dunia. Sejalan dengan hal tersebut, drg Oscar mengingatkan untuk  menyiapkan SDM yang unggul dan mampu memenangkan kompetisi dengan bangsa lain. “Kesehatan menjadi syarat utamanya. Upaya promotif dan preventif harus dikedepankan untuk mengendalikan penyakit yang ada di masyarakat”, kata drg Oscar.

Tidak hanya merayakan hari jadi Kesehatan Nasional, beragam acara dan pelayanan disuguhkan bagi para peserta acara puncak HKN ini. Diawali dengan Karnaval Pesta Kostum Makanan Sehat, senam bersama masyarakat, flashmob dance, pemeriksaan kesehatan dan permainan angklung yang dimainkan oleh 1000 orang. Acara puncak HKN berlangsung meriah. Terlebih ketika dilontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar program unggulan Kementerian Kesehatan, yang sekaligus menjadi evaluasi apakah program Kemenkes telah dikenal oleh masyarakat.

 

Melalui acara ini diharapkan masyarakat Indonesia memahami bahwa HKN adalah milik bersama, tidak hanya untuk jajaran kesehatan saja. Selain itu, acara ini menjadi momen penting sebagai upaya untuk mendorong masyarakat untuk paham akan pentingnya peran keluarga dalam mendukung perubahan gaya hidup yang tidak sehat dan melakukan deteksi dini secara teratur sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif. Karena, Sehat itu Milik Kita!