Dirjen Kesmas : Germas Harus Menjadi Sebuah Ideologi

Dipublikasikan Pada : Kamis, 21 Desember 2017, Dibaca : 464 Kali  

JAKARTA---Sosialisasi Gerakan  Masyarakat Hidup Sehat akan terus dilakukan secara berekesinambungan seperti penyelenggaraan penggalangan komitmen dari semua lintas sektor dan program untuk mendukung  gerakan Masayarkat Hidup Sehat di gedung Bappenas Jakarta, pada Rabu (21/12). Hal ini sekaligus menjadi aksi nyata dari isntruksi presiden  No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

 

Dirjen Kesmas, dr.Anung Sugihantono, M.Kes ketika menjadi pembicara kunci di acara penggalangan komitmen mendukung Germas di gedung Bappenas, Jakarta

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, dr.Anung Sugihantono, M.Kes, yang menjadi pembicara kunci dalam acara tersebut menyatakan, bahwa Germas itu pada akhirnya akan ikut dalam mengurangi beban pembiayaan akibat penyakit tidak menular.

 

“Banyaknya penyakit tidak menular sangat terkait dengan perilaku seseorang yang tidak melakukan hidup Sehat. Untuk itu, Germas, secara sistimatis digulirkan untuk mengatasi hal ini yang diharapkan akan berdampak kepada pengurangan beban pembiyayaan akibat penyakit menular”, ungkap dr. Anung.

 

Lebih jauh dr.Anung jelaskan, bahwa ciri-ciri dari sebuah gerakan masyarakat antara lain suatu kegiatan yang dilaksanakan secara kolektif, terencana dan sistematis, terorganisir dalam tatanan masyarakat. Serta akan berkelanjutan sebagai sebuah kebutuhan , yang kita sebut menjadi suatu “ideologi”. Untuk itu, kata dr.Anung, diperlukan inisiator (agent of change), promotor, fasilitator dan koordinasi secara berkelanjutan.

 

“Itulah, mengapa Gerarakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  menjadi sebuah gerakan bersama”, tandas dr.Anung.

 

Acara dialog turut diselenggarakan pada pertemuan penggalangan komitmen untuk mendukung Germas di gedung Bappenas Jakarta

Pada kesempatan yang sama,  Walikota Bogor, Bima Arya dalam menyampaikan dialognya mengatakan, pemerintah harus mengrangkul komunitas utuk ikut menggerakkan masyarakt dalam pelaksanaan Germas.

 

“Melibatkan komunitas dalam pelaksanaan Germas merupakan pengalaman kami di Kota Bogor dalam mengajak masyarakat untuk berperilaku hidup sehat”, jelas Bima Arya. (Bgs).