Sudah Siapkah untuk liburan pajang.????

Dipublikasikan Pada : Kamis, 31 Desember 2015, Dibaca : 1498 Kali  

Tidak disangkal lagi bahwa libur dari kegiatan rutinitas adalah merupakan yang menyenangkan apalagi jika waktu libur tersebut dapat dinikmati secara penuh tanpa ada gangguan baik dari diri sendiri, lingkungan termasuk dari pekerjaan. Beberapa potensi kejadian yang tidak di Inginkan setiap liburan panjang dan dilaksanakan secara bersamaa sama seperti pada malam pergantian tahun ataupun libur dengan waktu bersamaan dengan waktu libur perayaan agama dan hari nasional nasional yang menyebabkan waktu libur lebih panjang. Adapun potensi tersebut yang bisa menjadi bencana seperti Kebakaran, peledakan, perampokan, kecelakaan dan lain lain.

Untuk menghindari potensi kejadian atau masalah tersebut diperlukan perhatian dari beberapa aspek sebelum liburan yaitu:

1. Sebagai pekerja atau pun karyawan.

Pastikan semua kegiatan telah berhenti secara sempurna termasuk penggunaan komputer, stop contak listrik yang masih off, berkas surat surat telah ditempatkan di lemari kabinet secera benar dan tertutup rapat termasuk brankas tertutup dengan sempurna

2. Sebagai individu dirumah tangga.

Jika ada rencana berlibur di luar kota maka persiapan tidak jauh dengan persiapan sebagai karyawan dengan penambahan perhatian untuk kesiapan fisik, materi dan kendaraan yang akan digunakan pada saat liburan.

Permasalahan yang sering terjadi pada saat liburan selain dari kebakaran, perampokan tapi juga permasalahan lain yakni Ikan peliharaan yang terbengkalai, taman bunga yang tidak terurus, penggunaan air yang tidak terkendali karena lupa menutup keran, termasuk penggunaan listrik yang berlebihan. Agar liburan dapat dinikmati secara penuh maka diperlukan persiapan secara baik yakni; pastikan listrik dalam keadaan off, aliran air kran dimatikan, makanan hewan ternak tersedia secara penuh, taman pastikan ada yang mengurus selama liburan dan lapor kepada RT setempat untuk mendapat perhatian pengelola keamanan jika sesuatu hal terjadi di rumah.

Persiapan liburan lain

    -  Pastikan tempat liburan telah di book dan akan menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman.

    -  Pastikan persiapan tempat liburan sesuai dengan barang bawaan seperti jaket hujan, dingin sepatu, kaca mata dll

    -  Pastikan kendaraan yang digunakan keadaan baik dan aman sesuai dengan kondisi tempat tujuan liburan.

    -  Bawa uang secukupnya sesuai dengan perencanaan keuangan saat liburan.

    -  Bawa obat obatan dan peralatan P3K yang sesuai dengan kondisi diri sendiri dan tempat tujuan.

Demikin persiapan yang ditanya pada diri sendir pada saat akan masuk masa liburan semoga bermanfaat  (Syahrul)