Presiden Minta Tetap Fokus dalam Upaya Penurunan Stunting

Dipublikasikan Pada : Kamis, 06 Agustus 2020, Dibaca : 17 Kali

Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk fokus kepada sepuluh provinsi dalam upaya penurunan angka prevalensi stunting yang menjadi salah satu program di bidang sumber daya manusia. Upaya tersebut harus tetap berjalan di tengah upaya pengendalian Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini.

 

Kesepuluh provinsi yang menjadi perhatian utama tersebut ialah provinsi dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

 

Ada 4 arahan yang disampikan Presiden yaitu : focus pada 10 provinsi, memastikan pe

Selengkapnya

Penyerahan Sarana CTPS di Pesantren

Dipublikasikan Pada : Senin, 03 Agustus 2020, Dibaca : 16 Kali

Banten - Pesantren merupakan tatanan/lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia berjumlah 27.722 peesantren dengan santri sebanyak 4.174.146 orang (Pangkalan Data Pondok Pesantren Kementerian Agama, 2020). Di antara pesantren tersebut, tentunya juga berada pada kabupaten/kota zona merah. Oleh karena itu, pesantren merupakan tempat berisiko terjadinya penularan COVID-19, dikarenakan tempat berkumpul banyak santri dan  melakukan berbagai aktivitas secara bersama-sama. Dengan kondisi seperti ini, sangat penting adanya komitmen dari pimpinan pesantren serta melibatkan secara aktif seluruh santri untuk melakukan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

 

Perlu upaya untuk peningkatan peran

Selengkapnya

Kesmas Gencar Melakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 30 Juli 2020, Dibaca : 12 Kali

Jakarta - Mengantisipasi arus mudik Lebaran ldul Adha 2020 pada masa Pandemi COVI0-19, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ditjen Kesmas  melakukan pemantuan arus mudik pada rest area jalan tol, Terminal dan Pelabuhan Laut dan udara di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.  Hal ini dilakukan sebagai persiapan dan antisipasi terutama pada jalur mudik lebaran dan pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang sesuai protokol kesehatan.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli s.d 2 Agustus yaitu mengedukasi para pemudik, pengelola dan penjaja makanan untuk melaksanakan protokol kesehatan, melakukan kegiatan pemasangan dan penyebaran, media komunikasi inform

Selengkapnya

Kemenkes Raih Anugerah KPAI

Dipublikasikan Pada : Kamis, 23 Juli 2020, Dibaca : 15 Kali

Jakarta - Atas komitmennya dalam penyelenggaraan perlindungan anak dan melaporkan capaian berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi dan Pelaporan (SIMEP), Kementerian Kesehatan menerima penghargaan kategori Kementerian/Lembaga dalam Anugerah dan penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) 2020. Penghargaan diserahkan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati kepada Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH di Jakarta, Rabu  (22/7).

 

Selain Kemenkes, anugerah dan penghargaan KPAI 2020 juga diberikan kepada Kementerian Agama, Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Hadir dalam giat ini, Menteri Koordinator bidang

Selengkapnya

Thermal Gun Tidak Merusak Otak

Dipublikasikan Pada : Senin, 20 Juli 2020, Dibaca : 108 Kali

Jakarta - Baru-baru ini beredar informasi bahwa thermal gun dapat merusak otak. Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 dr. Achmad Yurianto menepis hal tersebut, ia mengatakan thermal gun tidak berpengaruh terhadap otak.

 
Secara ilmiah, kata dr. Achmad, berbagai ahli mengatakan bahwa informasi thermal gun dapat merusak otak tidak benar. Thermal gun hanya mengukur suhu tubuh dengan paparan sinar infra merah.
 
''Tidak menggunakan sinar laser, radioaktif semacam X-ray, hanya (menggunakan) infra red. Berbagai informasi mengatakan thermal gun merusak otak ini adalah statement yang salah,'' katanya di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (20/7).
 
Ia menekankan masyarakat jangan terpengaruh bahwa thermal
Selengkapnya

Sekjen Minta Saka Bakti Husada Tingkatkan Peran Dalam Adaptasi Kebiasaan Baru

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 17 Juli 2020, Dibaca : 56 Kali

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Saka Bakti Husada (SBH) ke 35, Kemenkes menggelar upara peringatan yang turut dihadiri Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan, sekaligus dilangsungkan video conference dengan seluruh anggota Saka Bakti Husada di Indonesia.
 
Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Jendral Oscar Primadi membacakan sambutan Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa peringatan Saka Bakti Husada sebagai momentum penting untuk mewujudkan para kader kesehatan yang lebih inovatif & kreatif dalam membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di kehidupan sehari-hari, sehingga kehadirannya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan
Selengkapnya

Membangun Komunikasi Publik Di Era Pandemi COVID-19

Dipublikasikan Pada : Kamis, 16 Juli 2020, Dibaca : 64 Kali

Jakarta - Apakah dimasa Pandemi COVID-19 ini diperlukan suatu komunikasi publik untuk dapat menyampaikan pesan mengenai COVID-19? Jawabannya adalah sangat perlu. Setidaknya hal ini terjawab dari pertanyaan peserta webinar dan penjelasan para narasumber dari acara webinar “Membangun Komunikasi Publik Di Era Pandemi COVID-19” yang diselenggarakan oleh Bagian Hukormas, Setditjen Kesmas.

 

Webinar tersebut diadakan secara daring dengan menggunakan aplikasi webinar Zoom dan disiarkan langsung di Youtube Humas Kesmas. Acara yang diadakan pada Rabu (15/7) pukul 09.00 hingga 11.30 WIB ini diisi oleh narasumber yang mumpuni dan ahli dibidang komunikasi publik, bahkan sangat ditunggu-tunggu ilmunya o

Selengkapnya

Keluarga Sehat, Bugar dan Produktif

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 10 Juli 2020, Dibaca : 58 Kali

Jakarta - “Keluarga menjadi bagian terpenting dalam kehidupan, menjadi tempat pendidikan pertama karakter dan kebiasaan seseorang. Hilangnya peran keluarga pada anak dapat menumbuhkan perilaku negatif yang akan terbawa sampai dewasa.” Ujar Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH yang diutarakannya pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional yang diadakan di Kementerian Kesehatan oleh Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga dengan mengadakan acara seminar secara daring atau webinar melalui aplikasi zoom, pada Kamis, 9 Juli 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB.

 

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII yang diperingati setiap tanggal 29 Juni ini, kali ini mengusung tema utama “Ke

Selengkapnya

Kemenkes Tetapkan Batasan Tarif Tertinggi untuk Pemeriksaan Rapid Test Antibodi

Dipublikasikan Pada : Selasa, 07 Juli 2020, Dibaca : 188 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menetapkan batasan tarif pemeriksaan rapid test sebesar Rp.150 ribu. Penetapan tarif tersebut berlaku mulai tanggal 6 Juli 2020.

 
Rapid test menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendeteksi terinfeksi COVID-19 dalam tubuh manusia. Pemeriksaan rapid test hanya merupakan penapisan awal. Selanjutnya, Hasil pemeriksaannya harus tetap dikonfirmasi melalui pemeriksaan PCR.
 
Pemeriksaan Rapid Test bisa dilakukan di fasilitias pelayanan kesehatan atau di luar itu selama dilakukan oleh tenaga kesehatan.
 
Harga yang bervariasi untuk melakukan pemeriksaan rapid test menimbulkan kebingungan di masyarakat. Maka
Selengkapnya

Pentingnya Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga Tahun 2020

Dipublikasikan Pada : Jum'at, 03 Juli 2020, Dibaca : 183 Kali

Jakarta - Sebagai upaya mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) target 6.1 dalam pemenuhan kualitas air minum yang aman beserta pemantauannya bagi seluruh rakyat Indonesia dengan target tahun 2030, mencapai akses air minum yang aman dan terjangkau untuk semua, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungan, Indonesia perlu memiliki baseline data penyelenggara air air minum baik institusi, komunal dan Depot Air serta penyelenggara air minum dalam kemasan. Dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Direktorat Kesehatan Lingkungan ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk pengawasan air minum, sehingga perlu menyediakan data dasar dan capaian akses air minum ama

Selengkapnya