Kampanye Disiplin Pakai Masker di Pasar

Dipublikasikan Pada : Selasa, 25 Agustus 2020, Dibaca : 225 Kali  

Jakarta - Sebagai bentuk dukungan atas instruksi Presiden untuk mengakampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker.

 

Ajakan tersebut dilakukan dengan membagikan 40.000 masker kain yang dibagikan kepada masyarakat luas disejumlah lokasi pasar, daerah Jabodetabek. Diantaranya pada Selasa, 25 Agustus 2020, masker tersebut telah dibagikan di Pasar Cisalak dan Pasar Depok Jaya Kota Depok. Juga pasar Kramat Jati dan pasar Rawamangun Jakarta, pada kesempatan tersebut disetiap lokasi pasar pembagian maskernya juga didampingi oleh kepala UPT Pasar, perwakilan RT/RW/Lurah dan juga dokter puskesmas setempat serta petugas promotor Kesehatan masyarakat dari puskesmas setempat. Juga perwakilan Dinas Kesehatan dari masing-masing daerah.

 

Pada saat pembagian masker tersebut, jika didapati pengunjung maupun pedagang yang tidak memakai masker atau yang sudah memakai masker tapi belum tepat dalam penggunaannya, maka tim juga memberikan edukasi kepada pengunjung dan pedagang tersebut. Pembagian masker ini bukan hanya bertujuan untuk membagikan masker untuk dikenakan saja tapi juga memberikan edukasi yang baik mengenai apa manfaat dan bagaimana cara memakai masker yang benar agar dapat secara efektif mencegah penularan virus Covid-19. Karena maskermu melindungiku dan maskerku melindungimu. Jangan kendor, dispilin pakai masker! (Erl)