Kampanye Disiplin Pakai Masker di Stasiun KRL

Dipublikasikan Pada : Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 180 Kali

Jakarta - Masih dalam rangkaian kampanye Gerakan Disiplin Pakai Masker untuk mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kembali mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker. Yang kali ini dilaksanakan di stasiun-stasiun KRL di wilayah Jabodebek.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 27 Agustus 2020 dipusatkan di stasiun KRL Tebet yang merupakan stasiun padat penumpang terutama disaat jam berangkat kerja. Pada lokasi tersebut Ibu Dirjen Kesmas dr. Kirana Pritasari, MQIH didampingi oleh dr. Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Satgas

Selengkapnya

Kemenkes Bagikan 1 Juta Masker

Dipublikasikan Pada : Kamis, 27 Agustus 2020, Dibaca : 220 Kali

Jakarta - Kementerian Kesehatan hari ini, Kamis (27/8) membagikan masker sebanyak 1 juta pcs. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kampanye menggunakan masker di era Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menghindari penularan COVID-19.

 

Secara keseluruhan berjumlah 25 juta masker akan dibagi secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia terutama di 8 provinsi prioritas penanganan COVID-19, yakni DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara.

 

Kampanye ini dilakukan bertahap, tahap pertama adalah kampanye pakai masker, tahap kedua adalah kampanye cuci tangan pakai sabun, tahap ketiga kampanye jaga jarak.

 

Kegiatan yang sama

Selengkapnya

Kampanye Disiplin Pakai Masker di Pasar

Dipublikasikan Pada : Selasa, 25 Agustus 2020, Dibaca : 224 Kali

Jakarta - Sebagai bentuk dukungan atas instruksi Presiden untuk mengakampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19 yang semakin masif, maka Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terlibat aktif dalam mengkampanyekan Gerakan Disiplin Pakai Masker.

 

Ajakan tersebut dilakukan dengan membagikan 40.000 masker kain yang dibagikan kepada masyarakat luas disejumlah lokasi pasar, daerah Jabodetabek. Diantaranya pada Selasa, 25 Agustus 2020, masker tersebut telah dibagikan di Pasar Cisalak dan Pasar Depok Jaya Kota Depok. Juga pasar Kramat Jati dan pasar Rawamangun Jakarta, pada kesempat

Selengkapnya

Pelantikan Pejabat Fungsional Kesehatan dan Non Kesehatan 14/08/2020

Dipublikasikan Pada : Selasa, 18 Agustus 2020, Dibaca : 373 Kali

Melaksanakan instruksi Presiden dalam hal penataan birokrasi dari eselon ke fungsional, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan melaksanakan pelantikan pejabat fungsional tenaga Kesehatan dan non Kesehatan yang ada di lingkungan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Pelantikan dilaksanakan pada Jumat, 14/08/2020 di ruang 702 Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan.

            Pejabat fungsional yang dilantik sebanyak 7 orang, diantaranya adalah

  1. drg. Raden Adjeng Eryta Widhajani, MARS sebagai pejabat fungsional Arsiparis Ahli Madya
  2. drg. Dyah Ermayatri, DESS sebagai pejabat fungsional Perencana Ahli Madya
  3. Manumpak Sinaga, SE, MAP sebagai pejabat fungsional
Selengkapnya

Kemenkes RI & Komisi IX DPR RI Apesiasi Masyarakat Bengkulu Selatan Terapkan 3B untuk Cegah COVID19

Dipublikasikan Pada : Kamis, 13 Agustus 2020, Dibaca : 229 Kali

Manna - Kementerian Kesehatan R.I bersama DPR RI Komisi IX lakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Kota Manna, kabupaen Bengkulu Selatan, Selasa (11/8/2020).

 

Kegiatan tersebut dihadiri anggota Komisi IX DPR RI Dapil Bengkulu, Elva Hartati Murman serta Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifai Tajudin. Selain melakukan sosialisasi Kemenkes RI serta Komisi IX DPR RI memberikan beberapa bantuan. Diantaranya sarana cuci tangan berjumlah 2 unit, thermogun 2 unit serta 1000 paket goodie bag yang terdiri dari sabun cair, hand sanitizer, kacang hijau, madi hingga ikan kaleng.

 

Sosialisasi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan informasi sekaligus edukasi kepada masyar

Selengkapnya

Gerakan Pakai Masker Nasional

Dipublikasikan Pada : Selasa, 11 Agustus 2020, Dibaca : 1048 Kali

 

Hi, healthies!

 

Mari semarakkan Gerakan Pakai Masker Nasional dengan cara:

 

  1. Klik link https://twibbonize.com/jangankendordisiplinpakaimasker
  2. Siapkan foto anda dengan mengklik Browse Image
  3. Klik Upload image untuk mengatur foto anda
  4. Template dan foto anda siap disebar di jejaring media sosial anda

 

Jangan lupa ajak keluarga, saudara, teman, dan rekan kerja anda untuk mendukung gerakan ini dan selalu ingat untuk tetap pakai masker ya, Healthies..

Jangan Kendor!

#BersatuLawanCovid19 #selalupakaimasker #SemuaPakaiMasker #PHBS #GERMAS

 

Unduh materi cetak berikut:

https://promkes.kemkes.go.id/materi-cetak-gerakan-pakai-masker-nasional-format-pdf
https://promkes.kemkes.go.id/materi-cetak-geraka

Selengkapnya

Presiden Minta Tetap Fokus dalam Upaya Penurunan Stunting

Dipublikasikan Pada : Kamis, 06 Agustus 2020, Dibaca : 340 Kali

Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk fokus kepada sepuluh provinsi dalam upaya penurunan angka prevalensi stunting yang menjadi salah satu program di bidang sumber daya manusia. Upaya tersebut harus tetap berjalan di tengah upaya pengendalian Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini.

 

Kesepuluh provinsi yang menjadi perhatian utama tersebut ialah provinsi dengan angka prevalensi stunting tertinggi di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.

 

Ada 4 arahan yang disampikan Presiden yaitu : focus pada 10 provinsi, memastikan pe

Selengkapnya

Penyerahan Sarana CTPS di Pesantren

Dipublikasikan Pada : Senin, 03 Agustus 2020, Dibaca : 172 Kali

Banten - Pesantren merupakan tatanan/lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia berjumlah 27.722 peesantren dengan santri sebanyak 4.174.146 orang (Pangkalan Data Pondok Pesantren Kementerian Agama, 2020). Di antara pesantren tersebut, tentunya juga berada pada kabupaten/kota zona merah. Oleh karena itu, pesantren merupakan tempat berisiko terjadinya penularan COVID-19, dikarenakan tempat berkumpul banyak santri dan  melakukan berbagai aktivitas secara bersama-sama. Dengan kondisi seperti ini, sangat penting adanya komitmen dari pimpinan pesantren serta melibatkan secara aktif seluruh santri untuk melakukan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

 

Perlu upaya untuk peningkatan peran

Selengkapnya

Kesmas Gencar Melakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Dipublikasikan Pada : Kamis, 30 Juli 2020, Dibaca : 198 Kali

Jakarta - Mengantisipasi arus mudik Lebaran ldul Adha 2020 pada masa Pandemi COVI0-19, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ditjen Kesmas  melakukan pemantuan arus mudik pada rest area jalan tol, Terminal dan Pelabuhan Laut dan udara di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.  Hal ini dilakukan sebagai persiapan dan antisipasi terutama pada jalur mudik lebaran dan pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang sesuai protokol kesehatan.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli s.d 2 Agustus yaitu mengedukasi para pemudik, pengelola dan penjaja makanan untuk melaksanakan protokol kesehatan, melakukan kegiatan pemasangan dan penyebaran, media komunikasi inform

Selengkapnya

Dirjen Kesmas Turut Serta Pada Acara Sosialisasi Kebijakan dan Protokol Kesehatan Bagi Pelaku Indust

Dipublikasikan Pada : Kamis, 30 Juli 2020, Dibaca : 154 Kali

Jakarta - Fajar Hutomo (Deputi bidang industri dan investasi Kemenparekraf) menyatakan bahwa, semenjak diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar pasca pengumuman resmi adanya Covid-19 di Indonesia, Maret 2020, menyebabkan roda ekonomi berhenti khususnya pariwisata dan industri ekonomi kreatif. Pada kuartal kedua pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami minus. Tapi, kita tidak bisa terus menerus berada dalam situasi tanpa pergerakan, kita harus menjaga keseimbangan antara penanganan kesehatannya dengan penanganan pemulihan ekonominya. Sebagai bentuk penanganan Kesehatan untuk mendukung pergerakan industri ekonomi kreatif, maka setiap operasional usaha industri ekonomi kreatif harus mel

Selengkapnya